Cara Ekstrak Payload.bin Dari File OTA Maupun Stock Rom Firmware

Dalam tutorial yang akan saya sampaikan di bawah ini adalah tentang Cara Ekstrak Payload.bin dan kamu pun akan mendapatkan file boot.img dan file firmware yang terdapat di dalamnya. Pada dasarnya di dalam file stockrom tersebut terdapat semua file firmware yang terdapat dalam file berformat .zip, kamu hanya perlu melakukan mengekstrak zip tersebut dan semua bahan-bahan yang dibutuhkan terdapat di dalamnya semua.

Sementara itu seperti dalam kasus firmware OnePlus atau Google Pixel tidak menyediakan semua file firmware yang dibutuhkan dalam zip stockrom tersebut, maka dari itu disinilah kendala yang biasa ditemukan para pengguna Android. Tapi tenang saja di bawah ini akan saya buatkan caranya seperti apa untuk dapat mengekstrak Stockrom Google Pixel.

Baca Juga : Cara Install Call Of Duty Modern Warfare 2 Di Laptop Full Aktivasi

Namun yang menjadi permasalahannya dalam stockrom ini adalah karena semua isi terpenting dari Firmware Google Pixel terdapat di dalam file palyload.bin ini, selain itu payload.bin ini tidak dapat di ekstrak dengan menggunakan winrar maupun winzip. Untuk dapat melakukannya maka kamu memerlukan tools lain seperti Playload Dumper dan Python.

Namun untuk dapat menggunakan kedua tools tersebut, ada beberapa langkah tambahan yang harus kamu lakukan atau tools tersebut tidak dapat digunakan untuk mengekstrak file payload.bin ini. Maka penjelasan di bawah ini akan membantu teman-teman semua untuk dapat menggunakan stockrom firmware dari Google Pixel atau perangkat Android lainnya.

Cara Ekstrak Payload.bin dan Dapatkan File Stock Boot.img

Pada postingan yang akan saya buatkan ini akan menunjukkan kepada teman-teman semua tentang cara mengekstrak payload.bin dan mendapatkan file boot.img serta file penting lainnya yang terdapat dalam payload tersebut. Namun sebelum saya memulainya, alangkah baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu mengenai mengapa kamu memerlukan langkah tersebut.

Hal pertama yang akan saya bahas terlebih dahulu adalah betapa pentingnya untuk mengekstrak file payload.bin ini. Selanjutnya adalah langkah-langkah untuk mendapatkan file boot.img dengan menggunakan Payload Dumper dan Python.

Ekstrak File Payload.bin

Untuk memulainya, payload.bin menampung tiga file img dari file partisi terpenting seperti system.img, boot.img, dan vendor.img. Akan tetapi file boot.img lah yang biasa dicari oleh pengguna Android, karena dengan ekosistem sumber terbuka seperti Android, ada banyak penyesuaian untuk dicoba.

Baca Juga : Cara Install Ummy Video Downloader v1.10.10.2 Windows 7/8/10

Salah satunya adalah dengan kemampuan untuk mendapatkan hak akses istimewa dalam bentuk root, dan untuk melakukan root pada perangkat Android memiliki 2 cara berbeda, yakni dengan menggunakan TWRP atau tanpa TWRP.

Biasanya salah satu perangkat Android yang ingin melakukan langkah rooting, ada yang menggunakan TWRP atau tanpa TWRP. Itu semua tergantung dari developer ponsel masing-masing, seperti halnya pada perangkat Google Pixel ini, yang mengharuskan langkah root tanpa menggunakan Custom Recovery TWRP.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada Recovery TWRP yang dapat berfungsi untuk banyak perangkat Android, karenanya jika kamu ingin melakukan root tanpa TWRP ada beberapa persyaratan utama salah satunya adalah dengan mendapatkan file stock boot.img terlebih dahulu.

Setalah kamu berhasil mendapatkan file tersebut, selanjutnya kamu dapat menginstalnya dengan mudah melalui Magisk Manager dan kemudian mem-flash-nya melalui perintah fastboot.

Namun seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa file boot.img tersebut masih tersimpan di dalam payload.bin. Jadi untuk dapat melakukan langkah root pada perangkat Android kamu, kamu harus mengekstrak file payload.bin terlebih dahulu.

Dalam hal tersebut, solusi terbaik yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Payload Dumper dan Pyhton yang telah terinstall di komputer maupun laptop kamu. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap yang ditetapkan untuk dapat mengekstrak payload.bin dan mendapatkan file boot.img.

Cara Mengekstrak File Payload.bin

Pastikan kamu telah mengikuti semua persyaratan yang telah dicantumkan di bawah ini dengan benar dan download semua bahan-bahan yang diperlukan. Setelah selesai, kamu dapat melanjutkan dengan langkah-langkahnya. Selain itu kami juga telah memberikan beberapa penting selama proses berlangsung agar dengan mudah kamu pahami.

Baca Juga : Cara Install PowerISO v7.5 (32-bit & 64-bit) + Keygen

Persyaratan Yang Harus Kamu Lakukan

  1. Untuk dapat mengekstrak file payload.bin, kamu memerlukan tools Payload Dumper. Kamu dapat download Payload Dumper melalui link tersebut. 
  2. Selain itu, kamu juga harus menginstall Python di PC terlebih dahulu. Kamu dapat download Pythone v3.7.4 melalui link tersebut.

Langkah 1: Install Python di PC Kamu

1. Jalankan file Python.exe, kemudian akan meminta direktori instalasi. Klik Install Now jika kamu ingin melanjutkan langkah instalasi secara default, yang akan memudahkan kamu untuk mengikuti instruksi ini atau kamu juga bisa mengklik Customize Installation jika kamu ingin mengubah direktori.

2. Apapun direktori instalasi yang kamu pilih, pastikan untuk mencatatnya karena mungkin akan dibutuhkan nanti. Proses instalasi akan selesai dalam satu atau dua menit. Setelah selesai, tekan tombol Close untuk keluar dari wizard pengaturan.

Langkah 2: Install File Payload Dumper

Sekarang kamu telah berhasil menginstall Python di PC maupun laptop, selanjutnya kamu dapat melanjutkan dengan proses ekstraksi file payload.bin dan kemudian mendapatkan file boot.img. Untuk itu, disini saya akan menggunakan tool Payload Dumper.

1. Ekstrak file Payload Dumper tersebut di dalam folder tempat instalasi Python tadi.

2. Jika kamu telah memilih tempat instalasi Python secara default, maka biasanya akan tersimpan di dalam Local Disk C >> Program Files >> Python.

Langkah 3 : Ekstrak Payload.bin

1. Sekarang copy file payload.bin dari stock rom firmware dan pindahkan ke dalam folder tempat kamu menginstal Python.

2. Nah sekarang di dalam folder hasil instalasi Python sekarang sudah terdapat file Payload Dumper dan payload.bin.

3. Di dalam folder tersebut lalu ketik CMD dari address bar dan tekan Enter, maka selanjutnya akan muncul tampilan Command Prompt.

4. Selanjutnya ketikkan perintah di bawah ini untuk melanjutkannya.

python -m pip install -r requirements.txt

5. Terakhir jalankan perintah di bawah ini untuk mengekstrak semua konten dari file payload.bin. Ini akan membutuhkan waktu yang sedikit lama.

python payload_dumper.py payload.bin

6. Dalam langkah tersebut, kamu akan melihat tiga file seperti boot, system, dan vendor. Dalam beberapa kasus, kamu juga akan melihat dtbo, dan beberapa file lainnya juga.

7. Setelah prosesnya selesai, maka semua file yang berhasil di ekstraks akan disimpan di dalam folder bernama Output. Jika kamu telah menginstal Python secara default, maka lokasi folder tersebut berada disini.

C:\Users\USER-NAME\AppData\Local\Programs\Python\Python<version-number>/Output

8. Selesai.

Nah, semua isi yang terdapat pada folder Output tersebut adalah hasil dari ekstraksi file payload.bin, selanjutnya kamu bisa menggunakan file tersebut untuk dapat melanjutkan ke langkah root atau yang lainnya. Jika kamu mengalami kesulitan selama proses berlangsung, kamu dapat memberikan komentar di bawah ini.


Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar