Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3 Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 06 Februari 2022

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3 Firmware Terbaru

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3 Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan tutorial mengenai Unlock Bootloader Google Pixel 3. Untuk kalian para pengguna smartphone android Google Pixel 3 and Pixel 3 XL yang saat ini ingin melakukan hal tersebut, silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya melalui halaman postingan berikut ini.

Sepertinya saat ini pengguna ponsel android yang satu ini sudah jarang peminatnya, buktinya saja sudah jarang ada orang yang bertanya di forum xda bagaimana melakukan kustom terhadap ponselnya. Sebagian besar hanya ingin mengetahui perform a factory reset saja. Padahal dengan melakukan kustom akan mendapatkan keuntungan lainnya.

Walaupun saat ini sudah jarang ada yang mencari berbagai tutorial dari tipe ponsel android yang satu ini, tapi disini tetap akan saya berikan salah satu tutorial yang mungkin akan berguna untuk keperluan kustom. Misalnya suatu saat ada salah satu pengguna yang ingin memasang custom roms, maka ia bisa memulainya dengan melakukan hal ini terlebih dahulu.

Oleh karena itu saya tetap akan memberikan instruksi bagaimana melakukannya dengan benar dan tepat. Selain itu cara ini juga dapat digunakan untuk melakukan Unlock Bootloader Google Pixel 3 Verizon. Jadi untuk kalian yang menggunakan versi Verizon juga dapat melakukan ubl ini di Google Pixel 3 or Pixel 3 XL.

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3 Menggunakan Firmware Terbaru

Unlock the bootloader merupakan tahap awal untuk mereka yang ingin melakukan modifikasi pada sistem android di ponselnya dengan melalui magisk manager yang akan membutuhkan akses root. Setiap ponsel android apapun pasti awalnya masih memiliki bootloader yang masih terkunci. Hal tersebut agar ponsel memiliki keamanan atau perlindungan dari ancaman lainnya.

Google Pixel 3 merupakan salah satu smartphone android besutan Google yang telah resmi dirilis pada tanggal 09 Oktober 2018. Ponsel ini memiliki ukuran layar sebesar 5,5” dan memiliki resolusi 1080 x 2160 pixel. Dengan memiliki ukuran dan resolusi seperti ini akan membuat ponsel sangat cocok digunakan untuk bermain game, menonton video, atau fotografi.

Tidak hanya itu saja, tetapi Pixel 3 juga sudah dilengkapi dengan versi android 9.0 (Pie) pada saat pertama kalinya dan telah dibekali dengan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 serta cpu Octa-core (4x2.5 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.6 GHz Kryo 385 Silver). Dengan mengusung spesifikasi seperti ini membuat Pixel 3 banyak diburu oleh sebagian besar pengguna android.

Walaupun Google Pixel 3 sudah terbilang dalam ponsel kelas menengah ke atas, tapi seiring berjalannya waktu maka performanya juga akan semakin berkurang. Maka untuk mengembalikan kinerja dan performanya, penggunanya harus melakukan root di ponselnya tersebut. Namun untuk dapat melakukan hal tersebut, kamu harus melalui Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai melakukan proses unlock bootloader di ponsel yang satu ini, kamu harus mengikuti semua persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Karena semua syarat-syarat tersebut bisa menjadi faktor keberhasilan.

Berikut ini adalah semua persyaratan yang harus kamu lakukan.

  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50%.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat pada penyimpanan internal.
  • Siapkan sebuah komputer, seperti PC atau laptop.
  • Kabel USB, kalau bisa menggunakan yang originalnya.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  • Selalu siap menerima resiko apapun yang akan terjadi nantinya.

2. Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan

Setelah selesai mempersiapkan semua syarat-syarat di atas, sekarang waktunya kalian untuk download semua bahan-bahannya. Pastikan untuk selalu download semua filenya dan jangan sampai ada satu file yang terlewatkan.

Berikut ini adalah semua daftar file yang harus kamu download.

3. Langkah-langkah melakukan unlock bootloader di Google Pixel 3

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan yang harus kamu lakukan dan bahan-bahannya, sekarang waktunya kamu untuk memulai proses unlock bootloader. Pastikan untuk mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan jika ingin prosesnya dapat berhasil.

Namun ada satu hal yang harus kamu ketahui, apakah kamu mengetahui tentang risks of unlocking the bootloader (resiko membuka kunci bootloader)? Sebenarnya setelah selesai melakukan ubl, maka biasanya keamanan ponsel akan rentan terhadap berbagai masalah error atau yang lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

3.1. Proses aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya Install Google Pixel USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya Enable USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Untuk dapat melakukannya, pertama buka dulu aplikasi Pengaturan di ponsel kalian.
  6. Selanjutnya pilih Settings >> System >> About Phone >> lalu ketuk 7x pada Build Number.
  7. Maka nanti menu Developer Options akan langsung terbuka, lalu kembali ke halaman utama Pengaturan.
  8. Selanjutnya pilih menu Developer Options tersebut, lalu aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  9. Selesai.

3.2. Proses unlock bootloader di Google Pixel 3

  1. Setelah ponsel sudah di aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging, lalu sambungkan ponsel (connect your phone) ke PC, pastikan ponsel dalam keadaan menyala.
  2. Selanjutnya buka adb folder and fastboot yang tadi telah kamu extract, lalu jalankan command prompt atau cmd melalui folder tersebut.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kolom address bar, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  3. Selanjutnya masukkan perintah ini adb devices, perintah tersebut berfungsi apakah ponsel sudah terdeteksi di PC atau belum.
  4. Selanjutnya masukkan perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter, jika di ponsel kamu muncul pesan perizinan, lalu berikan allow usb dahulu.
  5. Maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Fastboot Mode.
  6. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot flashing unlock / fastboot flash unlock dan tekan enter.
  7. Maka nanti di ponsel akan muncul layar Peringatan, lalu pilih Unlock Bootloader dengan menggunakan volume keys.
  8. Jika prosesnya sudah benar, maka ponsel akan masuk ke dalam mode Fastboot.
  9. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot reboot dan tekan enter.
  10. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis, dan proses Unlocked Bootloader sudah berhasil.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan unlock bootloader di Google Pixel 3. Setelah berhasil membuka kunci bootloader, sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap install twrp dan root untuk memulai modifikasi. Jika kamu ingin mengetahui caranya, silahkan kamu lihat tutorialnya melalui artikel yang telah saya cantumkan di dalam postingan ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah sebelum memulai melakukan install twrp atau root di ponsel Pixel 3, kamu harus mengetahui dahulu Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3 Verizon. Karena cara tersebut merupakan langkah awal untuk dapat melakukan kedua hal tersebut di ponsel Pixel yang satu ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments