Cara Install TWRP Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 24 Februari 2023

Cara Install TWRP Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Cara Install TWRP Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Vivo Y20. TWRP pada Smartphone Android dapat digunakan untuk banyak hal, seperti menginstal custom rom, root, install module, atau lain sebagainya. Dengan menginstal TWRP Recovery memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem ponsel.

Seperti yang diketahui, bahwa untuk cara root Vivo Y20 dan install TWRP Recovery akan memerlukan sebuah PC atau laptop. Tapi tahukah kalian, bahwa sebenarnya untuk dapat melakukan kedua hal tersebut tidak harus menggunakan komputer Tetapi tanpa menggunakan PC atau laptop pun juga dapat dilakukan, bahkan langkah-langkahnya pun lebih mudah.

Untuk dapat menginstal TWRP Recovery di Smartphone Android device Vivo Y20 ini terdapat dua metode yang berbeda, yaitu bisa menggunakan PC atau tanpa PC. Kedua metode tersebut terdapat perbedaan dan keuntungannya. Install TWRP dengan menggunakan PC tidak perlu memerlukan akses root, sedangkan dengan tanpa PC akan membutuhkan akses root di ponsel.

Nah, jika salah satu metode di atas ada yang sesuai untuk kamu yang ingin melakukan Install TWRP Vivo Y20, disini kamu dapat memilih salah satu metode yang sesuai dengan kondisi kalian saat ini. Namun sebagian besar pengguna Android lebih memilih menggunakan instalasi Recovery TWRP untuk melalui PC atau laptop, karena telah terbukti berhasil 100%.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan TWRP Recovery

TWRP Recovery on Vivo Y20 terdapat kelebihan dan kekurangannya. Jadi, kamu juga harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya setelah berhasil memasangnya di ponsel. Walaupun sebenarnya tidak banyak diketahui oleh pengguna Android tentang kelebihan dan kekurangannya.

1. Kelebihan menggunakan TWRP Recovery

  • Dapat dengan mudah menginstal custom rom.
  • Dapat melakukan root dengan sangat mudah.
  • Dapat membuat backup sistem stock rom di ponsel.
  • Dapat melakukan overclock pada ponsel.

2. Kekurangan menggunakan TWRP Recovery

  • Setelah selesai menginstal TWRP Recovery akan membuat garansi resmi hilang.
  • Jika mengalami kesalahan atau kegagalan akan membuat ponsel menjadi bootloop.
  • Tidak lagi menerima pembaruan OTA resmi.
  • Semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal akan terhapus semua.

Nah, itulah semua daftar kelebihan dan kekurangannya jika menginstal Custom Recovery TWRP di Smartphone Android. Apakah kamu tetap ingin menginstal TWRP? Jika iya, silahkan kamu simak baik-baik semua persyaratan dan langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Install TWRP Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Cara Install TWRP Vivo Y20 memungkinkan seseorang untuk menginstal perangkat lunak pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memodifikasi sistem ponsel Android. TWRP adalah singkatan dari Team Win recovery project yang merupakan alat sumber terbuka yang dapat digunakan secara gratis, serta memiliki antarmuka layar sentuh yang mudah digunakan.

1. Download semua file yang dibutuhkan

Semua bahan-bahan yang akan digunakan untuk ponsel Vivo Y20 telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap dan gratis. Sebelum kalian download semua file tersebut, pastikan dahulu kalau koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil dan lancar.

2. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua file TWRP di atas, sekarang yang harus kalian lakukan adalah dengan Enable USB Debugging dan OEM Unlock di Vivo. Jika ponsel tidak diaktifkan OEM, maka selama proses instalasi TWRP akan mengalami kegagalan dan akan menyebabkan ponsel menjadi bootloop.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih About Phone >> lalu klik 7x pada Software Version.
  3. Selanjutnya menu Opsi Pengembang akan langsung terbuka, lalu kembali ke menu utama Pengaturan.
  4. Selanjutnya pilih Additional Settings >> Developer Options, lalu aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selesai.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Vivo Y20

Untuk melakukan proses instalasi TWRP di ponsel Vivo yang satu ini, pastikan dahulu kalau kamu sudah download TWRP Recovery Official untuk Vivo Y20. Jika kamu belum memilikinya, maka kamu dapat download file tersebut dengan melalui link yang telah saya sediakan di atas.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file-file di atas dan extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya install Vivo USB Driver di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya pindahkan file TWRP yang sudah di extract ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  7. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder minimal adb and fastboot yang sudah di extract dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  8. Selanjutnya akan muncul tampilan cmd yang berwarna hitam, lalu ketik perintah adb devices dan tekan enter pada layar tersebut. Perintah ini digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  9. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke Mode Bootloader atau Fastboot Mode.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter. Perintah tersebut untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot bbk unlock_vivo dan tekan enter, maka proses TWRP installation akan langsung berjalan secara otomatis.
  12. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-restart ponsel secara otomatis. Namun, jika perintah tersebut tidak berfungsi, maka kamu dapat me-restart ponsel dengan cara manual.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstall TWRP Recovery di Vivo Y20 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Jika ponsel sudah berhasil masuk ke mode Recovery TWRP, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap untuk Root Vivo Y20 dengan menggunakan Magisk atau SuperSU.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Vivo Y20 dapat dilakukan dengan menggunakan file Recovery TWRP Official yang dapat di flash melalui minimal adb and fastboot platform tools for Windows. Namun pastikan dahulu sebelum memulai proses instalasinya, pastikan bahwa ponsel Vivo sudah di Unlock Bootloader jika tidak ingin mengalami kegagalan sistem / bootloop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments