Bisakah Aktivitas Ini Anda Masukkan Dalam Rutinitas Pagi Anda? - Tips Tutorial Bersama

Senin, 31 Mei 2021

Bisakah Aktivitas Ini Anda Masukkan Dalam Rutinitas Pagi Anda?

Matahari telah bersinar, burung-burung bersiul riang, dan alarm pun berdering keras, pasti sudah pagi. Ada hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan agar dapat menjalani hari yang produktif. Tentunya tidak termasuk meneguk kopi berlebihan.

Bagaimana cara membuat hari Anda lebih produktif? Agar hari Anda produktif, ada hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan tiap pagi. Tentunya tidak termasuk meneguk kopi berlebihan, ya! Saat bangun pagi, hal pertama apa yang Anda lakukan? Mengecek ponsel? Bangun dan menggosok gigi?

Anda tahu jika tidak segera minum segelas air putih, Anda rugi? Atau sarapan tidak sehat itu tidak membantu tubuh Anda sepanjang hari? Atau jika Anda memulai hari Anda tanpa peregangan atau gerakan, Anda akan lebih rentan terluka? Jadi, bisakah aktivitas ini Anda masukkan dalam rutinitas pagi Anda?

1. Minum Segelas Air Putih

Saat bangun pagi, hal pertama apa yang Anda lakukan..?? Apakah mengecek ponsel atau bangun dan menggosok gigi..?? Jika tidak segera minum segelas air putih, Anda rugi..!! Ada banyak alasan mengapa minum air putih tepat setelah bangun pagi sangat baik dilakukan.

Minum air putih tepat setelah bangun pagi dapat melancarkan pencernaan sepanjang hari. Setelah tidur malam, Anda mungkin tidak ke kamar mandi, setidaknya selama 5 - 8 jam. Karenanya tidak terjadi pencernaan yang teratur. Minum air pada waktu ini membantu membuang toxin yang ada di dalam perut saat Anda tidur.

Baca Juga : Tanda Perempuan Dan Laki-Laki Mengalami Masa Pubertas

Dan karena Anda belum makan apa pun, proses pembuangan ini berjalan sangat lancar dan efektif. Minum air putih pagi-pagi juga bagus dilakukan jika Anda sedang menjaga berat badan. Ini bisa membuat metabolisme Anda mulai aktif, ini memungkinkan tubuh Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Agar lebih efektif, coba tambahkan perasan lemon ke dalam air putih Anda. Bukan hanya rasanya enak, tapi campuran ini akan membuat Anda sedikit lebih kenyang. Jadi Anda tidak menyantap sarapan berlebihan.

Terakhir, berdasarkan penelitian tahun 2011 dari University of Sydney, minum lebih banyak air putih bisa mengurangi risiko terkena penyakit ginjal kronis dan masalah tubuh lainnya. Secara keseluruhan mengkonsumsi lebih banyak air putih akan membuat tubuh Anda berfungsi lebih baik.

Jadi bagus juga untuk memulai hari dengan segelas air. Namun pastikan airnya memiliki suhu ruangan dan tidak terlalu dingin. Jika dingin seperti air es, meminumnya pagi-pagi akan membuat Anda sakit perut.

2. Menyantap Sarapan Sehat

Menyantap mangkuk sebesar froot loops di pagi hari memang menggugah selera. Tapi sarapan yang mengandung gula ini tidak akan membantu tubuh Anda sepanjang hari. Itu mungkin akan memberi sedikit tenaga di awal. Tapi saat kadar gula menurun setelah beberapa jam, Anda akan melemah, lelah, dan lapar lagi.

Dari pada menyantap hidangan mengandung gula ini, lebih baik pilih sarapan yang lebih bergizi. Misalnya oat, oat adalah makanan berprotein tinggi dan baik untuk pencernaan yang sehat. Oat mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks menyehatkan yang dicerna perlahan dalam tubuh yang dapat menjaga kestabilan tingkat gula darah Anda.

Menambahkan buah pada oat bagus dilakukan untuk menambah kelezatan sarapan Anda. Pilih buah-buahan seperti blueberry, raspberry, dan strobery karena mengandung sedikit gula daripada buah lain. Buah-buahan ini juga kaya akan antioksidan.

Jika Anda tidak menyukai makanan manis untuk sarapan, telur adalah sumber protein yang baik dan bisa membuat kenyang lebih lama. Buat telur dadar dengan bayam segar dan bawang bombai untuk sarapan yang lezat.

3. Segera Bangun Begitu Terdengar Bunyi Alarm

Suara alarm memang paling menyebalkan, apalagi saat berbunyi yang kedua dan yang ketiga kalinya. Jika sering menekan tombol tunda, Anda pasti tahu maksudnya. Meski menggiurkan, menekan tombol tunda akan merugikan Anda jika ingin menjalani pagi dan hari yang produktif.

Saat tidur dan bangun lagi 10 atau 20 menit kemudian, itu mengganggu siklus tidur Anda. Sehingga akan membuat Anda merasa sangat pusing dan bingung dalam waktu lama setelah bangun. Coba tidur 7 - 8 jam pada malam hari, lalu begitu alarm berbunyi, bangun dan bangkit dari tempat tidur, meskipun rasanya tidak enak diawal. Anda akan merasakan manfaatnya nanti.

4. Biarkan Cahaya Matahari Masuk

Saat pertama bangun dengan kondisi ini, mata Anda akan sedikit sensitif terhadap cahaya. Mungkin berat melakukannya, tapi ini penting. Buka tirai jendela Anda, tubuh Anda menjalankan banyak fungsi sepanjang hari, seperti melepaskan hormon, pencernaan, dan lain-lain.

Baca Juga : Membuat Bulu Mata Menjadi Lebih Tebal Dan Indah Hanya Dalam Satu Bulan

Tubuh melakukan ini dengan mengetahui siang hari sudah tiba. Jika Anda tetap menutup tirai sepanjang pagi dan bersiap-siap dalam gelap, ini menunda ritme alami tubuh dan menjadi awal yang buruk untuk hari Anda. Jika Anda mencoba hidup sehat, melakukan ini bisa menurunkan rasio BMI Anda.

Menurut DR. Phyllis Zee dari Northwestern University, buka tirai saat Anda bersiap-siap atau sarapan, agar tubuh tahu ini saatnya untuk memulai hari. Jika diluar ternyata cuacanya gelap dan mendung, cukup nyalakan lampu rumah.

5. Bergerak

Setelah tidur malam yang panjang, otot dan sendi Anda mungkin aga keras dan kaku. Jika memulai hari tanpa melakukan peregangan atau gerakan, Anda akan lebih rentan terluka nantinya karena tubuh tidak mendapat pemanasan.

Berolahraga di pagi hari baik dilakukan untuk menyiapkan tubuh dalam menghadapi hari dengan pelumasan sendiri dan pemanasan otot. Coba latihan ini pada pagi hari dan rasakan manfaatnya.

Deep squat

Berdiri dengan kaki selebar bahu, jongkok sampai pinggul Anda hampir menempel lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik, jika nyaman coba goyang ke depan dan kebelakang lalu gerakan sedikit untuk melemaskan sendi.

Downward dog atau pose kobra

Dari deep squat beralih ke gerakan downward dog. Letakan tangan di depan Anda, luruskan kaki, dan angkat pinggul seolah-olah sedang membentu huruf V terbalik. Jadikan kaki sebagai tumpuan agar lengan dan bahu Anda mendapat peregangan maksimal.

Meskipun kaki Anda lurus di lantai, coba angkat satu tumit secara bergantian untuk meregangkan kaki dan pinggul. Usahakan jangan terlalu kaku, setelah beberapa detik turunkan torso Anda ke lantai, angkat kepala dan punggung Anda, ini disebut pose kobra.

Dan bagus untuk meregangkan otot perut dan menggerakan tulang punggung. Untuk semua ini jangan lupa bernafas, ulangi gerakan ini selama 60 detik, rasakan sensasi panasnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.