Cara Flash Google Pixel 3 Menggunakan Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Senin, 24 Januari 2022

Cara Flash Google Pixel 3 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara Flash Google Pixel 3 Menggunakan Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash Google Pixel 3. Untuk teman-teman yang saat ini ingin mengetahui bagaimana melakukan install ulang terhadap Smartphone Android Google ini, maka kamu dapat melihatnya melalui halaman berikut ini.

Untuk cara flashing ini dapat bermanfaat untuk mengatasi ponsel Android yang mengalami penurunan performa atau bisa juga dilakukan untuk memperbaiki ponsel yang mengalami bootloop. Sebagian besar di antara pengguna Android, pasti akan menemukan kejadian seperti ini, entah itu pada waktu dulu atau pada masa yang akan mendatang.

Jika sewaktu-waktu kamu mengalaminya, maka setelah mengetahui cara flash ini, maka kamu akan segera memperbaiki ponsel tersebut. Jadi kamu pun tidak perlu membawa ponsel yang rusak tersebut ke tukang service ponsel, kamu pun juga akan menghemat biaya pengeluaran untuk jasa service tersebut.

Nah, seandainya pada saat ini kamu sedang mengalami kejadian Smartphone Android Pixel yang mengalami bootloop atau lupa pola, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara flashing ini. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan untuk perangkat Flash Google Pixel 3 XL. Karena kedua ponsel tersebut memiliki cara yang sama, hanya saja firmwarenya yang berbeda.

Cara Flash Google Pixel 3 Menggunakan Firmware Terbaru

Flashing merupakan sebuah langkah yang biasa dilakukan oleh sebagian besar pengguna Android untuk memperbaiki ponselnya yang mengalami kerusakan sistem. Sebenarnya untuk langkah flashing atau install ulang terdapat beberapa metode yang berbeda, yaitu dengan melalui factory reset atau dengan menggunakan PC atau laptop.

Ponsel Android Google Pixel 3 telah resmi dirilis pada tahun 2018 lalu dan telah dibekali dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Dengan memiliki ukuran layar sebesar 5,5 inch dan kamera belakang 12 MP, membuat ponsel ini cukup banyak diminati oleh sebagian masyarakat. Untuk penyimpanannya sendiri sudah dibekali RAM 4 GB dan internal 64 GB atau 128 GB.

Tidak hanya itu saja, tetapi ponsel ini juga telah ditanamkan CPU berkekuatan Octa-core (4x2.5 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.6 GHz Kryo 385 Silver) yang membuatnya cukup mampu untuk bermain game HD. Walaupun demikian, seiring berjalannya waktu biasanya performanya akan semakin berkurang. Oleh karena itu banyak yang melakukan Cara Flash Google Pixel 3 ini.

1. Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum memulai flashing pada ponsel Android yang satu ini, kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syaratnya. Dengan mengikuti semua persyaratan ini dapat membantu kamu untuk memperlancar proses flashing.

Nah, untuk selengkapnya dapat kamu lihat melalui daftar berikut ini.

  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50%.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat pada penyimpanan internal.
  • Siapkan sebuah komputer, seperti PC atau laptop.
  • Kabel USB, kalau bisa menggunakan yang originalnya.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Selalu siap menerima resiko apapun yang akan terjadi nantinya.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu tinggal download semua bahan-bahan yang akan digunakan nantinya. Pastikan untuk mendownload semua file tersebut dan jangan sampai ada yang terlewatkan satu pun.

Nah, untuk selengkapnya dapat kamu lihat melalui daftar berikut ini.

3. Langkah-langkah flashing di Google Pixel 3

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang waktunya untuk memulai flashing di ponsel Google Pixel yang satu ini. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Nah, untuk selengkapnya dapat kamu lihat melalui daftar berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya Install Google Pixel USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya pindahkan semua file yang ada di dalam folder firmware ke folder Adb and Fastboot.
  5. Selanjutnya jalankan cmd melalui folder adb and fastboot, untuk dapat melakukannya silahkan lihat dalam penjelasan di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kolom address bar yang terdapat di bagian atas, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan menyala.
  7. Selanjutnya masukkan perintah adb devices ke dalam command prompt tadi dan tekan enter.
  8. Selanjutnya masukkan perintah adb reboot bootloader dan tekan enter, maka nanti ponsel akan masuk ke dalam mode fastboot.
  9. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot devices dan tekan enter, perintah ini untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi di command prompt atau belum.
  10. Selanjutnya masukkan perintah ini flash-all dan tekan enter, maka nanti proses flashing akan langsung berjalan secara otomatis.
  11. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu antara 10 - 15 menit.
  12. Setelah prosesnya selesai, maka ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam sistemnya.
  13. Selesai.

    Jika ponsel kamu mengalami bootloop atau lupa pola dan menyebabkan tidak dapat masuk ke dalam sistemnya, kamu bisa langsung memulainya dengan boot ke dalam mode fastboot secara manual. Untuk dapat melakukannya, silahkan matikan dahulu ponsel ke dalam kondisi mati, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.

    Jika sudah berhasil masuk ke dalam mode fastboot, kamu bisa langsung memulainya dengan mengikuti langkah di atas. Tapi untuk langkah nomor 7 dan 8 harus kamu abaikan, karena untuk kedua langkah tersebut hanya digunakan untuk masuk ke dalam mode fastboot. Jadi kamu bisa langsung melanjutkannya dari langkah nomor 9 dan seterusnya.

    Sampai disini kamu telah selesai melakukan flashing di ponsel Google Pixel 3 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sampaikan di atas. Sekarang ponsel kamu seharusnya sudah kembali normal lagi dan semua masalah sebelumnya sudah berhasil diperbaiki semuanya.

    Kesimpulan

    Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat memperbaiki ponsel Pixel 3 yang mengalami kerusakan sistem seperti bootloop atau stuck di logo, kamu bisa menggunakan Cara Flash Google Pixel 3 untuk memperbaiki semua permasalahan tersebut. Selain itu untuk proses flashing ini hanya cukup dilakukan dengan menggunakan adb and fastboot.

    Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

    Bagikan artikel ini

    Tambahkan Komentar Anda
    Disqus comments