Cara Install TWRP Recovery Oppo Joy R1001 Tanpa PC - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Install TWRP Recovery Oppo Joy R1001 Tanpa PC

TWRP Oppo Joy R1001

Pada artikel yang akan kami buat kali ini adalah tentang cara pasang TWRP Oppo Joy R1001 dengan tanpa menggunakan PC. TWRP ialah singkatan dari Team Win Recovery Project, dimana seorang pengembang Android telah membuatkan sebuah Custom Recovery yang sudah dimodifikasi. Dengan melalui Custom Recovery ini banyak kelebihan dan fitur-fitur menariknya yang tidak akan didapatkan oleh Recovery bawaan pada ponsel.

Maka sebab dari itu banyak pengguna Android yang lebih memilih menginstal Custom Recovery TWRP daripada tetap menggunakan TWRP bawaan itu sendiri, tidak terkecuali bagi pengguna ponsel Oppo Joy R1001. Recovery TWRP ini selain memiliki banyak fitur yang bermanfaat, tetapi juga sering dimanfaatkan untuk menginstal Custom ROM, Root, backup data dan ROM, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang sangat menyukai memodifikasi sistem pada Android baik untuk menuangkan hobinya atau sekedar pekerjaan di bidangnya, maka TWRP ini sangatlah penting sekali di install di perangkat Android. Perlu kalian ketahui bahwa cara memasang Custom Recovery TWRP pada Oppo Joy R1001 ini tidak perlu melakukan Unlock Bootloader atau PC. Kalian hanya cukup menggunakan ponsel Android yang kamu miliki saja itu sudah lebih dari cukup.

Cara Install TWRP Recovery Oppo Joy R1001

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam dunia opreker, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan yang namanya TWRP. Sebelum adanya TWRP, dahulu menu Custom Recovery ini lebih dikenal dengan istilah CWM. CWM maupun TWRP sama-sama memiliki fungsi yang sama, yaitu dapat memudahkan penggunanya untuk menginstal berbagai file zip.

Seiring berkembangnya teknologi, kini banyak pengembang yang telah menciptakan berbagai menu recovery demi memudahkan penggunanya dalam segi apa pun. Antara CWM dan TWRP terdapat beberapa perbedaan yang signifikan, salah satunya adalah CWM masih menggunakan tombol untuk memilih opsinya, sedangkan TWRP sudah menggunakan teknologi layar sentuh untuk memilih setiap opsinya.

Hal-hal seperti Root, Install Custom Rom, Install Tweak, Backup OS semuanya dapat dilakukan sekaligus hanya dengan menjalankan TWRP Recovery. Namun sebelum kalian memulainya, ada baiknya jika kamu Download TWRP Oppo Joy R1001 terlebih dahulu. Tenang saja, kamu dapat mengambilnya melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini secara gratis.

Download TWRP Recovery Oppo Joy

  1. R1001_CWM_Recovery.img
  2. Recoverytools.apk

Persyaratan yang harus dilakukan

  1. Charger baterai ponsel kamu sampai terisi daya mencapai minimal 40%.
  2. Pastikan ponsel kamu sudah di root.
  3. Backup data-data penting yang tersimpan di dalam penyimpanan internal.
  4. Download semua file-file yang dibutuhkan.

Langkah Install TWRP Oppo Joy R1001

  1. Pastikan kamu telah mendownload semua bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Selanjutnya extract file TWRP yang tadi sudah kamu download.
  3. Kemudian pindahkan file R1001_CWM_Recovery.img ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi Recoverytools.apk di ponsel kamu.
  5. Jika sudah berhasil terinstal, kemudian buka aplikasi tersebut.
  6. Jika muncul notifikasi Permintaan Superuser, kemudian klik Ijinkan.
  7. Jika selanjutnya kamu melihat pesan Warning!, pilih saja yang I Know The Risk.
  8. Kemudian selanjutnya pilih menu Recovery From Storage.
  9. Kemudian pilih file TWRP yang tadi sudah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  10. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai proses instalasinya selesai.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil menginstal Custom Recovery TWRP di ponsel Oppo Joy R1001 tanpa menggunakan PC. Untuk mengetahui apakah ponsel Oppo tersebut sudah berhasil di install TWRP atau belum, kamu bisa mengeceknya dengan menekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.

Pengertian TWRP Recovery Dan Fungsinya

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang telah dikembangkan oleh beberapa developer berdasarkan dari CWM. Menu-menu yang terdapat di dalam TWRP Recovery ini juga beragam, mulai dari Install, Wipe, Mount, dan masih banyak lagi. Semua menu tersebut tidak akan kamu temukan di dalam recovery bawaan ponsel.

Pasalnya recovery bawaan hanya memliki sedikit opsi di dalamnya, selain itu semua opsi tersebut tidak dapat melakukan instalasi file zip demi keperluan custom. Maka sebab dari itu banyak pengguna Android yang mencari cara untuk menginstal Custom Recovery TWRP pada ponsel miliknya, salah satunya adalah kalian.

Fungsi TWRP Recovery pada Android

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa antara recovery bawaan dan custom memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Sebagai contoh ialah dengan melalui Custom Recovery, penggunanya dapat melakukan root dengan memflash file zip. Sedangkan jika masih menggunakan recovery bawaan, hal tersebut tidak dapat dilakukan untuk proses root.

Karena sebagian besar pengguna ponsel Android yang memiliki spesifikasi kentang, mereka lebih memilih melakukan root pada ponselnya tersebut demi meningkatkan performa CPU dan mempercepat kinerja RAM sampai ke tingkat maksimal handphone miliknya. Namun untuk dapat berhasil memasang TWRP pada suatu ponsel Android tidaklah sembarangan. Jika kamu asal install dan tidak mengikuti instruksi yang diberikan, bisa-bisa ponsel tersebut akan mengalami error atau bootloop.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Cara Pasang TWRP Oppo Joy R1001 tanpa PC, kamu harus menggunakan aplikasi Rashr dan harus sudah di root terlebih dahulu. Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak bahwa kalian sudah mengunjungi halaman ini dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda