Cara Instal Custom Recovery TWRP Oppo A3S (Official TWRP)

 

TWRP merupakan suatu alat yang dapat melakukan banyak hal pada ponsel Android dan dapat mengubah antarmuka yang terdapat pada Oppo A3S. Dengan melakukan langkah Instal TWRP Oppo A3S ini dapat membantu Anda untuk melakukan custom pada ponsel yang satu ini. Jika Anda berencana untuk melakukan instalasi TWRP pada perangkat Oppo, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini dengan lengkap dan dapat dimengerti dengan mudah.

Sebelum Anda melanjutkan ke langkah-langkahnya, apakah kalian mengetahui Apa Itu TWRP, Kelebihan, dan Kekurangannya. Maka di bawah ini akan kami jelaskan semuanya satu per satu.

Apa Itu Custom Recovery TWRP

TWRP adalah kepanjangan dari TeamWin Recovery Project, yang biasa kita kenal dengan istilah TWRP. TWRP ini merupakan sebuah software yang diciptakan oleh developer untuk membantu kita dalam proses rooting ponsel Android, selain itu Anda juga dapat menginstal Custom ROM, atau bahkan melakukan backup system secara keseluruhan.

Dengan menginstal TWRP pada perangkat Android, maka Anda juga dapat melakukan memformat system atau bahkan dapat melakukan banyak hal lainnya lagi dalam memudahkan urusan Anda untuk mengcustom ponsel Anda.

Kelebihan Menggunakan TWRP di Oppo A3S

Jika Anda hendak melakukan pemasangan TWRP di Oppo A3S, maka Anda juga perlu mengetahui kelebihan dari menggunakan TWRP, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat melakukan backup data secara keseluruhan, hanya dengan sekali proses.
  2. Setelah Anda berhasil membuat backup data, maka TWRP juga dapat melakukan hal sebaliknya, yakni dengan mengembalikan semua data-data tersebut hanya dengan waktu yang singkat.
  3. Anda juga dapat melakukan langkah rooting pada ponsel Oppo A3S Anda.
  4. Selain itu, dapat juga melakukan instalasi file yang berformat zip atau custom rom.
  5. Disisi lain TWRP Recovery ini juga mampu melakukan Wipe Cache dan Wipe Data untuk ponsel Oppo A3S Anda.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Oppo A3S (UBL)

Kekurangan Menggunakan TWRP di Oppo A3S

Setelah Anda mengetahui semua kelebihan yang terdapat pada TWRP Recovery, rasanya kurang adil jika Anda tidak mengetahui kekurangannya, maka kekurangan sebagai berikut:

  1. Pengguna Custom Recovery TWRP tidak akan menerima pemberitahuan software update OTA secara resmi.
  2. Jika proses instalasinya gagal, maka ponsel Anda akan mengalami bootloop.

Nah, kurang lebih seperti itulah semua penjelasan mengenai TWRP, Kelebihan, dan Kekurangannya. Setelah Anda mengetahui semua tersebut, apakah Anda masih berniat untuk melakukan Instal TWRP Oppo A3S di ponsel Anda?

Persiapan Sebelum Melakukan Instal TWRP di Oppo A3S

Jika Anda sudah siap untuk melakukan langkah-langkah dalam proses Instal TWRP, maka Anda harus siap mempersiapkan semua syarat-syarat yang diperlukan selama proses pemasangan berlangsung.

  1. Pastikan Anda sudah melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  2. Pastikan juga untuk mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di ponsel Anda.
  3. Pastikan juga untuk mengisi daya baterai ponsel Anda sampai ketitik aman minimal 50%.
  4. Pastikan Anda juga sudah mendownload semua bahan-bahan yang diperlukan.

Jika Anda sudah mempersiapakan semua syarat-syarat yang sudah kami sebutkan di atas, maka selanjutnya Anda dapat meneruskan untuk langkah insalasi TWRP.

Cara Instal TWRP di Oppo A3S

Untuk melakukan langkah-langkah instalasi TWRP Official ini cukup mudah dilakukan, daripada menggunakan TWRP yang sudah dimodifikasi, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda perhatikan.

Langkah 1. Download dan Instal terlebih dahulu TWRP Official, Anda dapat mendownloadnya dengan melalui Google Play Store.

Langkah 2. Jika aplikasinya sudah berhasil terinstal di ponsel Anda, lalu buka aplikasinya dan beri centang hanya pada kotak I agree saja, jika sudah lalu klik OK untuk melanjutkannya.

Langkah 3. Lalu pada halaman berikutnya, tekan tombol TWRP Flash dan pilih file TWRP yang sesuai dengan model perangkat Anda. Dengan cara pilih SELECT A DEVICE dan pilih model file Image yang sesuai dengan perangkat Anda.

Langkah 4. Maka selanjutnya Anda akan melihat pesan Download confirmation, lalu pilih OKAY. Maka Anda akan diarakan kehalaman download File Image TWRP yang tadi sudah Anda pilih, dan simpan di dalam memori internal ponsel Anda.

Baca Juga : Cara Root Oppo A3S Tanpa PC Via KingRoot (Work 100%)

Langkah 5. Selanjutnya jika proses downloadnya sudah selesai, lalu pilih Select a file to flash dan pilih file image TWRP yang tadi sudah Anda download.

Langkah 6. Selanjutnya tekan tombol FLASH TO RECOVERY untuk memulai proses instalasi TWRP di Oppo A3S.

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan langkah Instal TWRP Oppo A3S di ponsel Anda. Perlu Anda ketahui kelebihan dengan menggunakan TWRP Official ini, Anda dapat meng-update Aplikasi TWRP Official ini dari Play Store. Maka Anda tidak perlu lagi mencari-cari file TWRP Image terbaru.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar