Cara Flash Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G - Tips Tutorial Bersama

Senin, 29 November 2021

Cara Flash Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G

Cara Flash Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G

Cara Flash Hp Samsung A6 Plus biasanya sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna ponsel yang satu ini untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem Androidnya. Semua permasalahan tersebut sebagian besar disebabkan oleh lupa pola atau mengalami bootloop.

Seperti yang telah diketahui, bahwa perangkat Samsung yang satu ini telah resmi dirilis sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Ketika pada saat peluncuran tersebut, ponsel ini dikenalkan ke publik berbarengan dengan tipe Samsung A6.

Kedua Smartphone Android besutan Samsung tersebut memiliki desain body yang sama persis, bahkan tampak sekilas hampir sulit untuk dibedakan. Selain itu, ponsel A6 dan A6 Plus menjadi salah satu ponsel terlaris dipasaran sejak masa itu.

Jika kamu pengguna setia dari ponsel ini dan sedang mengalami kerusakan terhadap sistemnya, maka kamu bisa mencoba metode yang satu ini untuk mengatasinya, yaitu dengan cara flashing menggunakan aplikasi Odin.

Di dalam tutorial yang akan saya sampaikan ini, disini saya akan menggunakan file firmware versi terbaru, yaitu dengan menggunakan Android 10 (Q). Jadi, untuk kalian yang ingin mencobanya maka bisa langsung ikuti langkah-langkah ini.

Persiapan Sebelum Memulai Flashing

Sebelum memulai proses flash terhadap ponsel Samsung SM-A605G ini, pastikan dulu bahwa kamu sudah mengikuti semua persiapan di bawah ini. Karena semua persiapan tersebut bisa menjadi penentu apakah prosesnya akan berjalan lancar atau tidak.

Berikut ini adalah daftar persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu:

  • Pastikan bahwa kamu sudah mempunyai PC / laptop.
  • Kabel USB Samsung.
  • Install Samsung USB Driver di PC / laptop yang akan digunakan.
  • Download semua file-file yang akan diperlukan.
  • Backup semua data-data penting yang terdapat di penyimpanan internal.
  • Koneksi internet yang stabil.

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu sudah dapat download bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses flashing ini.

Download Semua File Yang Diperlukan

Di bawah ini telah saya siapkan beberapa bahan yang akan dibutuhkan untuk membantu proses flash terhadap perangkat Samsung Galaxy tersebut. Kamu bisa langsung mengambilnya melalui link di bawah ini secara gratis.

Berikut ini adalah semua file yang harus kamu download:

Nah, setelah semua bahan-bahan di atas sudah kamu download semuanya, sekarang kamu bisa langsung menuju tahap flashing dengan mengikuti penjelasan di bawah ini.

Cara Flash Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G

Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G merupakan salah satu Smartphone Android yang cukup terkenal untuk kelas menengah. Karena pada ponsel ini sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE dan prosesor Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm), CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 506.

Walaupun ponsel ini sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang lumayan untuk di kelasnya, tetapi terkadang ada saja kendala di suatu hari. Misalnya saja seperti mengalami bootloop atau lupa kata sandi untuk membuka kunci layarnya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka penggunanya harus mengambil tindakan flashing dengan menggunakan stock rom firmware dari ponsel itu sendiri. Beruntung, karena disini saya telah menyiapkan file firmware terbaru yang sudah menggunakan Android 10.

Langkah-Langkah Flashing Dengan Menggunakan Odin

Seperti yang telah saya janjikan melalui judul artikel ini, bahwa disini kamu bisa mengikuti langkah-langkah untuk memulai proses flashing. Sebelum memulainya, pastikan kamu selalu mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan benar.

Berikut ini adalah semua langkah-langkah flashing via aplikasi Odin:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Samsung A6 Plus tersebut, lalu boot ke dalam Download Mode.
  5. Untuk dapat masuk ke dalam Mode Download, pertama sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  6. Lalu tekan dan tahan tombol Vol Up + Volume Down + Power secara bersamaan.
  7. Maka nanti kamu akan melihat layar yang bertuliskan Warning.
  8. Lalu tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan ke Download Mode.
  9. Selanjutnya buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract dengan cara Run as administrator.
  10. Lalu pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru, hal tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil terdeteksi di Odin.
    Cara Flash Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G #1

  11. Selanjutnya klik tombol AP lalu cari file firmware Samsung A6 Plus yang awalan depannya AP juga.
  12. Untuk bagian kolom BL, CP, dan CSC lakukan hal yang sama.
  13. Selanjutnya klik Start untuk memulai proses flashing Samsung Galaxy A6 Plus.
  14. Lalu tunggu sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  15. Setelah proses flashing selesai, maka akan muncul tulisan PASS yang berwarna hijau dan ponsel akan restart secara otomatis.
    Cara Flash Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G #2

  16. Selanjutnya kamu bisa melepaskan ponsel dari PC dan tunggu sampai ponsel berhasil booting ke dalam OSnya.
  17. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan download firmware dan cara flashing Samsung Galaxy A6 Plus dengan menggunakan aplikasi via Odin. Sekarang ponsel kamu sudah kembali dalam keadaan normal dan sebelumnya yang mengalami error sudah berhasil teratasi.

Kesimpulan

Akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman ini. Semoga dengan tutorial yang telah saya berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman dan dapat membantu memperbaiki semua kerusakan yang terjadi pada sistem Androidnya.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: