Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Intim Suami Istri - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 11 Februari 2023

Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Intim Suami Istri

Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Intim Suami Istri

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Tata Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan. Niat mandi wajib setiap pasangan umat muslim wajib mengetahuinya, terutama untuk mereka yang telah resmi menikah. Mandi wajib dapat dilakukan oleh suami istri yang telah berhubungan badan.

Tata Cara Mandi Wajib harus dilaksanakan sesegera mungkin apabila umat muslim telah selesai melakukan hubungan suami istri. Jika umat muslim tidak melaksanakan mandi wajib atau mandi junub, maka setiap ibadah yang dilaksanakannya seperti shalat, membaca Al-Quran, atau puasa akan tidak sah, lantaran masih ada hadast besarnya.

Cara mandi wajib atau mandi junub untuk pasangan yang telah melakukan berhubungan suami istri untuk menghilangkan hadast besar di dalam dirinya. Hadas besar dalam Islam terbagi menjadi dua bagian, yaitu hadas kecil dan hadas besar. Hadas kecil dapat disucikan dengan cara berwudhu, sedangkan hadas besar hanya dapat disucikan dengan cara mandi wajib.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Doa Dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan, maka kamu dapat melihat bacaan niat dan tata caranya melalui penjelasan yang telah saya berikan di bawah ini. Namun sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau kedua telapak tangan kamu telah dibersihkan dahulu dengan menggunakan sabun.

Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Intim Suami Istri

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Dan Doanya telah dijelaskan dalam beberapa kitab yang menyediakan materi Islami. Setiap umat muslim memiliki adab dan doa setelah laki-laki dan perempuan melakukan hubungan badan suami istri. Dengan melakukan mandi wajib atau mandi junub, maka pasangan tersebut akan membersihkan diri dari hadast besar.

Hubungan badan merupakan salah satu hadas besar yang wajib dibersihkan dengan cara mandi junub. Berbeda halnya dengan seseorang yang melakukan buang air kecil dan untuk membersihkan dirinya hanya cukup dengan cara berwudhu. Jika umat muslim tidak mengerjakan mandi wajib, maka tidak diperbolehkan untuk melaksanakan Shalat.

Oleh karena itu, niat mandi untuk menghilangkan hadas besar hanya dapat dilakukan dengan mandi wajib atau mandi junub. Nah, jika kamu ingin mengetahui bacaan niat mandi wajib setelah berhubungan suami istri, maka kamu dapat melihat bacaan doa niat tersebut melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini, serta bagaimana tata caranya.

1. Niat mandi wajib setelah berhubungan suami istri

Sebelum melakukan mandi wajib atau mandi junub, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membaca niat. Tanpa membaca niat, maka mandi wajib tersebut dikatakan tidak sah. Oleh karena itu, niat merupakan hal penting yang wajib dilakukan terlebih dahulu.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari minal jinabati fardhal lillaahi ta'aala.

Artinya: Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabat, fardhu karena Allah Ta'ala.

2. Tata cara mandi wajib setelah berhubungan suami istri

Setelah membaca doa niat mandi wajib, maka kamu bisa langsung memulai tata caranya. Perlu kamu ketahui, bahwa tata cara mandi wajib ini tidak sama seperti mandi pada umumnya. Karena ada urutan yang harus dilakukan terlebih dahulu, dari membaca niat hingga mengguyur seluruh badan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membaca niat.
  2. Selanjutnya bersihkan telapak tangan dengan menggunakan air bersih sebanyak tiga kali.
  3. Selanjutnya membersihkan kemaluan, lipatan kulit yang terlihat kotor, dubur, atau bagian-bagian lainnya yang sekiranya tampak kotor dengan menggunakan tangan kiri..
  4. Selanjutnya mencuci tangan lagi dengan menggunakan sabun.
  5. Selanjutnya berwudhu seperti saat hendak shalat.
  6. Selanjutnya basahi kedua tangan, lalu sela pangkal rambut menggunakan jari-jari tangan sampai ke bagian kulit kepala.
  7. Selanjutnya guyur kepala sebanyak tiga kali.
  8. Selanjutnya bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air dari sisi kanan ke sisi kiri.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan mandi junub, maka mandilah untuk menghilangkan hadast besar. Setelah selesai membersihkan diri dan tubuh sudah terbebas dari hadas besar, maka sekarang kamu sudah dapat melaksanakan ibadah seperti biasanya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Tata Cara Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri Sunnah merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mensucikan diri dan membuatnya kembali bersih agar tidak menempel hadas besar di tubuh. Tata cara mandi junub antara laki-laki dan perempuan pada dasarnya sama, yang membedakan adalah bacaan niatnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments