Cara Membuka File DjVu Melalui PC Atau Android - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 16 Februari 2023

Cara Membuka File DjVu Melalui PC Atau Android

.

Cara Membuka File DjVu Melalui PC Atau Android

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Membuka File DjVu. Untuk kamu yang belum mengetahui caranya, sebenarnya untuk dapat membuka file DjVu di Android maupun PC dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk melalui langkah-langkah di bawah ini.

Sebagian besar orang yang suka membaca komik, maka biasanya mereka akan mendownload file komik tersebut agar dapat dibaca secara online. Namun siapa sangka, bahwa file komik tersebut berekstensi .djvu yang tidak dapat dibuka melalui program Office. Ternyata file djvu tersebut, bukanlah suatu file dokumen pdf, word, atau file dokumen lain pada umumnya.

DjVu merupakan salah satu ekstensi yang terdapat pada suatu file dokumen seperti yang tersedia pada eBook (ePub, Mobi), XPS, Comic Book (CBZ and CBR). Format file dokumen tersebut masih banyak belum diketahui oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu mereka menginstal aplikasi pembaca dokumen melalui Google Play Store yang ada di ponsel Android.

Akan tetapi, ternyata masih banyak orang yang keliru dan menginstal aplikasi pembaca dokumen yang tidak sesuai dengan DjVu. DjVu dibaca sebagai déjà vu dan untuk dapat melakukan Cara Membuka File DjVu Di Laptop, kamu tidak perlu merasa pusing. Karena melalui halaman ini, saya akan memberikan dua metode untuk membuka file tersebut.

Cara Membuka File DjVu Melalui PC Atau Android

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa melalui halaman ini saya akan memberikan tutorial untuk membuka file DjVu dengan menggunakan dua metode perangkat lunak yang berbeda. Jadi, kamu dapat memilih salah satu metode yang diinginkan dan yang sesuai dengan perangkat yang kalian pakai.

1. Membuka file DjVu melalui Android

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan melalui Cara Membuka File DjVu Di Android. Untuk dapat menggunakan ponsel Android, kamu dapat menggunakan salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan di bawah ini. Karena aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk PDF, DjVu. XPS (OpenXPS), Comics Book formats (CBR dan CBZ).

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download dan install aplikasi EBookDroid: PDF & DJVU Reader.
  2. Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut, lalu klik Allow untuk memberikan izin ke penyimpanan internal.
  3. Selanjutnya setelah aplikasinya berhasil terbuka, maka semua file eBook yang berformat .DjVu akan langsung terbaca secara otomatis.
  4. Selesai.

2. Membuka file DjVu melalui PC

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan melalui Cara Membuka File DjVu Di Komputer. Untuk dapat menggunakan metode ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam panduan di bawah ini. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk semua sistem operasi Windows apa pun.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download dan install aplikasi DjVuLibre Latest Version.
  2. Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut, lalu klik menu File >> Open.
  3. Selanjutnya cari letak file eBook yang format .djvu atau .djv, lalu klik Open.
  4. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil membuka file DjVu di Android atau PC dengan menggunakan langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Sebenarnya untuk dapat membuka file DjVu tanpa menggunakan software juga dapat dilakukan, kamu hanya perlu menginstal plug in atau extensions DjVu Reader yang ada di Google Chrome.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Membuka File DjVu sebenarnya dapat dilakukan dengan melalui aplikasi pembaca dokumen seperti format PDF, DjVu, DJV yang tersedia pada perangkat komputer dan Android. Kedua aplikasi tersebut dapat di download dan install secara gratis dan tetap akan mendapatkan pembaruan dari aplikasi tersebut secara resmi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda