Cara Membuat Donat Manual Tanpa Ribet Hasil Sempurna - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 03 Februari 2022

Cara Membuat Donat Manual Tanpa Ribet Hasil Sempurna

Cara Membuat Donat Manual Tanpa Ribet Hasil Sempurna

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sedikit tips mengenai Cara Membuat Donat Manual. Tentu saja dengan beberapa tips tersebut dapat membuat hasilnya menjadi empuk dan mendapatkan kualitas sempurna. Nah, untuk kalian yang saat ini sedang membutuhkannya, tidak ada salahnya jika kamu mengikutinya.

Camilan yang satu ini sudah terkenal di berbagai negara di dunia, salah satunya adalah ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri, donat menjadi makanan penutup yang cukup digemari oleh berbagai kalangan usia, dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena camilan donat ini cukup mudah untuk ditemukan diberbagai tempat wisata kuliner.

Tahukah kalian bahwa untuk dapat melakukan proses Cara Membuat Donat, sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja yang berada di rumah. Selain itu, untuk proses pembuatannya pun tidak perlu menggunakan alat-alat yang mahal. Kamu hanya cukup menggunakan tangan untuk mengaduk adonan secara manual, jadi kamu tidak perlu menggunakan Mixer lagi.

Walaupun kamu menggunakan tangan, tapi cara mengolah adonannya pun harus benar dan tepat. Jika kamu asal maen aduk sembarangan dan menggunakan bahan yang tidak tepat, maka hasilnya pun tidak akan seperti yang kita harapkan. Oleh karena itu, melalui postingan ini saya akan membantu kalian yang ingin melakukan Cara Membuat Donat Manual.

Cara Membuat Donat Manual Tanpa Ribet Hasil Sempurna

Sebenarnya untuk dapat melakukan Cara Membuat Donat Manual bisa menghasilkan sebuah donat yang berbagai macam rasa maupun jenis. Tentu saja hal tersebut tergantung dari bahan-bahan apa saja yang telah kamu gunakan untuk membuatnya.

Misalnya saja, jika kamu ingin membuat donat ala rumahan, maka bahan-bahannya dapat kamu cari melalui warung-warung dekat rumah. Selain itu harganya pun jauh lebih murah ketimbang kamu membuat donat versi tempat-tempat makan yang terkenal.

Namun pada penjelasan yang akan saya berikan melalui postingan ini, disini saya akan memberikan petunjuk tentang membuat donat simple versi rumahan. Jika kamu berhasil melakukannya dengan benar, maka nanti kamu dapat bereksperimen dengan menggunakan bahan-bahan yang lainnya.

Langkah Membuat Donat Simple Versi Rumahan

Sebelum kamu memulai membuat donat yang satu ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua bahan-bahannya yang dapat kamu temukan dimana saja sekitar rumah kalian. Pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan di bawah ini sebelum memulainya.

Bahan-bahan:

  • 250 gr atau 25 sdm tepung terigu
  • 1/2 - 1 sdt ragi instan
  • 1 butir telur
  • 30 gr gula pasir
  • 2 sdm susu bubuk
  • 30 gr margarin (cairkan, tambahkan dengan air hingga total 165 gr)
  • 1 jumput garam

Cara membuatnya:

  1. Langkah ke 1, campur tepung, ragi, dan garam ke satu wadah kosong.
  2. Selanjutnya tambahkan gula dan air di wadah yang berbeda, lalu aduk sampai semuanya menjadi larut.
  3. Selanjutnya tambahkan margarin dan telur di wadah kedua.
  4. Selanjutnya campurkan kedua wadah tersebut menjadi satu tempat sampai tercampur rata, lalu aduk rata adonan tersebut sampai kalis.
  5. Jika adonan donat sekiranya sudah kalis, lalu diamkan selama 30 menit sampai 40 menit dan tutup adonan dengan kain atau plastic wrap.
  6. Selanjutnya bentuk bulat hingga menyerupai donat atau kamu bisa menggunakan cetakan donat untuk membuatnya.
  7. Selanjutnya adonan yang telah selesai di cetak, lalu diamkan lagi selama 5 - 10 menit hingga mengembang 2x lipat.
  8. Selanjutnya panaskan minyak dan goreng donat dengan menggunakan api kecil.
  9. Untuk menggoreng donat dengan benar, pastikan donat telah terendam minyak secara keseluruhan.
  10. Jika donat sudah berubah menjadi kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membuat donat rumahan dengan mengikuti resep donat simple dan manual yang telah saya berikan melalui penjelasan di atas. Jika kamu mengikutinya dengan tepat, maka donat pun akan menjadi empuk dan mengembang sempurna setelah matang.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat membuat donat secara manual, sebenarnya dapat dilakukan hanya dengan menggunakan tangan. Jadi kamu tidak perlu menggunakan Mixer yang mahal untuk mengaduknya. Namun kamu harus mengaduk adonan donat tersebut secara hati-hati dan penuh perasaan, jika ingin dapat mengembang sempurna.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: