Perempuan Tanah Jahanam, Film Horor Kebanggaan Indonesia - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 17 Juni 2021

Perempuan Tanah Jahanam, Film Horor Kebanggaan Indonesia

Industri Perfilman Indonesia telah menorehkan sejarah baru. Film horor karya sutradara Joko Anwar yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam terpilih sebagai wakil Indonesia di ajang Academy Awards atau Oscar 2020. Film ini sekaligus menjadi film horor pertama yang mewakili Indonesia dalam ajang penghargaan film bergengsi sedunia.

Sebelumnya Perempuan Tanah Jahanam juga memenangkan Best Film Award di Bucheon International Fantastic Film Festival 2020, dan juga ditayangkan di Sundance Film Festival 2020. Film horor sendiri memang menjadi genre yang mendapat tempat khusus di hati para penggemarnya.

Sensasi dari ketakutan yang dimunculkan, telah menjadi candu tersendiri bagi banyak penggemar misteri. Bagi para pembuat film, apresiasi dan kepuasan penonton adalah hal yang sangat penting. Apalagi jika karya film horornya diapresiasi di ajang penghargaan dunia dan mendapat kebanggaan ketika di interview oleh media internasional.

Tapi tahukah Anda, dibelahan dunia mana pun ternyata yang namanya membuat film horor memiliki tantangan tersendiri yang tidak mudah. Selain kengerian yang Anda saksikan di layar, banyak kejadian aneh dan kisah menyeramkan yang menimpa sutradara, kru, hingga para pemain dibelakang layar.

1. Banyak Kecelakaan Di Pembuatan Film The Exorcist

Wajah buruk dengan seringai menyeramkan membuat film The Exorcist yang dirilis pada tahun 1973 ini menyandang predikat sebagai film horor paling mengerikan sepanjang sejarah. Konon kengeriannya bahkan sudah berlangsung selama proses produksi, dimana kecelakaan dilokasi syuting banyak terjadi dan membuat staf dan aktor menolak untuk bergabung karena takut akan kutukan yang dipercaya membayangi film ini.

Ketakutan semakin menjadi saat salah seorang pemeran film ini tertabrak motor dan mengalami cedera berat. Ditambah lagi dengan lokasi pengambilan gambar yang juga sempat dilalap api. Semua peristiwa tersebut ditengarai sebagai akibat dari kutukan film The Exorcist.

Baca Juga : Cuma Sultan Yang Tahu Barang Ini: Skincare Seharga Mobil

2. The Omen Nyaris Merenggut Nyawa Para Pembuatnya

Film lawas satu ini bercerita mengenai sebuah keluarga yang mengadopsi anak kecil yang ternyata merupakan titisan sang iblis. Dan kejadian mengerikan bahkan hampir merenggut nyawa selalu membayangi proses produksi film horor ini. Kejadian pertama berawal dari peristiwa bunuh diri sang anak dari pemeran utama film, dua bulan sebelum proses produksi film dimulai.

Teror kemudian berlanjut saat salah satu kru mengalami kecelakaan mobil. Bahkan pesawat yang ditumpangi penulis naskah, aktor utama, serta executive producernya tersambar petir. Kengerian berlanjut beberapa waktu kemudian saat terjadi kecelakaan pesawat yang menghantam sebuah mobil dan membuat semua yang terlibat meninggal dunia.

Saat mereka mengambil adegan disebuah kebun binatang, seorang penjaga kebun binatang diterkam oleh dua ekor singa dan meninggal dunia. Kecelakaan demi kecelakaan itulah yang kemudian membuat orang menganggap film The Omen film yang terkutuk bahkan hingga hari ini.

3. Film Joko Anwar, Seramnya Luar Dalam

Mendapat penghargaan skala internasional tak bisa dipungkiri jika sosok Joko Anwar piawai memainkan adrenalin penonton melalui beberapa filmnya. Beliau sebenarnya bukanlah sineas yang mengkhususkan diri membuat film bergenre horor. Namun beberapa film horor garapannya mampu membuat bulu kuduk merinding bagi siapa saja yang menyaksikannya dan banyak pula kejadian yang bikin merinding ketika pembuatannya.

Baca Juga : Kisah Si Janggut Putih Yang Gemar Berbagi Kasih: Sosok Di Balik Baju Merah Santa

4. Pengabdi Setan

Film fenomenal lainnya berjudul Pengabdi Setan yang mengisahkan tentang keluarga yang diteror oleh makhluk dari dimensi lain sebagai konsekuensi perbuatan ibu mereka yang membuat perjanjian dengan alam lain. Film horor satu ini memiliki atmosfer luar biasa menyeramkan. Termasuk ketika masa pembuatannya yang berlokasi disebuah bangunan rumah tua di daerah Pengalengan, Bandung.

Rumah yang sudah lama terbengkalai ini akan mengundang rasa ngeri dari siapa pun yang mengunjunginya bahkan pada siang hari. Di rumah inilah para kru film Pengabdi Setan banyak yang mengalami kejadian diluar nalar, mulai dari daun pintu yang seolah memuai dan tidak bisa ditutup.

Bahkan meski sudah digergaji beberapa kali tetap saja tidak bisa tertutup. Belum lagi daun pintu dan jendela yang terbuka dan tertutup sendiri, ditambah suara-suara aneh yang kerap terekam adalah hal-hal aneh yang harus mereka hadapi.

5. Perempuan Tanah Jahanam

Butuh waktu 10 tahun untuk memproduksi film Perempuan Tanah Jahanam, pembuatan skrip sudah selesai pada tahun 2009. Namun karena ingin membuat film yang sempurna, Joko Anwar mempelajari teknis pembuatan film terlebih dahulu agar hasilnya bisa melampaui ekspektasinya.

Sudah sejak lama Joko Anwar sering kali mengalami mimpi buruk, di dalam mimpinya ia selalu berada disebuah desa yang sangat terpencil dengan penduduk yang bersikap aneh dan dingin. Namun satu hal yang selalu ia ingat, di desa itu selalu digelar perunjukkan wayang kulit oleh dalang setiap malamnya.

Mimpi menyeramkan inilah yang menjadi salah satu inspirasi dalam pembuatan film Perempuan Tanah Jahanam. Di dalam mimpinya Joko Anwar melihat desa yang dikelilingi tiga lapis hutan. Untuk menemukan desa yang sesuai dengan mimpinya, ia mendapat informasi dari seorang pecinta alam yang mengetahui ada sebuah desa terpencil berjarak 2 jam perjalanan dari jalur yang bisa dilalui mobil.

Joko Anwar dan tim nya harus membabat hutan untuk membuka jalan agar bisa mencapai desa tersebut. Rumah besar tua yang ada di film ini juga bukan rumah sembarangan yang berlokasi disebuah daerah di Banyuwangi, rumah ini sudah tidak dihuni hampir 30 tahun lamanya. Kengerian di lokasi syuting sengaja dibangun oleh Joko Anwar agar para aktor bisa mendalami peran dengan maksimal.

Baca Juga : Asal Muasal Dessert Kekinian Favoritmu: Tiramisu Dari Pahit Kopi Yang Khas

Para kru sengaja diminta untuk berbicara dengan cara berbisik dan penerangan dilokasi sengaja dibuat sangat minim, agar para aktor seolah merasa sendiri dalam kegelapan. Dengan lokasi dan atmosfer syuting yang sengaja dibuat mencekam, membuat hal-hal janggal selama proses produksinya tidak terelakan lagi.

Insiden pertama dialami Tara Basro saat dalam sebuah adegan yang melibatkan 3 anak kecil yang berdiri dibalik pagar disebuah rumah tua. Seharusnya setelah adegan pertama, ketiga anak kecil tersebut sudah keluar frame kamera. Namun yang terjadi adalah ketiga anak kecil selalu berada dibalik pagar, meskipun sudah beberapa kali pengulangan adegan.

Setelah ditelusuri, ternyata sedari awal ketiga talent anak kecil itu sudah dibawa keluar sejak pengambilan gambar pertama. Lalu siapakah sosok ketiga anak kecil yang selalu terekam kamera tersebut!. Bahkan selama proses pembuatan film ini, Joko Anwar mengalami sakit bahkan harus mendirect menggunakan tandu.

Ia didiagnosa mengidap demam berdarah. Namun beberapa orang yang bisa melihat hal tak kasat mata mengatakan, jika Joko Anwar mendapat gangguan dilokasi syuting dan baru bisa sembuh total setelah diberikan air zamzam yang dibawa oleh aktris Christine Hakim. Kiki Narendra juga berperan dalam film ini tak luput dari kejadian aneh di hotel tempatnya menginap.

Saat dirinya sedang berada dikamar mandi, ia melihat ada seolah sosok yang mengintip kearahnya. Suasana menyeramkan yang sudah dibangun sejak proses produksi dengan berbagai kejadian aneh yang mengiringinya membuat atmosfer menakutkan dalam film ini begitu kental terasa.

Mendapat banyak penghargaan, Perempuan Tanah Jahanam menjadi salah satu karya besar sutradara Indonesia Joko Anwar. Film yang merupakan project kolaborasi Indonesia, Amerika, dan Korea Selatan ini juga bikin banyak warga Indonesia penasaran.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.