Cara Root Samsung Galaxy J1 SM-J100H - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 02 Desember 2021

Cara Root Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Cara Root Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Cara Root Samsung Galaxy J1 SM J100H merupakan sebuah proses atau langkah yang biasa dilakukan oleh pengguna Android yang ingin melakukan kustomisasi terhadap ponselnya. Jika saat ini kamu ingin melakukan hal tersebut, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan melalui artikel ini.

Sebenarnya untuk dapat melakukan root terhadap ponsel Samsung yang satu ini dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Dengan menggunakan PC, maka akan membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Odin.

Sedangkan untuk yang tanpa PC, maka akan memerlukan sebuah recovery TWRP. Karena melalui TWRP tersebut akan memflash file root yang bernama Magisk.zip atau SuperSU.zip. Namun pada tutorial ini, disini saya akan menjelaskan dengan yang menggunakan Odin.

Apa Itu Root?

Root adalah sebuah metode atau istilah yang sering diucapkan oleh para pengguna Android yang ingin melakukan modifikasi terhadap sistem Androidnya. Dengan melakukan root terhadap perangkat Android, penggunanya dapat melakukan banyak hal seperti menginstall custom rom.

Tidak hanya custom rom saja, melainkan masih terdapat keuntungan lainnya yang tidak akan ditemukan pada perangkat yang masih menggunakan pengaturan pabrik. Salah satunya ialah dapat menghapus aplikasi bawaan dan mampu mengontrol kecepatan CPU secara bebas.

Walaupun terdapat banyak kelebihan dan keuntungannya, tetapi root juga memiliki dampak buruknya. Bahkan salah satu dampak terbesarnya dapat mengakibatkan kerusakan sistem atau istilahnya bootloop. Dengan begitu, maka nantinya ponsel tidak akan dapat masuk ke dalam OS.

Cara Root Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Samsung Galaxy J1 SM-J100H salah satu produk Smartphone Android besutan Samsung yang resmi diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Tipe ponsel yang satu ini dikhususkan untuk para kelas menengah ke bawah, karena memiliki harga yang cukup rendah dan spesifikasi yang minim.

Spesifikasi yang diberikan terhadap ponsel Samsung J1 ini telah dibekali dengan ukuran layar 4,3” dengan resolusi 480 x 800 pixel. Sedangkan untuk bagian jaringannya masih memakai jaringan 2G dan 3G dengan kekuatan frekuensi sebesar 850 / 900 / 1800 / 1900.

Selain itu pada bagian penyimpanan internalnya telah dibekali dengan kapasitas sebesar 4 GB dan RAM 512 MB. Sedangkan untuk bagian Chipset masih menggunakan Spreadtrum, CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7, GPU Mali-400.

Oleh karena itu mengapa banyak orang yang ingin melakukan root terhadap Samsung J1 SM-J100H ini. Karena dalam segi spesifikasi dan performa masih kurang jauh di atas rata-rata. Nah, jika kamu ingin melakukan root pada ponsel ini, kamu harus mengetahui dahulu syarat-syaratnya.

Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

  • Isi baterai ponsel Samsung J1 sampai terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Backup seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Siapkan kabel USB, PC atau laptop, dan koneksi internet yang stabil.
  • Install Samsung USB Driver di PC atau laptop.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.

Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Langkah-langkah root via Odin

Setelah kamu telah mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan di atas, sekarang kamu dapat melanjutkannya ke tahap root Samsung J1 SM-J100H. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging pada perangkat kalian.
  5. Untuk dapat melakukannya silahkan buka menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Software Information >> lalu tap 7x pada bagian Build Number.
  6. Maka nanti akan muncul Opsi Pengembang.
  7. Selanjutnya kembali ke menu Pengaturan >> Opsi Pengembang >> lalu aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  8. Selanjutnya matikan ponsel J1 kamu dan boot ke Download Mode.
  9. Untuk dapat masuk ke download mode dengan cara menekan tombol Volume Bawah + Home + Power secara bersamaan.
  10. Setelah muncul logo Samsung, lalu lepaskan ketiga tombol tersebut.
  11. Maka nanti kamu akan melihat layar yang bertuliskan Warning.
  12. Lalu tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkannya ke dalam Mode Download.
  13. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  14. Lalu buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract dengan cara Run as administrator.
  15. Jika ponsel sudah berhasil terdeteksi di Odin, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru. Lalu pada bagian Log akan muncul pesan added.
  16. Selanjutnya klik tombol PDA / AP, lalu cari file root yang tadi telah kamu extract dan pilih file boot.tar.md5, lalu klik Open.
  17. Selanjutnya klik Start untuk memulai proses rooting, maka nanti prosesnya akan langsung berjalan secara otomatis.
  18. Kemudian kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  19. Jika prosesnya selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau.
  20. Selanjutnya lepaskan ponsel dari PC.
  21. Selesai.

Kesimpulan

Sampai disini kamu telah selesai melakukan root pada ponsel Samsung Galaxy J1 SM-J100H dengan menggunakan file root yang telah saya berikan. Sekarang kamu dapat mengeceknya melalui aplikasi Root Checker untuk memastikan apakah ponsel sudah di root atau belum.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments