Misterius, Tiga Gerbong Tanpa Lokomotif Kereta Api Gajayana Jalan Sendiri

Kejadian aneh dan misterius terjadi di kawasan Stasiun Malang Kota Lama, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang Rabu siang tanggal 18 November kemarin. Sebuah gerbong kereta langsiran kosong dan tanpa lokomotif tiba-tiba saja berjalan sendiri dengan kencang.

Akibatnya gerbong tersebut menabrak sebuah eskavator mini yang berada tepat di pinggir rel stasiun.

Lalu apa yang menyebabkan gerbong langsiran kosong tanpa lokomotif tersebut bisa bergerak sendiri, semua akan dijelaskan di bawah ini secara lengkap.

Gerbong Kereta Tanpa Lokomotif Tiba-Tiba Berjalan Sendiri Dengan Kencang

Warga kawasan Stasiun Malang Kota Lama, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur pada Rabu siang kemarin kembali digegerkan dengan berita viral, bagaimana tidak..??

Sebuah gerbong kereta tanpa lokomotif tiba-tiba saja berjalan sendiri dengan kencang tanpa terkendali, akibatnya gerbong tersebut menabrak eskavator mini yang berada di pinggir rel stasiun tersebut yang tengah melakukan pengerjaan pergantian rel.

Baca Juga : 14 November 2020, Gempa Berkekuatan 5.3 Magnitudo Mengguncang Banda Aceh

Seorang saksi mata bernama Slamet S Effendi yang merupakan warga sekitar stasiun menuturkan "kejadian aneh tersebut terjadi kira-kira pukul 14.25 WIB". Saksi yang berada di lantai dua rumahnya, tiba-tiba melihat 7 rangkaian gerbong kereta tanpa lokomotif melaju dengan kencang di jalur dua yang tengah dilakukan perbaikan pergantian rel.

Saksi mata tersebut secara spontan langsung berteriak memberikan peringatan kepada para pekerja yang sedang mengerjakan pergantian rel tersebut untuk segera menjauh dari rel.

Akirnya rangkaian gerbong kereta tanpa lokomotif tersebut menabrak bagian eskavator mini dan terus melaju kearah Selatan, gerbong kereta api tersebut baru bisa berhenti di rel yang putus dan akhirnya anjlok.

3 Kali Gerbong KA Di Malang Jalan Sendiri, Pernah Makan Korban Jiwa, Penyebab Masih Misterius

Insiden rangkaian 7 gerbong kereta api tanpa lokomotif yang bisa melaju sendiri dari Stasiun Malang Kota Baru sampai Stasiun Malang Kota Lama, Jawa Timur yang berjarak 2.3 km hingga kini memang masih berselimut misteri.

Dan ternyata insiden kemarin bukanlah kali pertama terjadi, konon 15 tahun lalu pernah pula terjadi insiden serupa. Insiden itu terjadi dimana rangkaian Kereta Api BBM hilang kendali dan menghantam tembok pembatas kawasan Stasiun Kota Lama.

Sementara pada 4 Januari 2011, empat gerbong Kereta Api Gajayana yang tengah diparkir di Stasiun Malang Kota Baru mendadak jalan sendiri hingga Stasiun Kota Lama. Insiden ini menyebabkan 1 orang meninggal dunia, masyarakat setempat menyebut rangkaian gerbong yang bisa berjalan sendiri itu dengan nama "Kereta Hantu".

Misteri Gerbong Kereta Api Meluncur Sendiri Hingga Tabrak Backhoe Di Malang

Saat akhirnya berhenti 4 dari 7 rangkaian gerbong kereta hantu itu anjlok dan keluar rel, proses evakuasi 4 gerbong Kereta Api Gajayana yang anjlok di Stasiun Malang Kota Lama masih berlangsung hingga kamis pagi.

Untuk mempercepat proses evakuasi PT. Kereta Api Indonesia mendatangkan alat berat crane, sementara untuk penyebab anjloknya gerbong cadangan ini masih terus diselidiki.

Baca Juga : Fakta Menarik Mengenai Friday the 13th Yang Jarang Diketahui

Lalu apa kata Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia atau MTI dan Ir. Hermanto Dwiatmoko MSTr, IPU Ketua Umum Masyarakat Pencinta Kereta Api atau MASKA tentang kejadian ini, apa saja hal-hal teknis yang bisa menyebabkan rangkaian gerbong kereta tanpa lokomotif bisa berjalan sendiri.

Fenomena Kereta Berjalan Sendiri

Insiden ganjil berupa rangkaian gerbong kereta yang bisa melaju sendiri alias kereta hantu sebenarnya saja bukan sering terjadi di Stasiun Malang Kota Lama, dibeberapa stasiun seperti Stasiun Poncol Semarang perlintasan Kereta Bogor - Jakarta hingga Stasiun Manggarai Jakarta Selatan insiden serupa juga pernah terjadi.

Dan sebagai urbanlegend kisah Kereta Hantu Manggarai sendiri sebenarnya ada beragam versi, dari kereta yang melaju tanpa masinis dan penumpang, penumpang kereta misterius, hingga kereta yang menghilang setelah menurunkan penumpang, dan semua versi tersebut anehnya pernah dialami penumpang kereta sebelum era Kereta Komuter saat ini.

Lalu pandangan apa menurut sejarawan dan warga Manggarai terkait keberadaan kereta misterius dan juga kondisi Stasiun Manggarai yang dulu memang berbalut mitos.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar