Asal Muasal Dessert Kekinian Favoritmu: Tiramisu Dari Pahit Kopi Yang Khas - Tips Tutorial Bersama

Senin, 14 Juni 2021

Asal Muasal Dessert Kekinian Favoritmu: Tiramisu Dari Pahit Kopi Yang Khas

Menyantap sajian makanan, pasti akan lebih nikmat jika dilengkapi dengan dessert. Siapa pun pasti tidak ada yang bisa menolak sensasi rasa manis dari hidangan penutup ini. Makanya jajanan dessert kekinian, selalu bermunculan dan kerap jadi buruan. Anda juga salah satu penikmat dessert kan?

Berbagai sajian dessert kekinian memiliki karakteristik dan cita rasa yang berbeda. Mulai dari Gelato dengan sensasi rasa dingin yang lumer dimulut, manis dan segar dari Mango Sticky Rice, serta rasa gurih dan lembut ala Cheesecake. Semua dessert ini ada yang jual di Indonesia. Tapi ada yang tahu nggak, dari mana sih negara asal dari berbagai dessert favoritmu ini.

1. Italia: Dari Pahit Kopi Yang Khas Hingga Rasa Dingin Yang Lumer Di Mulut

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dessert dengan rasa manis yang legit, pasti akan menyukai Tiramisu. Nama Tiramisu berarti a little pick-me-up atau penyemangat untuk memperbaiki mood yang jelek. Nah, buat Anda yang harinya sedang dilanda perasaan gundah gulana, cocok banget nih menikmati tiramisu dengan rasa pahit kopi yang khas agar semangat kembali.

Dessert khas Italia ini terbuat dari biskuit yang direndam kopi dan ditambah dengan campuran keju, gula, dan cream. Ternyata ada fakta kelam dibalik asal muasal tiramisu. Kue manis ini pertama kali diciptakan disebuah rumah bordil dikawasan Treviso, Italia untuk membangkitkan gairah para pelanggannya.

Baca Juga : Kota Ini Anti Malaikat Maut: Pulau Para Dewa, Dilarang Meninggal Dan Melahirkan Di Sini

Meski belum puas dengan tiramisu, di Italia ada lagi dessert yang menggoda, yaitu Gelato. Banyak yang mengira Gelato sama dengan ice cream. Tapi faktanya, Gelato memiliki tekstur yang lebih padat. Bahan yang digunakan pun lebih banyak susu dibanding cream, serta dengan sedikit kuning telur.

Rasa manis serta sensasi dingin yang lumer dimulut, pasti sangat nikmat ya kalau dinikmati disiang hari yang panas. Ternyata Gelato usianya sudah sangat tua loh, makanan ini diciptakan pada tahun 1500an oleh seorang seniman bernama Bernardo Buontalenti sebagai jamuan untuk raja Spanyol.

2. Korea Selatan: Es Serut Khas Korea Spesial Untuk Pecinta K-Drama

Pesona dari drama Korea ialah para pemainnya yang cantik dan tampan, serta jalan cerita yang melelehkan hati. Tapi, hal lain yang menjadi sorotan ialah adegan makannya. Tak cuma hati yang meleleh, indera perasa Anda dijamin juga akan ikut meleleh dengan es serut khas Korea, Patbingsu. Awalnya dessert ini mulai diperkenalkan sejak dinasti Joseon pada 1392 - 1910an, dan hanya disajikan dengan topping kacang merah.

Namun seiring berkembangnya tren, kini Patbingsu bisa Anda nikmati dengan berbagai topping yang menyegarkan dahaga, seperti buah-buahan, cream aneka rasa, saus dan potongan cokelat, serta keju. Selain rasanya segar dan enak, Patbingsu juga memiliki tampilan menarik yang sayang dilewatkan untuk di foto dan di posting ke media sosial Anda.

3. Thailand: Jajanan Kaki Lima Yang Manisnya Melebihi Senyum Kamu

Jalan-jalan ke Thailand tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi street foodnya. Pasti Anda sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini dong, Mango Sticky Rice. Rasa ketan yang legit, dipadukan dengan segarnya buah mangga, lalu disiram dengan topping susu cair atau coconut cream, dijamin membuat siapapun tak kuasa menahan godaannya.

Baca Juga : Membeli Hobi Dengan Harga Selangit

Tidak cuma Mango Sticky Rice, di Thailand ada lagi dessert yang mungkin asing ditelinga Anda. Tapi rasanya tak kalah enak dengan Mango Sticky Rice. Sekilas bentuknya seperti buah-buahan mungil, tapi jajanan bernama Lhuk Chup ini sebenarnya adalah kue. Camilan ini memakai pasta kacang hijau yang dibentuk sedemikian rupa, kemudian dicelupkan ke dalam pewarna makanan, sehingga terlihat sangat menggemaskan dan tentu saja lezat.

4. Jepang: Makanan Penutup Ini Selembut Kasih Sayangmu

Jepang dikenal dengan sajian makanan yang tidak pernah gagal alias selalu enak, terutama makanan manisnya. Dan salah satu dessert yang sangat populer, bahkan sampai ke Indonesia ini ialah Souffle Cheesecake. Ternyata cheesecake ala Jepang ini dulunya dibawa oleh imigran Amerika Serikat usai perang dunia ke-2, lalu tekstur dan rasanya sedikit diubah menyesuaikan lidah orang Jepang, dan jadilah Souffle Cheesecake seperti sekarang.

Teksturnya super lembut, serta rasa manis dan gurih dari keju bak seperti sedang menari dengan cantik di dalam lidah Anda. Tak kalah populer dengan Souffle Cheesecake, satu lagi dessert khas Jepang yang sedap dipandang serta sedap dimakan, ialah Mochi Ice Cream. Seperti namanya, Mochi Ice Cream terbuat dari dua bahan ini.

Bagian luarnya merupakan adonan mochi yang kenyal, sedangkan bagian dalamnya diisi dengan ice cream yang lembut dan segar. Rasanya kenyal diluar, lembut didalam. Sebuah perpaduan yang sangat menakjubkan di dalam mulut Anda.

5. Spanyol: Renyah Di Luar, Lembut Di Dalam, Disukai Semua Orang

Pada beberapa waktu lalu, lini masa media sosial Indonesia diramaikan dengan tren memasak Churros. Cara memasak serta bahannya yang mudah, membuat warga net berlomba-lomba mencoba tren ini. Tapi, masih ada saja yang gagal membuatnya. Makanan manis dengan bentuk memanjang ini, sejatinya hanya terbuat dari tepung, air, dan gula.

Baca Juga : Misteri Tragedi Bintaro 1987, Terdapat Fakta Menarik Dibaliknya

Lalu untuk menambah cita rasa, biasanya ditambahkan bubuk kayu manis sebagai pelengkap. Bahkan ada juga loh yang menambahkan saus cokelat, keju, dan ice cream sebagai topping. Churros pertama kali dibuat oleh penggembala Spanyol yang hidup nomaden di dataran tinggi untuk menggantikan roti segar. Teksturnya yang renyah diluar, tapi lembut didalam, membuat camilan yang satu ini disukai semua orang.

6. Jerman: Roti Keras Yang Sudah Mendunia

Anda pasti sudah familiar dengan roti berbentuk pita ini? Pretzel merupakan kudapan asal Jerman yang sudah mendunia. Legenda menyebut, Pretzel sudah ada sekitar 615 M dan dibuat oleh para biarawan. Bentuknya yang menyilang seperti pita, ternyata melambangkan sikap tangan seperti sedang berdoa.

Karena sudah mendunia itulah, Pretzel dibuat beberapa versi, ada yang manis dan adapula yang asin. Lalu ada yang teksturnya keras, tapi ada juga yang rasanya lembut ketika digigit. Sejatinya Pretzel memiliki tekstur yang sangat keras, bahkan pernah ada yang mendapatkan memar akibat jatuh dari kursi, karena tersedak makanan penutup ini.

7. Prancis: Walaupun Hangus, Jangan Nilai Dari Penampilannya

Satu lagi makanan manis yang tentunya membuat Anda ngiler berasal dari Prancis. Ternyata dessert yang satu ini memang sengaja dibakar sebagian, agar menjadi karamel. Kalau gosong seharusnya teksturnya keras ya, tapi setelah disendok ternyata sangat creamy dibagian dalam. Ternyata Crème Brûlée terbuat dari campuran susu cream, kuning telur, dan gula.

Baca Juga : Misteri Kesenian Tradisional Nini Thowong, Hingga Ritual Pemanggilan Roh

Pantas saja ya, teksturnya bisa sangat creamy ini. Tidak ada yang mengetahui asal-usul Crème Brûlée secara pasti. Sebab banyak negara di Eropa yang mengklaim bahwa mereka adalah penciptanya. Tapi yang pasti, Crème Brûlée sudah mulai melelehkan lidah orang-orang Eropa dengan kelezatannya sejak tahun 1600an.

Penutup

Selain tahu negara asal dessert kekinian yang sering kita lihat dalam negeri, satu yang paling bahaya, semuanya bikin kita ngiler. Diantara dessert kekinian tadi, mana yang paling favorit buat kamu?

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.