Cara Unlock Bootloader Oppo A3S (UBL)

 

Bagi Anda yang ingin melakukan Unlock Bootloader atau Membuka Kunci Bootloader adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan Root pada ponsel Oppo. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ponsel yang baru pertama kali kita beli biasanya memiliki bootloader yang masih terkunci. Maka jika Anda ingin melakukan Custom ROM, Instal TWRP, bahkan Root, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan proses Unlock Bootloader ini. Maka dari itu di bawah ini akan kami jelaskan tentang Cara Unlock Bootloader Oppo A3S.

Untuk membuka kunci bootloader Oppo A3S ini, Anda harus mengaktifkan Developer Options dan aktifkan USB Debugging dan aktifkan juga OEM Unlock. Untuk melakukannya Anda cukup buka Pengaturan > Tentang Ponsel > lalu ketuk 7x pada Build Number, selanjutnya kembali ke Pengaturan, lalu pilih Developer Options > aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

Kelebihan dan Kekurangan Unlock Bootloader Oppo A3S

Tahukah Anda jika melakukan Unlock Bootloader ini, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan:

  1. Setelah melakukan unlock bootloader, Anda dapat melakukan root pada ponsel Anda.
  2. Kalian juga dapat menginstal custom rom yang Anda inginkan.
  3. Selain itu Anda juga dapat menginstal custom recovery TWRP.

Kekurangan:

  1. Setelah Anda membuka kunci bootloader pada ponsel, maka garansi resmi ponsel Anda akan hilang atau dibatalkan.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan jika Anda ingin melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Oppo A3S Anda.

Baca Juga : Cara Instal Custom Recovery TWRP Oppo A3S (Official TWRP)

Persyaratan untuk melakukan Unlock Bootloader Oppo A3S

Nah, bagian ini yang paling penting yang harus Anda perhatikan. Jika Anda tidak mengikuti semua persyaratan yang dibutuhkan di bawah ini, maka akan terjadi kegagalan selama proses unlock bootloader berjalan.

  1. Pastikan ponsel Anda cukup mempunyai daya, minimal baterai terisi 50%.
  2. Instal Driver USB Oppo di PC Anda.
  3. Download semua bahan-bahan yang diperlukan untuk proses membuka kunci bootloader ini.
  4. Backup semua data yang terdapat pada memori penyimpanan internal ponsel.
  5. Pastikan Anda sudah mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

Download semua bahan-bahan yang diperlukan untuk Unlock Bootloader Oppo A3S

  1. USB Driver Oppo terbaru.
  2. Driver ADB dan Fastboot.
  3. Magictricks.zip.

Cara Unlock Bootloader Oppo A3S

Sebelum Anda memulai melakukan proses untuk membuka kunci bootloader, pastikan Anda telah memenuhi semua persyaratan seperti yang sudah kami sebutkan di atas dan Anda sudah men-download semua bahan-bahan yang diperlukan.

Langkah Pertama: Download terlebih dahulu semua bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah kami bagikan link download-nya di atas.

Langkah Kedua: Lalu ekstrak semua file yang sudah berhasil Anda download, dan instal juga USB Driver Oppo di komputer Anda.

Langkah Ketiga: Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock pada perangkat Anda, caranya seperti yang sudah kami jelaskan di atas tadi.

Langkah Keempat: Kemudian sambungkan ponsel Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB, dan copy file Magictricks.zip (yang sudah berhasil di ekstrak) ke ponsel Anda.

Langkah Kelima: Selanjutnya buka Folder ADB dan Fastboot yang berada di komputer Anda, lalu tekan dan tahan tombol SHIFT pada keyboard dan klik kanan pada area kosong, lalu pilih Open command windows here.

 

Langkah Keenam: Maka Anda akan melihat layar CMD di komputer, lalu masukkan perintah di bawah ini. Perintah tersebut akan memastikan apakah ponsel sudah terhubung dengan baik dengan ADB dan Fastboot atau tidak.

adb devices

Langkah Ketujuh: Selanjutnya masukkan perintah di bawah ini untuk masuk ke dalam Mode Fastboot.

adb reboot bootloader

Maka ponsel Anda akan masuk ke dalam Mode Fastboot, setelah berhasil masuk ke Mode Fastboot selanjutnya pilih bahasa yang Anda mengerti.

Langkah Kedelapan: Selanjutnya masuk ke dalam Mode Recovery dan pilih Instal dari opsi penyimpanan.

Langkah Kesembilan: Selanjutnya cari file yang tadi sudah Anda salin ke dalam penyimpanan internal ponsel Anda, ini akan membuat bootloader tidak dapat dibuka dan akan membawa fastboot ke ponsel Oppo A3S Anda.

Langkah Kesepuluh: Selanjutnya masukkan perintah di bawah ini untuk memulai proses unlock bootloader.

fastboot oem unlock

Jika Anda melihat pesan yang muncul di layar ponsel, pilih YA untuk mengonfirmasi unlock bootloader.

Langkah Kesebelas: Jika prosesnya sudah selesai, lalu masukkan perintah di bawah ini untuk mereboot ponsel Anda.

reboot fastboot

Langkah Keduabelas: Dengan begini proses Unlock Bootloader Oppo A3S Anda sudah berhasil sepenuhnya.

Setelah membuka kunci bootloader maka ponsel Oppo Anda akan melakukan reset pabrik, jadi jangan coba-coba untuk mematikan ponsel dengan paksa, biasanya proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika Anda mencoba mematikan ponsel dengan paksa, maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan sistem pada ponsel.

Baca Juga : Cara Root Oppo A3S Tanpa PC Via KingRoot (Work 100%)

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan Unlock Bootloader Oppo A3S dengan mengikuti panduan yang sudah kami sebutkan di atas. Semoga dengan mengikuti instruksi kami, kalian dapat berhasil melakukannya dengan baik.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar