Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 26 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro. Setelah kesuksesan seri OnePlus 8, akhirnya masyarakat di dunia dapat menyaksikan seri OnePlus 9 dan 9 Pro dengan kemitraan yang sangat dinanti-nantikan oleh sebagian besar pengguna ponsel OnePlus.

Saat ini telah tersedia berbagai banyak tweak, modifikasi, dan custom binary yang tersedia untuk berbagai perangkat OnePlus. Walaupun ponsel OnePlus masih terbilang salah satu ponsel dengan kualitas terbaik, saya telah melihat ada beberapa dukungan yang cukup mengesankan untuk perangkat ini, salah satunya adalah dengan menginstal custom roms.

Tetapi untuk dapat melakukan tweak terhadap Smartphone Android yang satu ini, ada satu persyaratan yang wajib dilakukan terlebih dahulu yaitu dengan melakukan Unlock Bootloader. Untuk dapat melakukan proses membuka kunci bootloader di ponsel OnePlus, kamu akan memerlukan bantuan dari perangkat lunak minimal adb and fastboot platform tools.

Oleh karena itu dengan melalui panduan ini, disini saya akan membantu kamu yang ingin mengetahui Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro. Selain itu, saya juga akan memberikan tutorial untuk mengunci bootloader kembali agar ponsel tetap dalam keadaan terlindungi dengan sistem keamanan yang telah direkomendasikan oleh pengembang OnePlus.

Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Unlock Bootloader

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu, bahwa terdapat banyak fasilitas yang akan didapatkan dengan melakukan unlock the bootloader di ponsel Android. Salah satu keuntungannya yang paling banyak diminati oleh sebagian besar pengguna ponsel Android, yaitu dapat menginstal custom rom seperti LineageOS, Pixel Experience, dan masih banyak lagi.

Selain itu, setelah perangkat berhasil di buka kunci bootloader on your OnePlus 9 Pro, maka memungkinkan pengguna untuk menginstal Custom Recovery TWRP. Fitur Recovery TWRP dapat bermanfaat untuk proses instalasi file zip dan img yang sering dilakukan untuk seseorang yang ingin memodifikasi sistem ponsel dengan cara melakukan root dengan Magisk.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin melakukan proses Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro, maka kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat dan bahan-bahan yang akan diperlukan. Karena jika semua persyaratan tersebut tidak dilakukan, maka biasanya akan menyebabkan terjadinya kegagalan saat proses Unlock Bootloader on OnePlus.

Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Ikuti setiap instruksi di bawah ini untuk membuka kunci bootloader di OnePlus 9 Pro. Sebagian besar ponsel Android terbaru telah dilengkapi dengan bootloader yang terkunci. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengguna tidak dapat melakukan install Custom ROM, mod, kernel, atau bahkan mengaktifkan akses root agar dapat memiliki akses izin khusus untuk memodifikasi.

1. Semua persyaratan yang harus dilakukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses unlock bootloader. Jadi, pastikan untuk menyiapkan semua syarat-syarat tersebut jika tidak ingin mengalami kegagalan saat prosesnya sedang berlangsung.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • PC atau laptop, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini juga telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download. Jadi, pastikan untuk download semua file tersebut dan jangan sampai ada satu file yang tidak di download. Karena semua file tersebut sangat penting dan akan digunakan untuk proses unlock bootloader.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa salah satu persyaratan yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan USB Debugging and OEM Unlocking. Jika kamu tidak mengetahui caranya, silahkan ikuti langkah-langkahnya dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Settings >> About Phone >> ketuk 7x pada Build Number.
  2. Selanjutnya akan muncul pesan bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama Settings >> System >> Additional Settings >> Developer Options.
  4. Selanjutnya kamu akan melihat menu OEM Unlock option, lalu aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlocking.
  5. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di OnePlus 9 Pro

Jika semua persyaratan di atas sudah kamu lakukan semua, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro. Satu hal yang akan saya beritahukan, bahwa disini saya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Saya asumsikan bahwa kamu sudah siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install OnePlus USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya connect your phone ke PC dengan menggunakan USB cable. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder minimal adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di ekstrak, lalu klik pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot yang sudah di ekstrak, lalu klik pada kolom location folder yang berada di atas, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  6. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul layar command prompt yang berwarna hitam.
  7. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar command prompt, lalu tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-reboot ponsel ke Fastboot Mode.
    Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah #1

  8. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices, lalu tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
    Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah #2

  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock, lalu tekan enter. Jika perintah tersebut tidak berfungsi, coba menggunakan perintah fastboot flashing unlock.
  10. Selanjutnya di ponsel kamu akan menampilkan pesan, lalu pilih Unlock the Bootloader dengan cara menavigasikannya menggunakan tombol Volume dan tombol Power digunakan untuk mengkonfirmasikannya.
  11. Selanjutnya proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan muncul pesan Successfully Unlock Bootloader.
  13. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel secara otomatis.
  14. Namun jika perintah tersebut tidak berfungsi, kamu dapat melakukannya secara manual dengan cara press and hold Power button.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di OnePlus 9 Pro dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Untuk proses membuka kunci bootloader di ponsel OnePlus, kamu tidak memerlukan unlock token atau fastboot oem get unlock, karena kedua hal tersebut tidak berlaku untuk ponsel OnePlus.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader OnePlus 9 Pro dapat dilakukan dengan menggunakan minimal adb and fastboot. Selain itu, kamu juga akan memerlukan sebuah persiapan seperti PC atau laptop. Dengan membuka kunci bootloader, kamu akan memiliki peluang untuk memodifikasi ponsel dengan menginstal Custom ROM atau TWRP.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments