Cara Mandi Wajib Setelah Haid Untuk Perempuan Yang Benar - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 11 Februari 2023

Cara Mandi Wajib Setelah Haid Untuk Perempuan Yang Benar

Cara Mandi Wajib Setelah Haid Untuk Perempuan Yang Benar

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan langkah-langkah mengenai Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang benar. Tata Cara Mandi Wajib untuk laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dari niat dan tata caranya. Oleh karena itu, kamu jangan sampai salah mengucapkan niat yang sesuai dengan kondisinya.

Secara umum mandi wajib antara laki-laki dan perempuan memiliki tata cara yang sama. Namun antara kedua hal tersebut ada beberapa tata cara yang berbeda antara satu sama lainnya. Seperti yang dikutip dari Kitab Lengkap dan Praktis Fiqih Wanita oleh Abdul Syukur Al-Azizi, bahwa wanita setelah haid boleh mandi wajib dengan menggulung rambutnya.

Mandi wajib merupakan mandi yang wajib dilakukan oleh kaum muslimin dan muslimah untuk membersihkan diri dari hadast besar. Sedangkan doa dan tata cara mandi wajib setelah haid untuk perempuan tidak sama dengan niat mandi wajib secara umum. Perempuan muslim melaksanakan mandi wajib apabila telah selesai mengalami kondisi haid atau nifas.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya dalam instruksi di bawah ini. Semua tata cara mandi wajib tersebut telah saya rangkum dari beberapa sumber. Selain itu, saya juga telah menjelaskan bagaimana cara membaca niatnya dengan benar untuk wanita setelah haid.

Niat Mandi Wajib Untuk Perempuan Setelah Haid

Untuk teman-teman yang belum mengetahui bacaan niat untuk mandi wajib setelah haid, maka kamu dapat melihatnya melalui bacaan niat yang telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap. Bacaan niat setelah haid berbeda dengan bacaan niat mandi wajib setelah nifas.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ مِنَ الحَيْضِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu ghuska liraf'il hadatsil akbari minal haidhi fardhan lillaahi ta'aalaa."

Artinya: Sengaja aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar disebabkan haid karena Allah Ta'ala.

Ketentuan mandi wajib juga tercantum dalam QS. An-Nisa ayat 43 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا ۚ
وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا
فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًاا

Artinya: "Hai, orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

Jika kamu telah menghafal atau mengetahui bacaan niat mandi wajib setelah haid, maka sekarang kamu sudah dapat melaksanakan tata cara mandi wajibnya. Untuk itu, kamu dapat melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini secara lengkap.

Cara Mandi Wajib Setelah Haid Untuk Perempuan Yang Benar

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Dan Doanya telah saya rangkum di bawah ini secara lengkap dan mudah untuk dipahami. Haid biasanya terjadi pada perempuan atau wanita yang mulai memasuki masa baligh. Nah, berikut tata cara mandi wajib setelah haid dan bacaan niatnya yang benar.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membaca niat.
  2. Selanjutnya mencuci tangan sebanyak tiga kali sebelum memasukkannya ke tempat air atau sebelum mandi.
  3. Selanjutnya membersihkan kemaluan dan kotoran yang ada dengan menggunakan tangan kiri.
  4. Selanjutnya mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggunakan sabun.
  5. Selanjutnya berwudhu yang sempurna seperti ketika hendak sholat.
  6. Selanjutnya menyiramkan air ke atas kepala sebanyak 3x.
  7. Selanjutnya mengguyurkan air pada kepala sebanyak 3x hingga sampai ke pangkal rambut atau kulit kepala sambil menggosok-gosokkannya dan menyela-nyelanya. Tidak wajib bagi wanita untuk mengurai ikatan rambutnya.
  8. Selanjutnya mengguyur air ke seluruh badan dari sisi kanan ke sisi kiri.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil mengetahui tata cara mandi wajib untuk wanita yang telah selesai mengalami masa haid. Setelah semua badan bersih dari hadats besar, maka perempuan yang telah mandi wajib sudah dapat melaksanakan ibadahnya kembali dengan sah.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Yang Benar Menurut Islam telah saya jelaskan di atas secara lengkap dimulai dari membaca niat dan langkah-langkah tata cara yang tepat. Sekarang kamu telah mengetahui tata cara mandi wajib yang benar, jadi jangan sampai keliru lagi mengenai saat membaca niat dengan kondisi yang dialaminya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments