Cara Install TWRP Vivo Y91 Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 07 November 2021

Cara Install TWRP Vivo Y91 Versi Terbaru

Berikut ini tutorial lengkap cara install TWRP Vivo Y91, unlock bootloader, root dengan magisk yang bisa kamu coba sebelum memasang custom rom.

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial tentang cara install TWRP ViVo Y91 dengan mudah. Bagi teman-teman yang ingin mencoba melakukan root dengan magisk, maka kamu memerlukan sebuah TWRP.

Karena TWRP Recovery Vivo Y91 merupakan salah satu tool untuk dapat melakukan proses root pada ponsel Android. Oleh karena itu melalui postingan ini saya akan membantu kalian semua yang ingin melakukan root pada ponselnya.

Dengan menggunakan mode recovery pada sebuah ponsel Android, maka penggunanya dapat menginstal berbagai file zip seperti magisk atau module. Nah, seperti itulah fungsinya TWRP pada perangkat smartphone Android.

Bagi teman-teman yang saat ini sedang mengalami kesulitan untuk proses rooting pada ponsel Vivo Y91, kamu bisa menggunakan file TWRP ini untuk dapat melakukannya. Selain itu pada custom recovery ini terdapat beberapa perbedaan tidak seperti pada recovery bawaan.

Persiapan Sebelum Melakukan Instalasi TWRP

TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project yang dikembangkan oleh developer untuk membantu para pengguna Android untuk memodifikasi ponselnya. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa pada mode recovery ini terdapat berbagai kelebihan.

Dengan menggunakan stock recovery TWRP ini, maka penggunanya dapat melakukan banyak hal seperti menginstal Custom ROM, Root, Backup System dan Restore. Tidak hanya itu saja kelebihannya, melainkan masih terdapat keunggulan lainnya yang tidak akan membuat kecewa.

Oleh karena itu, pada tutorial yang akan saya buatkan kali ini, di bawah telah saya siapkan beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan dahulu sebelum memulai proses install custom rom dan root pada ponsel Vivo Y91.

Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

  • Pastikan ponsel Vivo Y91 kamu sudah di unlock bootloader.
  • Charger baterai ponsel sampai terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Backup seluruh data yang terdapat di dalam penyimpanan ponsel.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Download bahan-bahan yang akan diperlukan

Setelah semua bahan-bahan di atas sudah kamu download semua, selanjutnya tinggal kamu install saja aplikasi adb and fastboot di PC atau laptop kalian masing-masing. Jika sudah selesai, kemudian untuk langkah-langkah pemasangan Custom Recovery TWRP pada Vivo Y91 bisa dilihat dalam penjelasan di bawah ini.

Cara Install TWRP Di Vivo Y91

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk pemasangan TWRP Recovery untuk ponsel Vivo Y91. Bagi kalian yang ingin mengetahui caranya bisa dilihat melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download file TWRP yang telah saya berikan di atas.
  2. Selanjutnya pindahkan file TWRP tersebut ke dalam folder Adb and Fastboot.
  3. Selanjutnya buka perintah command prompt atau cmd melalui adb and fastboot.
  4. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui postingan link download adb and fastboot tadi.
  5. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging pada ponsel Vivo Y91 kalian.
  6. Selanjutnya hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  7. Selanjutnya masukkan perintah ini adb reboot bootloader ke dalam layar cmd.
  8. Maka selanjutnya ponsel akan restart dan masuk ke dalam Mode Fastboot.
  9. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot devices untuk memastikan apakah ponsel sudah berhasil terdeteksi di PC atau belum.
  10. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot flash recovery twrp-2.6.0.0-vivo.img untuk memulai proses pemasangan TWRP.
  11. Selanjutnya masukkan lagi perintah ini boot recovery twrp-2.6.0.0-vivo.img untuk masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses instalasi TWRP pada ponsel Vivo Y91. Sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap root. Untuk dapat melakukan root pada ponsel ini, kamu dapat melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini.

Cara Root Ponsel Vivo Y91 Via TWRP Recovery

Nah, bagi teman-teman yang ingin melakukan root pada ponsel Vivo Y91, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah saya siapkan di bawah ini. Sebelum memulai proses root ini, pastikan bahwa kalian sudah mendownload file Magisk yang telah saya siapkan di atas.

Jika kamu sudah selesai mendownload semua file tersebut, sekarang kamu dapat melihat cara root melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download file Magisk.zip melalui link di atas.
  2. Selanjutnya pindahkan file tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  3. Selanjutnya matikan ponsel Vivo Y91 kamu dan boot ke dalam Mode TWRP Recovery.
  4. Untuk dapat melakukannya, kamu bisa menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  5. Maka nanti ponsel akan langsung masuk ke dalam Mode TWRP.
  6. Selanjutnya pilih menu Wipe dan lakukan Format Data terlebih dahulu.
  7. Pastikan pilih Wipe Data dan Cache saja.
  8. Selanjutnya kembali ke menu utama dari TWRP.
  9. Selanjutnya pilih menu Install dan cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan.
  10. Jika sudah ketemu, selanjutnya pilih file tersebut dan lakukan Swipe to confirm flash.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, selanjutnya lakukan instalasi untuk file DisableForceEncryption di recovery dan pilih file tersebut.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, selanjutnya klik Reboot to System.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses rooting pada ponsel Vivo Y91. Setelah ponsel berhasil menyala, maka kamu akan melihat aplikasi Magisk Manager. Aplikasi tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root dengan menggunakan file Magisk dan DisableForceEncryption.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan pemasangan Custom Recovery TWRP pada ponsel Vivo Y91 bisa menggunakan cara lewat PC. Setelah berhasil memasangnya di ponsel Android, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap root Vivo Y91 dengan menggunakan Magisk.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments