Cara Flash Vivo Y91 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 19 Oktober 2021

Cara Flash Vivo Y91 Semua Model Versi Terbaru

Untuk mengatasi masalah bootloop yang terjadi pada ponsel Vivo Y91 bisa menggunakan cara flashing, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Flash Vivo Y91 biasanya sering dilakukan oleh mereka yang sedang mengalami masalah yang terjadi pada ponsel miliknya. Biasanya permasalahan tersebut meliputi error, ngehang, bootloop, lupa pola kunci layar, atau yang lain sebagainya.

Maka sebab dari itu sebagian besar pengguna Smartphone Vivo Y91 ini lebih memilih menggunakan cara flashing ini. Karena dengan melalui flash dapat mengatasi semua permasalahan di atas hanya dengan sekali jalan saja.

Seperti yang diketahui bahwa untuk dapat melakukan hal tersebut terdapat langkah-langkah yang berbeda, salah satunya ada yang menggunakan PC dan tanpa PC. Kedua metode tersebut sama-sama berfungsi untuk menyelesaikan masalah semacam ini.

Hanya saja, jika menggunakan PC akan memerlukan software atau aplikasi tambahan seperti QFIL. Sedangkan jika menggunakan cara tanpa PC, penggunanya hanya cukup memanfaatkan mode recovery yang terdapat pada Hp Vivo Y91 itu sendiri.

Berbagai Masalah Pada Smartphone Vivo Y91

Vivo Y91 merupakan smartphone kelas menengah yang cukup populer di Indonesia sejak pertama kalinya dirilis ke publik sejak tahun 2018 lalu. Pada saat pertama kali ponsel ini di launching, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk bisa memilikinya.

Karena ponsel tersebut memiliki desain body yang sangat baik dan sudah dilengkapi dengan berbagai spesifikasi yang mumpuni untuk dikelasnya. Sampai saat ini masih saja banyak orang yang mencari harga second dari ponsel Vivo Y91 ini.

Walaupun ponsel Vivo ini sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup baik, akan tetapi seiring berjalannya waktu kualitas dari ponsel tersebut akan mengalami penurunan performa. Bahkan salah satunya ada yang mengalami kerusakan sistem yang cukup parah.

Kerusakan sistem tersebut bisa saja terjadi karena faktor ada yang mengalami aplikasi crash, stuck di logo, restart secara terus menerus, bootloop, lupa kata sandi, atau bahkan mati total. Oleh karena itu agar dapat digunakan kembali, penggunanya harus melakukan flash.

Persiapan Sebelum Melakukan Flashing Pada Ponsel Vivo Y91

Bagi teman-teman yang saat ini sedang mengalami salah satu kerusakan yang terjadi pada ponselnya seperti yang telah disampaikan di atas, kamu bisa mencoba tutorial yang akan saya jelaskan di bawah ini untuk bisa mengatasinya.

Tetapi sebelum kamu memulai proses flashing ini, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Hal tersebut agar dapat membantu kalian untuk memperlancar proses flashing tersebut.

Persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu dapat teman-teman lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Pastikan baterai ponsel Vivo kamu sudah terisi daya mencapai 40% atau lebih.
  • Backup semua data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan kamu telah mempunyai PC atau laptop.
  • Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan untuk mengikuti semua instruksi yang telah saya berikan.

Setelah semua persiapan di atas sudah kamu lakukan semuanya, sekarang waktunya untuk download bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses flashing pada ponsel Vivo ini. Untuk file apa saja yang dibutuhkan, kamu dapat mendownloadnya di bawah ini.

Download semua file yang akan diperlukan

Jika semua file-file di atas sudah teman-teman download semuanya, sekarang kamu sudah bisa melanjutkannya ke tahap flashing. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui tutorial di bawah ini secara lengkap.

Cara Flash Vivo Y91 Dengan PC Atau Tanpa PC

Seperti yang sudah telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa melalui artikel ini saya akan memberitahukan cara flashing untuk ponsel Vivo. Pada tutorial ini, disini saya akan menjelaskan dengan dua metode yang berbeda.

Nanti teman-teman dapat memilih ingin menggunakan cara yang mana dan yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Untuk caranya seperti apa, kamu dapat melihatnya di bawah ini.

1. Flashing via QFIL

Pada cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan aplikasi QFIL yang dapat dijalankan melalui PC. Untuk cara ini, disini saya akan memakai firmware PD1818F menggunakan QFIL untuk memflashnya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menginstal Vivo USB Driver.
  2. Selanjutnya install juga aplikasi QFIL Flashtool QPST yang tadi telah kamu download.
  3. Jika proses instalasinya sudah selesai, kemudian buka aplikasi QFIL tersebut.
  4. Setelah aplikasinya sudah terbuka, kemudian klik tombol Browse.
  5. Lalu cari file firmware yang tadi sudah kamu extract, pastikan format filenya prog_emmc_firehose_8937.mbn.
  6. Selanjutnya klik tombol Load XML yang berada di bawahnya.
  7. Kemudian pilih rawprogram_unsparse_without_qcn.xml, lalu pilih Patch0.xml.
  8. Jika sudah, kemudian matikan ponsel Vivo Y91 kamu sampai dalam keadaan mati.
  9. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Up dan Volume Down secara bersamaan, lalu segera sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  10. Setelah ponsel sudah berhasil terdeteksi di PC, maka tombol Download yang berada di aplikasi QFIL tersebut akan terbuka.
  11. Kemudian klik tombol Download tersebut untuk memulai proses flashing.
  12. Selanjutnya kamu tunggu saja proses flashing tersebut mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  13. Setelah proses flashingnya selesai, maka nanti kamu akan melihat pesan yang bertuliskan Download succeed dan ponsel Vivo Y91 akan merestart secara otomatis.
  14. Selesai.

2. Flashing via SD Card

Cara selanjutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan SD Card. Untuk cara kedua ini kamu tidak perlu menggunakan PC, kamu hanya cukup menggunakan ponsel Vivo itu sendiri.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download stock rom Vivo Y91 dahulu melalui link di atas.
  2. Selanjutnya pindahkan file firmware tersebut ke dalam SD Card.
  3. Selanjutnya pasang lagi kartu memori tersebut ke dalam ponsel Vivo kalian.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Vivo Y91 kamu dan masuk ke dalam Fastboot Mode.
  5. Untuk dapat masuk ke dalam mode fastboot silahkan menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  6. Jika prosesnya berhasil, maka akan masuk ke dalam tampilan fastboot.
  7. Pada tampilan fastboot tersebut, selanjutnya pilih Recovery Mode.
  8. Maka nanti kamu akan diarahkan ke tampilan recovery. Kemudian pilih Install Update dan pilih SD Card.
  9. Kemudian cari file firmware yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam SD Card tersebut, selanjutnya klik tombol Yes untuk memulai proses flashing.
  10. Kemudian kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, maka nanti kamu akan melihat pesan update sukses.
  12. Kemudian klik tombol back dan pilih Reboot untuk memuat ulang ponsel Vivo.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flashing pada ponsel Vivo Y91. Sekarang semua permasalahan yang sebelumnya terjadi sudah berhasil teratasi semuanya dengan mengikuti metode di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi masalah yang terjadi akibat kerusakan sistem pada ponsel Vivo Y91, kamu bisa menggunakan langkah flashing. Karena flashing ini dapat mengembalikan kondisi ponsel ke dalam setelan pabrik dan semua kerusakan lainnya dapat segera teratasi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments