Cara Update Driver Di Windows Secara Otomatis - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 04 Desember 2021

Cara Update Driver Di Windows Secara Otomatis

Cara Update Driver Di Windows Secara Otomatis

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai cara Update Driver di PC atau laptop dengan otomatis menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Driver Talent Pro. Untuk kalian yang ingin mengetahui caranya, kamu bisa melihatnya melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Seperti yang diketahui, bahwa setiap perangkat komputer windows yang habis di install ulang akan memerlukan sebuah driver yang harus di install. Karena melalui perangkat lunak tersebut dapat menjalankan berbagai fitur yang ada di komputer seperti Audio, LAN, WIFI, Grafik, atau lain sebagainya.

Oleh karena itu, melalui postingan ini saya akan membantu teman-teman yang ingin menginstal driver di PC atau laptop. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan untuk kalian yang ingin update versi dari driver yang sudah terinstal ke versi yang lebih baru. Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Apa Itu Driver?

Driver merupakan sebuah perangkat lunak yang tersedia di dalam sistem operasi windows yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras yang ada di komputer. Setiap driver yang ada di windows untuk mampu menjalankan berbagai fitur yang tersedia di PC.

Bisa dikatakan bahwa driver merupakan sebagai media perantara untuk menghubungkan antara perangkat keras dan perangkat lunak agar dapat beroperasi semestinya. Selain itu, setiap komputer wajib melakukan update driver terbaru.

Jika tidak, maka dikemudian hari jika kalian ingin menginstal sebuah software yang telah menggunakan versi terbaru, ada kalanya aplikasi tersebut tidak akan terinstal. Karena biasanya aplikasi atau software tersebut dirancang untuk versi driver yang paling baru.

Cara Mengetahui Driver Yang Belum Terinstal Di Windows

Mungkin di antara kalian semua ada yang tidak mengetahui bagaimana mengecek apakah PC atau laptop sudah terinstal drivernya. Untuk dapat mengeceknya kamu tidak perlu menggunakan software apapun, karena bisa dilihat melalui program yang tersedia bawaan dari setiap windows.

Nah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik kanan pada shortcut My computer >> Manage.
  2. Maka nanti kamu akan melihat jendela dari Computer Management.
  3. Lalu pilih menu Device Manager yang terletak di menu sebelah kiri.
  4. Lalu pada layar sebelah kanan kamu akan melihat tulisan yang diiringi dengan ikon tanda seru.
  5. Nah, pada ikon tersebut menandakan bahwa drivernya belum terinstal.

Jadi, kamu harus menginstalnya dahulu jika ingin komputer kalian dapat bekerja secara maksimal. Satu hal yang harus kalian ketahui, pastikan selalu lihat nama dari driver untuk menjalankan programnya.

Cara Install Atau Update Driver Di PC Tanpa Ribet

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa melalui artikel ini saya akan membantu teman-teman yang ingin melakukan proses install atau Update Driver Online. Cara ini juga dapat dilakukan terhadap perangkat monitor printer yang ingin diperbarui versi drivernya.

Dengan mengikuti tutorial ini, kamu bisa memulai proses pembaruan driver dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari satu persatu dari tipe dan jenis driver tersebut.

Karena melalui aplikasi pencari driver ini akan membantu mempermudah untuk mengetahui driver apa saja yang belum terinstal atau yang sudah tersedia updatenya. Untuk pemakaiannya pun sangat mudah, aplikasi ini juga dapat digunakan di Windows 7 atau Windows 10.

Langkah-langkahnya

Sebenarnya untuk dapat install driver secara otomatis dapat dilakukan dengan berbagai cara dan banyak software yang menyediakan fungsi yang serupa. Hanya saja dari sekian banyaknya aplikasi tersebut tidak ada yang mampu menginstal semua driver yang ada.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbarui driver dan dapat digunakan untuk semua sistem operasi windows:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Driver Talent Pro v8.0.5.16.
  2. Kemudian install software tersebut di PC atau laptop yang akan digunakan.
  3. Setelah proses instalasinya selesai, lalu buka aplikasi tersebut.
  4. Setelah aplikasinya terbuka, lalu klik Scan untuk melihat driver apa saja yang belum di install atau update.
  5. Maka nanti kamu akan melihat semua daftar dari driver yang ingin di update.
  6. Lalu pilih salah satu driver yang ingin di update atau install dengan cara klik tombol yang ada di bawah menu Action.
  7. Maka nanti prosesnya akan langsung berjalan.
  8. Kemudian install atau update semua driver dari daftar tersebut.
  9. Jika semuanya sudah terupdate, lalu restart PC atau laptop kalian.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses pembaruan driver dengan menggunakan aplikasi yang telah saya berikan di atas. Cara ini pun jauh lebih simple dan cepat jika dibandingkan melalui menu windows update yang ada di pengaturan windows.

Pastikan kamu selalu mengecek secara rutin untuk mengetahui komputer yang memiliki driver versi terbaru. Dengan begitu, PC kalian akan selalu terupdate dan tidak akan mengalami ketinggalan dari pembaruan-pembaruan lainnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Update Driver Windows 10 bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya secara manual dengan mendownload driver satu persatu dan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi pencari driver.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments