Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Sempurna - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 03 Desember 2021

Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Sempurna

Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Sempurna

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan memberikan sedikit tips untuk ibu-ibu yang gemar memasak camilan dalam Cara Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Sempurna. Mengapa saya mengambil topik seperti ini? Karena akhir-akhir ini banyak kuliner seperti donat yang mempunyai berbagai varian.

Seperti yang diketahui, bahwa donat merupakan salah satu camilan yang cukup terkenal di Indonesia, bahkan sampai di seluruh dunia. Banyak masyarakat dari berbagai kalangan usia yang menyukai mengkonsumsi camilan manis ini untuk waktu berkumpul bersama keluarga.

Kuliner yang satu ini memiliki ciri-ciri yang khas seperti berbentuk lingkaran atau bagian tengahnya terdapat lubang yang tampak menyerupai sebuah cincin. Dengan ditaburi topping di atas atau di dalamnya membuat camilan ini semakin menarik dan menggoda selera.

Nah, jika di antara teman-teman ada yang menyukai makan donat, maka tidak ada salahnya jika kamu juga mencoba untuk Cara Membuat Donat sendiri dengan kreasi kalian masing-masing. Dengan begitu donat yang kamu buat tersebut akan menjadi unik dan tidak sama seperti donat lain pada umumnya.

Melalui postingan yang akan saya buatkan kali ini, saya akan membagikan sebuah resep tentang cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna tanpa kentang. Karena kentang biasanya digunakan untuk membuat rasa yang berbeda dari donat itu sendiri.

Apa Itu Donat?

Donat adalah sebuah makanan ringan yang digoreng dan berbentuk lingkaran serta dibagian tengahnya berlubang. Donat juga biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, telur, dan mentega.

Banyak yang mengatakan asal usul donat itu berawal dari mana dan sempat menjadi perdebatan pada beberapa tahun yang lalu. Ada yang mengatakan kalau donat itu berasal dari wilayah Amerika Utara yang dibawa oleh seorang imigran dari Belanda.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa donat berbentuk seperti cincin yang dibuat oleh kapten kapal yang berasal dari Denmark yang bernama Hanson Gregory. Selain itu asal mula nama donat berasal dari kata doughnuts yang dituliskan pada buku History of New York oleh Washington Irving pada tahun 1809.

Tapi siapa sangka bahwa camilan yang berbentuk sederhana ini semakin lama semakin diminati oleh banyak orang sebagai hidangan penutup. Bahkan sekarang donat sudah tersedia berbagai variasi dan bermacam-macam rasa dan toping di atasnya.

Rahasia Membuat Donat Empuk Dan Mengembang Sempurna

Sebelumnya pernah ada seseorang yang bertanya mengenai apakah cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna tanpa telur bisa dilakukan. Jawabannya tentu saja bisa, karena telur merupakan salah satu bahan utama untuk membuat adonan agar dapat mengembang.

Mungkin pertanyaan tersebut dilontarkan oleh mereka yang belum memahami betul akan adonan pembuatan donat tersebut atau bisa saja karena ia baru pertama kali untuk mencoba membuatnya. Pada kenyataannya bahan-bahan dasar untuk membuat donat memiliki bahan yang sama seperti pada umumnya.

Hanya saja yang menjadi perbedaannya dari cara mereka mengolah adonan tersebut dengan benar atau tidak. Jika mengolah dan mencampur bahan yang tidak tepat, maka adonan donat tidak akan dapat mengembang secara sempurna.

Menggunakan Bahan Dasar Dan Takaran Yang Tepat

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa untuk dapat membuat adonan agar bisa mengembang dengan sempurna, maka gunakan bahan-bahan yang tepat. Nah, untuk bahan-bahannya apa saja dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Tepung terigu protein sedang.
  • Ragi instan.
  • Mentega.
  • Telur.
  • Gula.
  • Susu cair.
  • Bread improver.

1. Tepung terigu protein sedang

Tepung terigu protein sedang merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat adonan donat menjadi bertekstur lembut dan empuk. Karena donat yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu protein sedang dapat membuat adonan mengembang dengan sempurna.

2. Ragi instan

Ragi instan biasanya digunakan ketika saat sedang mencampur bahan dasar lainnya ke wadah pengadukan adonan sampai kalis. Menurut beberapa sumber, penggunaan ragi instan lebih baik menggunakan kemasan kecil agar dapat langsung habis setelah dipakai. Jika menggunakan kemasan ragi instan yang sebelumnya, bisa mengakibatkan adonan donat menjadi gagal.

3. Mentega

Mentega juga salah satu bahan dasar yang dapat membuat adonan menjadi bertekstur lembut dan empuk. Selain itu, mentega juga mempunyai cita rasa yang khas dibandingkan dengan menggunakan margarin. Tidak hanya itu saja, takaran yang tepat dari mentega juga dapat membuat adonan menjadi empuk dan lembut.

4. Telur

Telur digunakan untuk membuat rasa pada adonan dan juga sebagai bahan pengembang untuk donat. Jika kamu menggunakan telur semakin banyak, maka akan membuat adonan menjadi semakin lembut dan halus.

5. Gula

Untuk penggunaan dan penambahan gula pada setiap adonan, lebih baik menggunakan takaran yang sesuai seperti resep yang telah diberikan. Sedangkan untuk penambahan gula, lebih baik menggunakan gula halus daripada gula pasir. Karena gula halus lebih cepat merata ke dalam adonan jika dibandingkan dengan gula pasir yang memiliki bentuk lebih besar.

6. Susu cair

Susu cair juga dapat menambahkan cita rasa terhadap adonan dan akan membuatnya semakin lembut. Nah, jika kamu tidak mempunyai susu cair sebagai bahan dasar membuat donat, kamu juga bisa menggunakan air matang.

7. Bread improver

Bread improver berfungsi agar adonan cepat mengembang dan tidak akan membuat adonan mengeras ketika sudah dalam kondisi dingin. Penambahan bahan ini telah dianjurkan oleh beberapa chef profesional dalam pembuatan donat.

Cara Membuat Donat Empuk Sempurna

Jika kamu sudah tidak sabar lagi ingin segera mengetahui cara membuat donat agar menjadi lebih bertekstur empuk, kamu bisa langsung mengikuti penjelasan yang telah disampaikan di bawah ini.

Selain itu, cara ini juga dapat diterapkan untuk siapa saja yang ingin tidak menggunakan kentang atau telur sebagai bahan dasarnya.

Berikut ini adalah bahan-bahan dan langkah-langkahnya:

Bahan-bahan:

  • 300 gr tepung segitiga
  • 50 gr gula pasir
  • 1 1/2 sdt ragi instan
  • 15 gr susu bubuk
  • 1 sdt sp
  • 180 ml air
  • 1/3 sdt garam
  • 40 gr margarin

Langkah-langkahnya:

  1. Pertama campur tepung terigu, gula, ragi, susu bubuk, dan air secukupnya.
  2. Kemudian uleni adonan / aduk rata adonan tersebut sampai tercampur rata hingga kalis.
  3. Kemudian tambahkan margarin, sp, dan garam.
  4. Lalu uleni lagi adonan tersebut sampai kalis.
  5. Setelah adonan sudah menjadi kalis, lalu bulatkan adonan dan kempiskan adonan, lalu bentuk bulat menyerupai seperti donat atau bisa menggunakan cetakan donat.
  6. Kemudian diamkan adonan yang sudah dibentuk tadi dan biarkan mengembang hingga 2x lipat dari sebelumnya selama kurang lebih 45 menit tergantung suhu ruang di tempat kalian.
  7. Kemudian panaskan minyak secukupnya.
  8. Kemudian masukkan adonan yang sudah mengembang ke dalam minyak panas, lalu goreng dengan api kecil hingga warnanya berubah menjadi keemasan.
  9. Jika sekiranya sudah matang, lalu angkat dan tiriskan donat tersebut dan biarkan sejenak, lalu taburi topping sesuai selera.

Sampai disini kamu telah selesai membuat donat empuk tanpa menggunakan kentang dan telur. Untuk resep yang satu ini, kamu tidak perlu masukkan telur ke dalam adonan. Karena tidak seperti membuat donat kentang yang memerlukan telur ke dalamnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah resep di atas dapat digunakan untuk membuat donat tanpa menggunakan kentang dan telur. Sedangkan untuk cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna tanpa ragi instan dapat diterapkan untuk varian donat yang lainnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments