Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 26 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader OnePlus 5. Untuk kamu yang saat ini ingin membuka kunci bootloader pada ponsel OnePlus, alangkah baiknya jika kamu backup dahulu semua data yang tersimpan di penyimpanan internal, karena prosesnya akan sekalian melakukan format data.

Seperti yang diketahui, bahwa untuk dapat menginstal Custom Recovery TWRP di ponsel ini, maka pengguna harus melakukan Unlock Bootloader on OnePlus terlebih dahulu. Dengan melalui halaman ini, saya akan membantu teman-teman semua yang sedang membutuhkannya untuk melakukan modifikasi ponsel, tetapi metode ini akan membatalkan garansi resmi ponsel.

Dengan membuka kunci bootloader, kamu dapat menginstal TWRP Recovery, Custom ROM, atau menginstal Magisk Zip. Jika kamu tertarik ingin mengetahui langkah-langkahnya, silahkan simak baik-baik setiap penjelasan yang telah saya sediakan di bawah ini. Ikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika ingin prosesnya dapat berhasil dan berjalan dengan lancar.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa metode unlocking the bootloader ini hanya dapat digunakan pada perangkat OnePlus 5 saja dan jangan coba-coba untuk menggunakannya pada perangkat lain selain OnePlus 5. Dengan mengikuti panduan Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 yang akan saya sampaikan di bawah ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan terbukti berhasil.

Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 merupakan suatu syarat utama yang wajib dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan root OnePlus dengan Magisk. Jika kamu langsung melakukan Install TWRP atau Root tanpa membuka kunci bootloader, maka akan terjadi kegagalan dan akan menyebabkan ponsel mengalami kerusakan sistem seperti bootloop.

OnePlus 5 / OnePlus 5T merupakan salah satu Smartphone Android yang telah diluncurkan pada bulan Juni 2017. Saat pertama kali digunakan OnePlus 5 telah menggunakan Android 7.1.1 dan dapat di upgrade ke Android 10. Kedua ponsel ini memiliki kapasitas penyimpanan internal dengan 64 GB dan 128 GB, serta memiliki ukuran layar sekitar 5.5 inci.

Untuk kemampuan prosesornya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835, CPU Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo), dan GPU Adreno 540. Sedangkan untuk kemampuan photography telah dilengkapi dengan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 16 MP, serta memiliki fitur HDR, panorama, dan dual-LED flash.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus teman-teman lakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses Unlock Bootloader. Selain itu, semua syarat-syarat tersebut juga berlaku untuk melakukan proses installing TWRP dan Root dengan Magisk.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan komputer, USB cable, dan koneksi internet.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus teman-teman download. Karena semua file di bawah ini akan digunakan untuk proses Unlock Bootloader di OnePlus 5. Jadi, pastikan untuk download semua file tersebut dan jangan sampai ada yang tertinggal.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Satu lagi persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu enable the OEM Unlocking dan USB Debugging. Dengan mengaktifkan USB Debugging, maka ponsel akan terdeteksi di minimal adb and fastboot. Sedangkan OEM merupakan suatu sistem keamanan yang tersedia pada setiap ponsel Android untuk mencegah pengguna melakukan modifikasi.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya gulir ke bawah dan pilih About Phone >> ketuk 7x pada Build Number.
  3. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Developer Options telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Settings >> System >> Developer Options.
  5. Selanjutnya pada layar Opsi Pengembang tersebut, lalu Enable USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di OnePlus 5

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan yang diperlukan, maka sekarang kamu sudah bisa memulai proses Unlock Bootloader di OnePlus 5. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalam instruksi di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install OnePlus USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di OnePlus.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  6. Selanjutnya jalankan command prompt atau cmd melalui folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  7. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt yang berwarna hitam.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb devices pada layar command prompt, lalu tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  9. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut untuk merestart ponsel dan booting ke Bootloader Mode.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel yang sudah dalam Fastboot Mode sudah terdeteksi atau belum.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock dan tekan enter, maka proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk advanced reboot ponsel ke sistem secara otomatis.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di OnePlus 5 dengan menggunakan metode yang telah saya sediakan di atas. Jika ponsel kamu tidak dapat masuk ke Fastboot Mode dengan perintah di atas, kamu dapat melakukannya secara manual, yaitu dengan cara pressing the Power button + Volume keys down secara bersamaan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 dapat dilakukan dengan menggunakan PC dan membutuhkan minimal adb and fastboot. Jika sudah selesai membuka kunci bootloader, pengguna sudah dapat melakukan proses rooting dengan melalui TWRP Recovery Mode dan menggunakan file Magisk Latest Version untuk mendapatkan akses root.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments