Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H - Tips Tutorial Bersama

Senin, 29 November 2021

Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Flash Samsung J100H merupakan sebuah langkah yang biasa dilakukan oleh pengguna ponsel Android untuk menginstal ulang perangkat mereka. Untuk teman-teman yang ingin melakukan hal tersebut pada Smartphone Galaxy J1, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Biasanya jika pengguna Android ingin melakukan proses flashing, telah terjadi suatu masalah yang serius terhadap ponsel tersebut seperti bootloop atau masalah sistem lainnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan dari mereka sendiri yang ingin melakukan kustomisasi.

Seperti yang diketahui, bahwa saat proses modifikasi sedang berlangsung dan tiba-tiba mengalami kegagalan, maka biasanya akan terjadi kerusakan pada sistem operasi Androidnya. Nah, karena persoalan seperti ini mengapa sering terjadi bootloop pada perangkat Android, termasuk Samsung Galaxy J1 SM-J100H.

Apa Itu Flashing?

Flashing adalah suatu proses atau langkah-langkah yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel Android yang ingin melakukan install ulang terhadap Smartphone tersebut. Dengan melakukan flash ini, maka semua permasalahan yang terjadi pada sistemnya akan segera teratasi.

Semua permasalahan tersebut biasanya meliputi Bootloop, Lupa Pola / Kata Sandi, Stuck Logo, Restart terus-menerus, Ngelag, Softbreak, atau masalah lainnya. Sebenarnya untuk dapat menginstal ulang pada perangkat Android dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda.

Salah satunya adalah dengan menggunakan metode Factory Reset dan Flash via Odin. Akan tetapi kedua hal tersebut memiliki perbedaan satu sama lain. Jika seseorang menggunakan cara factory reset, biasanya prosesnya hanya sekedar install ulang atau mengembalikan ke pengaturan pabrik saja.

Sedangkan pada flashing akan sedikit berbeda, yaitu proses install ulang akan menggunakan stock rom / firmware bawaan dari ponsel itu sendiri. Oleh karena itu flash biasanya akan jauh lebih ampuh untuk mengatasi error yang terjadi pada sistem Androidnya.

Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas bahwa dalam artikel kali ini, disini saya akan memberikan tutorial Cara Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H via Odin. Metode ini merupakan salah satu langkah yang sangat tepat untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada ponsel Android.

Namun perlu kalian ketahui, bahwa untuk dapat melakukan proses flashing Samsung Galaxy J1 SM-J100H via Odin akan menghapus seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal ponsel.

Jadi, sebelum memulai prosesnya pastikan bahwa kamu sudah backup seluruh data tersebut ke dalam PC atau SD Card. Nah, sebelum kamu mengetahui cara mengatasi masalah bootloop tersebut, kamu harus mengetahui dahulu semua persyaratan yang akan diperlukan.

Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

  • Isi baterai ponsel Samsung J1 sampai terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Backup seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Siapkan kabel USB, PC atau laptop, dan koneksi internet yang stabil.
  • Install Samsung USB Driver di PC atau laptop.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.

Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Langkah-langkah flashing

Setelah kalian sudah selesai download semua file-file di atas, termasuk aplikasi Odin flash tool, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap flashing. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya matikan Samsung Galaxy J1 J100H kamu sampai dalam keadaan mati total dan boot ke dalam Mode Download.
  5. Untuk caranya tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  6. Maka nanti kamu akan melihat layar yang bertuliskan Warning.
  7. Pada layar tersebut tekan tombol Volume Up untuk masuk ke Download Mode.
  8. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Selanjutnya buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract dengan cara Run as Administrator.
  10. Setelah aplikasinya berhasil terbuka, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru. Hal tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil terdeteksi di Odin.
  11. Selanjutnya klik pada bagian AP dan cari file firmware yang tadi telah kamu extract.
  12. Selanjutnya pilih firmware tersebut dan klik Open.
  13. Selanjutnya klik Start untuk memulai proses flashing.
  14. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai proses flashing selesai.
  15. Jika prosesnya sudah selesai, maka nanti kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau.
  16. Maka nanti ponsel akan langsung restart secara otomatis.
  17. Selesai.

Dengan begini ponsel Samsung J1 kalian sudah berhasil melakukan flashing dengan menggunakan aplikasi Odin. Jika saat proses kalian mengalami kegagalan, coba menggunakan versi Odin yang lainnya. Karena hal tersebut salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan.

Kesimpulan

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Flash Samsung J100H dengan menggunakan firmware atau stock rom yang telah saya berikan. Akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman ini. Semoga dengan tutorial yang telah saya berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments