Cara Unlock Bootloader Oppo Joy R1001 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Unlock Bootloader Oppo Joy R1001 Terbaru Dengan Mudah

Unlock Bootloader Oppo Joy R1001

Unlock Bootloader Oppo Joy R1001 merupakan sebuah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan proses root atau install recovery TWRP pada ponsel tersebut. Pada dasarnya sebuah ponsel Android pasti bootloadernya masih dalam keadaan terkunci. Hal ini memungkinkan untuk mencegah terjadinya modifikasi sistem pada ponsel Oppo Joy tersebut.

Akan tetapi apabila kamu hendak ingin melakukan semua hal yang telah disebutkan di atas, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka kunci bootloader tersebut. Jika kalian tidak melakukan cara ini terlebih dahulu, bisa dipastikan untuk proses root maupun install twrp recovery akan mengalami kegagalan.

Setiap ponsel Android yang ingin di unlock bootloader caranya hampir sama, hanya saja yang membedakannya adalah baris perintah yang disesuaikan dengan setiap perangkat, tidak terkecuali Oppo Joy ini. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan unlock bootloader pada Oppo Joy R1001, kamu dapat mengikuti setiap perintah yang telah kami sebutkan di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Pada Ponsel Oppo Joy R1001

Tutorial yang akan kami bahas kali ini sangatlah mudah sekali dilakukan bagi orang awam sekalipun. Walaupun mereka tidak mengerti sama sekali tentang dunia Android, tapi jika mereka ada kemauan dan usaha untuk mencari tahu, maka tidak akan ada kata tidak mungkin di dalamnya. Hal tersebut yang membuat seseorang memiliki pengetahuan yang lebih.

Hal tersebut juga berlaku bagi kamu yang ingin melakukan cara unlock bootloader pada smartphone Android Oppo. Jika kamu memiliki kemauan yang kuat untuk dapat melakukan hal tersebut, maka kamu akan berhasil melakukannya. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Oppo Joy merupakan salah satu ponsel Android kelas menengah ke bawah.

Walaupun demikian, tetap saja masih banyak orang yang masih menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Namun seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun, performa Oppo Joy R1001 semakin lama akan semakin menurun. Untuk mengatasi masalah seperti ini biasanya pengguna Oppo Joy akan melakukan modifikasi dengan cara di root.

Download File Yang Akan Dibutuhkan

  1. Oppo USB Driver
  2. Adb and Fastboot

Langkah Unlock Bootloader Oppo Joy

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download ADB and Fastboot dan Oppo USB Driver versi terbaru terlebih dahulu..
  2. Kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinrRar.
  3. Selanjutnya Install Oppo USB Driver di komputer yang akan digunakan.
  4. Jika sudah, selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock yang terdapat di pengaturan ponsel kamu.
  5. Jika sudah, kemudian langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  6. Maka ponsel akan terdeteksi di PC, harap dipastikan bahwa ponsel sudah benar-benar terdeteksi dengan baik di PC. Jika tidak, coba install kembali driver usb tersebut dengan benar.
  7. Jika ponsel sudah terdeteksi di PC, selanjutnya buka folder Adb and Fastboot yang tadi sudah berhasil kamu extract.
  8. Selanjutnya klik pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift + klik kanan secara bersamaan, kemudian pilih Open command windows here.
  9. Maka selanjutnya kamu akan melihat layar command promt atau cmd.
  10. Pada layar tersebut ketikkan perintah di bawah ini dan tekan enter.
    adb devices
  11. Selanjutnya ketikkan lagi perintah di bawah ini.
    adb reboot bootloader
  12. Setelah berhasil memasukkan perintah tersebut, maka ponsel akan restart dan akan langsung masuk ke dalam mode fastboot.
  13. Selanjutnya masukkan kembali perintah di bawah ini.
    fastboot oem unlock
  14. Terakhir, ketikkan perintah di bawah ini.
    fastboot reboot
  15. Maka kemudian ponsel akan reboot secara otomatis.
  16. Selesai.

Perlu kamu ketahui, bahwa dalam melakukan proses unlock bootloader pada Oppo Joy R1001 harus dilakukan dengan teliti. Hal tersebut dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses unlock bootloader tersebut. Namun, jika kamu mengalami kegagalan dan ponsel mengalami error apa pun yang mengakibatkan menjadi tidak dapat masuk ke dalam menunya, maka kamu harus mengambil tindakan Flashing Oppo Joy R1001.

Apa Itu Bootloader Pada Android

Bootloader adalah sebuah perangkat lunak yang terdapat di dalam ponsel Smartphone Android yang bertanggung jawab untuk menjalankan sistem operasi Android tersebut. Tanpa adanya bootloader ini, biasanya ponsel tidak dapat boot ke dalam OS atau biasanya yang disebut sebagai bootloop. Setiap pabrikan smartphone, biasanya mereka selalu mengunci bootloader tersebut.

Hal ini bermaksud agar keamanan ponsel dapat terjamin dan terjaga dengan baik dari perangkat lunak pihak ke tiga, yaitu agar penggunanya tidak asal sembarangan menginstal software tidak resmi ke dalam sistem operasi Android yang mengakibatkan ponsel mengalami kerusakan pada sistem. Maka sebab dari itu, setiap produsen ponsel selalu membuat bootloadernya terkunci.

Mengapa Bootloader Di Android Terkunci Secara Default

Pabrikan melakukan ini secara khusus agar perangkat tidak memulai sistem operasi lain yang tidak disediakannya. Semua ini adalah pemasaran, produsen tertarik untuk memberi kamu pembaruan sesedikit mungkin, sehingga kamu dalam mengejar versi terbaru dari sistem operasi untuk menghabiskan uang untuk membeli perangkat baru lebih sering.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan proses unlock bootloader pada smartphone Oppo Joy R1001, kamu harus menggunakan sebuah tool yang bernama Adb and Fastboot yang dapat di download secara gratis. Terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman ini, akhir kata kami ucapkan terimakasih dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda