Cara Root Realme 3 Pro Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 01 Desember 2021

Cara Root Realme 3 Pro Dengan Tepat

Cara Root Realme 3 Pro Dengan PC Atau Tanpa PC

Pada artikel yang akan saya bagikan kali ini, disini saya akan memberikan sebuah tutorial yang cukup bermanfaat untuk teman-teman. Ingin tahu seperti apa tutorial tersebut, yuk langsung disimak aja semua penjelasannya mengenai Cara Root Realme 3 Pro di bawah ini.

Seperti yang diketahui, bahwa untuk dapat melakukan root pada ponsel Android terdapat dua cara yang berbeda, salah satunya adalah dengan menggunakan PC dan tanpa PC. Apa lagi jika perangkat ponselnya telah menggunakan produk dari Realme.

Sebagian besar pengguna ponsel Android yang satu ini sering kali mengalami kesulitan saat ingin melakukan root pada ponselnya. Karena setiap produk dari Realme terdapat beberapa langkah yang berbeda dari ponsel Android lain pada umumnya.

Nah, untuk teman-teman yang saat ini ingin mengetahui Cara Root Realme 3 Pro, kamu dapat melihatnya melalui langkah-langkah dibawah ini. Akan tetapi sebelum memulainya, ada baiknya jika kamu juga mengetahui beberapa informasi tambahan lainnya.

Apa Itu Root?

Root adalah sebuah proses atau istilah yang sering diucapkan oleh pengguna ponsel Android yang ingin melakukan langkah modifikasi pada smartphonenya tersebut. Dengan me-root ponsel, maka mereka dapat melakukan banyak hal pada handphonenya tersebut.

Salah satunya dapat meningkatkan performa CPU agar dapat berjalan lebih cepat dan tidak ngelag, menginstal custom rom, install berbagai module atau tweak, menghapus aplikasi bawaan, atau mengedit tema ponsel agar menjadi jauh lebih keren.

Walaupun dengan root tersebut terdapat keuntungan yang menggiurkan, namun dibaliknya terdapat kerugian yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Tetapi sampai saat ini masih saja sebagian besar ada yang menghiraukan kerugian tersebut.

Keuntungan Dan Kerugian Melakukan Root Pada Ponsel Android

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa dengan melakukan root terdapat banyak keuntungan yang akan didapatkan. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui keuntungan dan kerugian lainnya melalui daftar di bawah ini.

Keuntungan

  • Memiliki kendali penuh terhadap sistem Android.
  • Dapat mengatur dengan bebas performa dari CPU secara bebas.
  • Mampu menginstal aplikasi mod yang sudah dimodifikasi oleh pengembang pihak ketiga.
  • Dapat menginstal custom rom agar menjadi lebih ringan atau keren.
  • Yang paling penting dapat melakukan apa saja pada ponsel yang sudah di root.

Kerugian

  • Garansi resmi akan hilang.
  • Ponsel rentan terkena virus atau malware.
  • Pemakaian baterai akan jauh lebih boros.
  • Ponsel akan cepat panas ketika dimainkan.
  • Dapat menyebabkan kerusakan sistem seperti bootloop.

Nah, itu beberapa keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapatkan setelah melakukan root pada ponsel Android. Jika kamu sudah bersiap akan semua hal di atas, maka kamu bisa melanjutkannya ke tahap persyaratan yang diperlukan.

Syarat Sebelum Melakukan Root

Jika kamu ingin melakukan root tanpa mempersiapkan semua apa saja yang akan diperlukan, hal tersebut dapat mengakibatkan kegagalan selama proses rooting tersebut berlangsung. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan semua hal yang diperlukan.

Untuk mengetahui hal apa saja yang akan diperlukan, kamu dapat melihatnya melalui daftar di bawah ini.

  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Backup semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan sudah melakukan Unlock Bootloader dan install Recovery TWRP pada ponsel.
  • Selalu mengikuti setiap instruksi yang telah saya berikan disini.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.

Setelah semua persyaratan di atas sudah kamu lakukan semuanya, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap root ponsel Realme 3 Pro. Untuk kamu yang ingin mengetahui langkah-langkahnya, kamu dapat melihat tutorialnya di bawah ini.

Cara Root Realme 3 Pro Dengan PC Atau Tanpa PC

Seperti yang diketahui bahwa Realme 3 Pro merupakan salah satu perangkat Android yang memiliki spesifikasi yang cukup lumayan. Karena ponsel ini sudah dilengkapi dengan chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver).

Selain itu penyimpanan pada ponsel ini juga sudah tersedia kapasitas 64 GB dan RAM 4 GB. Oleh karena itu, ponsel Realme 3 Pro ini sudah sangat baik untuk bermain game HD. Walaupun demikian, masih saja banyak orang yang masih kurang dengan performa tersebut.

Untuk dapat melakukan root pada ponsel Realme yang satu ini terdapat dua cara yang berbeda, pertama bisa menggunakan tanpa PC dan yang kedua akan menggunakan PC. Jadi, kamu bisa memilih ingin menggunakan cara yang mana sesuai dengan kemampuan kalian.

1. Proses root tanpa pc

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan tanpa PC. Karena cara ini adalah cara termudah untuk melakukan root pada ponsel Android. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download aplikasi KingRoot versi terbaru.
  2. Selanjutnya install apk tersebut di ponsel Realme kalian masing-masing.
  3. Setelah proses instalasinya sudah selesai, kemudian buka aplikasi tersebut.
  4. Setelah aplikasinya berhasil terbuka, kemudian klik pada Try It untuk memulai proses rooting.
  5. Pastikan koneksi internet pada ponsel kalian dalam kondisi stabil. Karena proses root dengan cara ini akan membutuhkan koneksi internet.
  6. Setelah proses rooting nya sudah mencapai 100%, kemudian restart ponsel tersebut.
  7. Selesai.

2. Proses root dengan pc

Cara kedua yang akan saya jelaskan berikutnya adalah dengan menggunakan Custom TWRP Recovery. Untuk kamu yang belum mempunyai twrp pada ponsel Realme 3 Pro tersebut, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasangnya.

Langkah 1

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Realme USB Driver, ADB and Fastboot, TWRP Realme 3 Pro, Magisk.
  2. Setelah semua file tersebut sudah berhasil di download, kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinRar.
  3. Selanjutnya Install Realme USB Driver di PC atau laptop kalian.
  4. Jangan lupa juga untuk menginstal Adb and Fastboot sesuai instruksi yang telah diberikan pada postingan di link download tersebut.
  5. Selanjutnya pindahkan file twrp yang tadi telah kamu download ke dalam folder adb and fastboot.
  6. Jika semua hal di atas sudah berhasil kamu lakukan semuanya, selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  7. Untuk dapat melakukannya buka menu Pengaturan >> Opsi Pengembang >> kemudian aktifkan tombol OEM Unlock dan USB Debugging.
  8. Jika sudah, selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Selanjutnya buka folder adb and fastboot yang tadi telah kamu extract di PC, kemudian buka layar command prompt.
  10. Untuk dapat membuka tampilan command prompt atau cmd, kamu bisa mengikuti tutorialnya melalui link download adb and fastboot.
  11. Jika tampilan cmd sudah berhasil terbuka, kemudian masukkan perintah ini adb reboot bootloader agar ponsel masuk ke dalam Fastboot Mode.
  12. Jika pada ponsel muncul pesan perizinan, silahkan kamu beri izin dahulu.
  13. Jika ponsel sudah berhasil masuk ke dalam mode fastboot, kemudian masukkan perintah ini fastboot flash recovery twrp-3.3.3.1-1-RMX1851.img.
  14. Selanjutnya masukkan lagi perintah ini fastboot reboot di layar cmd.

Langkah 2

  1. Maka nanti ponsel akan langsung restart dan masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  2. Jika pada ponsel kamu tidak langsung masuk secara otomatis, kamu bisa matikan ponsel Realme sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  3. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan. Maka nanti ponsel akan langsung masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  4. Selanjutnya pada menu utama dari TWRP, pilih menu Install.
  5. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  6. Setelah ketemu, kemudian pilih file Magisk tersebut dan Swipe to confirm flash.
  7. Kemudian kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  8. Setelah prosesnya selesai, kemudian klik Reboot System.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil melakukan proses root dengan menggunakan TWRP Recovery. Setelah ponsel berhasil menyala dan masuk ke dalam OS nya, maka kamu akan melihat aplikasi Magisk Manager. Aplikasi tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root.

Namun, jika kamu masih belum yakin apakah sudah di root atau belum, kamu dapat mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang dapat di download secara gratis melalui Google Play Store.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan proses Cara Root Dan Pasang TWRP Realme 3 Pro, kamu bisa mengikuti semua langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ingin melalui TWRP atau aplikasi KingRoot.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments