Download Custom Rom Official Lineage OS 14.1 For LG G4 - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 09 Juli 2021

Download Custom Rom Official Lineage OS 14.1 For LG G4

Kabar baik untuk semua pengguna smartpone LG G4, Lineage OS akhirnya telah merilis Official Lineage OS 14.1 di LG G4 (intl). Sekarang kamu dapat menginstal Lineage OS 14.1 Official di LG G4 (intl). Jika kamu ingin memasang Custom Rom pada perangkat ini, maka kalian bisa mengikuti langkahnya di bawah ini tentang Cara Install Custom Rom Official Lineage OS 14.1 di LG G4 (intl)

Setelah Cyanogen menutup perusahaan dan bahkan semua layanan termasuk CyanogenMod dan perusahaan telah mulai mengembangkan ROM baru untuk beberapa perangkat termasuk Merek Nexus dan OEM lainnya yang didukung. Perusahaan di belakang Lineage OS telah mulai meluncurkan Lineage OS 14.1 official untuk beberapa perangkat.

Dalam situs resmi mereka, Lineage OS telah menyatakan bahwa versi official direncanakan untuk lebih dari 80 perangkat Android. Dalam tutorial ini kami akan membantu kamu tentang cara install Official Lineage OS 14.1 di LG G4 (intl). Lineage OS adalah remake dari CyanogenMod 14.1 atau CM 14.1 yang dirilis sebelumnya. ROM ini didasarkan pada Android 7.1.1 Nougat yang dibundel dengan beberapa fitur tambahan yang terintegrasi dari CM 14.1 dan Nougat itu sendiri.

ROM dalam versi eksperimental dan Nightly yang mungkin memiliki sedikit bug tetapi dapat digunakan sebagai kegiatan sehari-hari tanpa masalah. Jika kamu berasal dari CM 14.1 atau CyanogenMod 14.1, pengembang telah melakukan migrasi dari CM13 atau CM14 tanpa kesulitan dengan mengembangkan versi migrasi data eksperimental.

Jadi sekarang kamu dapat menginstal Lineage OS 14.1 Official di LG G4 tanpa melakukan factory reset. Dalam pembangunan eksperimental, pengembang telah membuat tanda watermark yang mengingatkan pengguna untuk tidak menggunakan pembangunan eksperimental memiliki drive harian.

Tetapi harus memperlakukan memiliki batu loncatan untuk memigrasi OS Lineage. Untuk menikmati LineageOS, kami menyarankan kamu untuk mem-flash build Nighly atau build Mingguan.

Apa Itu Lineage OS

LineageOS adalah kelanjutan dari CyanogenMod. Setelah menghilangnya CyanogenMod, sebagian karena konflik internal dalam Cyanogen.inc. Namun, jangan khawatir karena cabang baru dari CyanogenMod yang disebut Lineage OS mulai digunakan, dan akan menyimpan sebagian besar hal yang kamu sukai tentang CyanogenMod.

Lineage OS (Sistem operasi open source lain untuk smartphone dan tablet, berdasarkan platform seluler Android) akan menjadi kelanjutan dari CyanogenMod. Namun OS Lineage masih dalam tahap informasi untuk mencapai keberhasilan proyek ini.

LineageOS didasarkan pada Proyek Open Source Android dengan kontribusi tambahan dari banyak orang dalam komunitas Android. Ini dapat digunakan tanpa perlu menginstal aplikasi Google apa pun. Melalui link di bawah ini adalah paket yang berasal dari proyek Android lain yang memulihkan bagian Google. LineageOS masih menyertakan berbagai kode khusus perangkat keras, yang juga secara perlahan menjadi sumber terbuka.

Apa Yang Ada Di Android 7.1 Nougat Dan Fiturnya

Sudah lama sejak Android 7.0 Nougat dirilis. Seperti yang kita ketahui Google Pixel merupakan smartphone pertama dari Google yang memulai debut pembaruan Android 7.1 Nougat yang hadir dengan fitur unik bernama Google Assistant, AI Bot yang bertindak dan berbicara seperti manusia.

Dengan Program Beta Android, Google merilis pembaruan Android 7.1 Nougat untuk semua perangkat Nexus dalam bentuk preview. Pembaruan cukup stabil dan peringatan adil, meskipun bahwa preview tidak bebas dari bug.

Android 7.1 Nougat hadir dengan beberapa fitur seperti pintasan aplikasi, dukungan Multi Windows, pengaturan restart ke menu power, menjalankan kamera dengan menekan tomol power 2x, dukungan keyboard gambar, 100 emoji telah ditambahkan, dukungan GIF, smart reply melalui pemberitahuan, pemberitahuan panel yang didesain ulang, dan masih banyak lagi.

Persyaratan

  1. Cara ini hanya dapat digunakan pada smartphone LG G4 saja.
  2. Isi baterai ponsel sampai 70% ke atas.
  3. Kamu akan kehilangan ROM bawaan atau Custom ROM yang telah terinstal di ponsel kamu. Jadi pastikan untuk membuat backup data pada ponsel sebelum melakukan langkah ini.
  4. Kamu harus menginstal TWRP Recovery LG G4 terlebih dahulu.
  5. Download semua file di bawah ini, lalu simpan di penyimpanan internal ponsel kamu.

Cara Install Custom Rom Official Lineage OS 14.1 Android 7.1 (Nougat)

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download semua file-file yang dibutuhkan, meliputi Lineage OS Zip dan Gapps Zip.
  2. Jika kamu mendownload bahan-bahan tersebut melalui komputer, kemudian hubungkan ponsel kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  3. Selanjutnya pindahkan kedua file yang sudah di download ke penyimpanan internal ponsel kamu.
  4. Jika sudah, lalu matikan ponsel dan boot ke dalam Mode Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  5. Selanjutnya pilih menu Wipe >> Advanced Wpe >> kemudian beri tanda centang pada Dalvik / ART Cache, System, Data, dan Cache.
  6. Jika sudah lalu geser tombol di bawahnya Swipe to Wipe.
  7. Selanjutnya kembali ke menu utama TWRP Recovery, lalu pilih menu Install.
  8. Jika sudah, lalu cari file Custom Rom Zip yang tadi sudah kamu simpan di dalam penyimpanan ponsel.
  9. Kemudian Swipe to confirm untuk memulai proses mem-flash Custom Rom tersebut.
  10. Jika sudah selesai, kembali ke menu utama TWRP Recovery dan lakukan seperti tadi untuk mem-flash file Gapss zip.
  11. Jika sudah selesai, lalu Reboot ponsel kamu dan tunggu saja sampai perangkat kamu berhasil masuk ke sistem, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  12. Selesai.

Kesimpulan

Nah, cara di atas tadi merupakan sebuah langkah-langkah untuk menginstal Custom Rom Lineage OS 14.1 Nougat di LG G4 dengan menggunakan TWRP Recovery. Semoga dengan tutorial yang telah kami buatkan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua, semoga cara di atas dapat berhasil pada perangkat yang kamu pakai.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: