Cara Membaca Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Secara Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 12 Februari 2023

Cara Membaca Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Secara Lengkap

.

Cara Membaca Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Secara Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan tutorial tentang Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib yang benar untuk pria dan wanita. Untuk orang-orang yang beriman wajib melaksanakan mandi wajib untuk mensucikan diri dari hadats besar yang disebabkan setelah berhubungan badan, mimpi basah, haid, atau nifas,

Tata cara mandi wajib untuk pria dan wanita memiliki bacaan niat yang berbeda. Namun seluruh anggota badan wajib dibersihkan hingga bagian terpencil agar semua bagian tubuh yang terkena hadas dapat kembali bersih dan suci. Pasalnya untuk setiap umat muslim yang ada di dunia harus memiliki syarat bersuci untuk dapat melaksanakan ibadah.

Ada beberapa kriteria agar diri kita termasuk orang yang telah bersuci, salah satunya dengan melakukan mandi wajib apabila telah mengalami mimpi basah, selesai masa haid atau nifas, dan setelah berhubungan suami istri. Mandi wajib ini berbeda dengan mandi pada umumnya, seseorang harus melakukan semua tata caranya hingga membasahi pangkal rambut.

Nah, jika teman-teman tidak mengetahui Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Pria atau Wanita, maka kamu dapat melihatnya melalui penjelasan yang akan saya sediakan di bawah ini. Selain itu, saya juga akan memberikan bacaan niat mandi wajib setelah haid. Silahkan kamu simak baik-baik setiap bacaan niat dan tata cara mandi wajibnya yang benar menurut Islam.

Cara Membaca Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Secara Lengkap

Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid berbeda dengan bacaan niat mandi wajib terhadap pria. Oleh karena itu, dengan melalui halaman ini saya akan memberikan penjelasan mengenai niat mandi untuk menghilangkan hadast besar untuk pria dan wanita secara lengkap. Silahkan teman-teman simak baik-baik setiap bacaan niat mandi wajib di bawah ini.

1. Niat mandi wajib yang benar

Penjelasan pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan membaca niat mandi wajib yang benar menurut kondisi yang berbeda-beda. Jika kamu ingin mengetahuinya, silahkan lakukan tata cara mandi wajib dengan membaca salah satu niat di bawah ini.

1.1. Niat mandi wajib secara umum

Bacaan niat mandi wajib pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan niat mandi wajib secara umum. Bacaan niat ini dapat diucapkan oleh pria yang telah mengalami mimpi basah. Setelah selesai mengucapkan niat tersebut, lalu kamu dapat melanjutkan ke tata caranya dengan mencuci tangan dengan terkena air bersih.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'aala

Artinya: Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari janabah, fardhu karena Allah ta'ala.

1.2. Niat mandi wajib setelah berhubungan intim

Bacaan niat berikutnya yang akan saya beritahukan adalah dengan niat mandi wajib setelah selesai berhubungan intim untuk pasangan suami istri yang telah resmi menikah. Berikut ini adalah bacaan niat mandi wajibnya dan artinya yang perlu teman-teman ketahui terlebih dahulu.

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِاْلحَدَثِاْلأَكْبَرِمِنَاْلِجنَابَةِفَرْضًالِلهِتَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari minal janabati fardhal lillahi ta'ala

Artinya: Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardu karena Allah Ta'ala.

1.3. Niat mandi wajib setelah haid

Bacaan niat mandi wajib berikutnya yang akan saya beritahukan adalah dengan niat mandi wajib setelah haid. Bacaan niat ini dapat diucapkan untuk wanita atau perempuan yang telah selesai masa haid atau menstruasi. Dengan mengucapkan niat ini dan melaksanakan mandi wajib, maka kamu akan kembali bersih dari hadast besar.

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِاْلحَدَثِاْلأَكْبَرِمِنَاْ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari minal haidil fardhal lillahi ta'ala

Artinya: Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haid, fardu karena Allah Ta'ala.

1.4. Niat mandi wajib setelah nifas

Bacaan niat mandi wajib yang akan saya beritahukan adalah dengan niat mandi wajib setelah nifas. Jika kamu seorang perempuan yang telah selesai melahirkan dan tidak ada lagi keluar darah dari rahim, maka kamu harus membaca niat ini jika ingin melaksanakan mandi wajib.

نَوَيْتُالْغُسْلَلِرَفْعِاْلحَدَثِاْلأَكْبَرِمِنَاْ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbari minal nifaasi fardhal lillahi ta'ala

Artinya: Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardhu karena Allah Ta'ala.

Jika kamu sudah selesai dan mengetahui bacaan niat mandi wajib yang sesuai dengan setiap kondisi kalian alami saat ini, maka sekarang kamu bisa langsung memulai tahap langkah-langkah tata cara mandi wajib yang benar menurut Islam.

2. Tata cara mandi wajib yang benar

Tata cara mandi wajib tidak sama dengan melakukan mandi pada umumnya yang hanya asal mengguyur semua anggota badan saja dengan air, tetapi setiap mandi wajib memiliki urutan yang harus dikerjakan dengan benar sesuai tata cara yang telah diajarkan oleh Islam.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membaca niat mandi wajib.
  2. Selanjutnya cuci kedua telapak tangan dengan air bersih sebanyak tiga kali.
  3. Selanjutnya bersihkan area kemaluan atau bagian tubuh yang dianggap kotor dengan menggunakan tangan kiri.
  4. Selanjutnya cuci kembali kedua telapak tangan tersebut dengan menggunakan sabun.
  5. Selanjutnya lakukan gerakan berwudhu seperti hendak ingin sholat.
  6. Selanjutnya basahkan kepala hingga ke pangkal rambut dengan mencelupkan tangan ke air.
  7. Selanjutnya siram kepala dengan menggunakan air yang ada di gayung sebanyak tiga kali.
  8. Selanjutnya siram seluruh tubuh dari atas rambut ke kaki dimulai dari bagian kanan lalu ke kiri sampai merata.
  9. Selanjutnya kamu sudah dapat melaksanakan mandi seperti biasanya.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melaksanakan mandi wajib dengan mengucapkan niat mandi wajib yang benar. Sekarang kondisi tubuh kamu sudah kembali bersih dari hadast besar, kamu pun sudah dapat melaksanakan kembali ibadah dengan sah.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Hubungan Suami Istri dapat dilakukan dengan mengikuti urutan yang sesuai dengan yang telah dijelaskan pada penjelasan di atas. Setiap pasangan resmi suami istri wajib melakukan mandi wajib setelah berhubungan intim sebelum memulai melaksanakan ibadahnya seperti shalat atau berpuasa.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda