Cara Root Xiaomi Pocophone F1 Work 100% - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 29 Januari 2022

Cara Root Xiaomi Pocophone F1 Work 100%

Cara Root Xiaomi Pocophone F1 Work 100%

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Xiaomi Pocophone F1. Untuk teman-teman yang saat ini ingin melakukan rooting di ponsel Xiaomi yang satu ini, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini.

Sebagian besar pengguna Smartphone Android menginginkan perangkat ponselnya memiliki kemampuan dan performa yang maksimal. Tentu saja hal tersebut pasti diharapkan oleh kebanyakan orang, terutama untuk mereka yang menggunakan Smartphone Xiaomi. Walaupun Xiaomi Pocophone F1 telah menggunakan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845.

Tetapi ada kalanya ponsel tersebut mengalami penurunan performa. Hal tersebut bisa saja terjadi karena faktor pemakaian yang sudah terlalu lama. Oleh karena itu mereka lebih memilih menggunakan cara lain seperti root daripada harus melakukan install ulang. Karena jika melakukan install ulang atau factory reset, maka biasanya di kemudian hari akan terjadi lagi.

Selain itu dengan melakukan root di ponsel Android, penggunanya dapat meningkatkan performa CPU atau menghapus aplikasi bawaan yang menghambat kinerja ponsel. Nah, jika kamu tertarik ingin melakukan Cara Root Xiaomi Pocophone F1, kamu bisa melihat tutorialnya disini. Cara ini juga dapat digunakan untuk ponsel seri Xiaomi Pocophone F1 beryllium.

Cara Root Xiaomi Pocophone F1 Work 100%

Dengan melakukan root Pocophone F1 di ponsel Android, biasanya setiap penggunanya akan memiliki akses untuk dapat memodifikasi sistemnya. Tapi tahukah kalian bahwa untuk melakukan proses tersebut dapat dilakukan dengan dua versi yang berbeda, yaitu bisa menggunakan PC atau tanpa PC.

Seperti yang diketahui bahwa Xiaomi merupakan salah satu brand Smartphone Android yang cukup populer di wilayah Asia. Karena setiap seri ponsel besutannya tersebut hampir diminati oleh kebanyakan masyarakat, misalnya saja pada seri Redmi Note, Pocophone, atau Mi. Semua seri tersebut memiliki harga yang murah dan mendapatkan spesifikasi kelas tinggi.

Pada postingan ini, disini saya akan menjelaskan cara root dengan menggunakan Custom Recovery TWRP. Jadi tentu saja kamu harus menginstal dahulu TWRP tersebut di ponsel Xiaomi milik kalian. Jika kamu belum mempunyainya, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya melalui artikel yang telah saya berikan di dalam halaman ini.

1. Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum memulai proses root dengan menggunakan TWRP Recovery, kamu harus mengikuti dahulu semua syarat-syaratnya. Jika tidak, maka bisa saja selama proses root berlangsung akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, di bawah ini merupakan semua persyaratan yang wajib kamu lakukan terlebih dahulu.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat pada penyimpanan internal.
  • Isi daya baterai sampai terisi minimal 50%.
  • Download semua bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Pastikan ponsel sudah terpasang TWRP Recovery.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi nantinya.

2. Download semua bahan-bahan yang akan digunakan

Setelah selesai melakukan semua syarat di atas, sekarang kamu sudah dapat download semua file-file yang akan diperlukan untuk proses root di ponsel Xiaomi Pocophone F1. Untuk bahan-bahannya dapat kamu download melalui link di bawah ini.

Nah, di bawah ini merupakan semua bahan-bahan yang wajib kamu download terlebih dahulu.

Setelah semua persyaratan dan bahan-bahannya sudah kamu persiapkan semuanya, sekarang kamu dapat melanjutkan ke tahap install TWRP dan Root Xiaomi Pocophone tersebut. Untuk kedua langkah tersebut dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Langkah Install TWRP Dan Root Xiaomi Pocophone F1

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan instalasi TWRP dan Root di ponsel Xiaomi yang satu ini. Untuk kamu yang ingin segera memulainya, silahkan ikuti penjelasannya di sini.

1. Langkah-langkah install TWRP

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahannya dengan melalui link di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut kecuali file Magisk dan No verity dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya Install Xiaomi USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di ponsel Xiaomi kamu.
  5. Selanjutnya kamu harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  6. Jika kamu belum melakukannya, kamu dapat mengikuti caranya dengan mengikuti artikel yang telah saya sediakan di atas.
  7. Jika semua hal di atas sudah selesai kamu lakukan, sekarang waktunya untuk memulai flash TWRP di ponsel Xiaomi.
  8. Selanjutnya buka folder TWRP yang tadi telah kamu extract, lalu pindahkan file TWRP tersebut ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot yang sudah di extract.
  9. Selanjutnya rename file TWRP tersebut menjadi twrp.img.
  10. Selanjutnya buka folder Adb and Fastboot dan jalankan command prompt dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
    1. Windows 7: Buka folder Adb and Fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder Adb and Fastboot, lalu klik kolom address yang terletak di atas dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  11. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul layar command prompt atau cmd pada layar komputer kalian.
  12. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  13. Selanjutnya masukkan perintah ini adb devices atau fastboot devices di layar command prompt tadi dan tekan enter.
  14. Perintah tersebut berfungsi apakah ponsel sudah terdeteksi di cmd atau belum
  15. Selanjutnya lihat pada layar ponsel kalian, jika muncul tulisan perizinan, lalu berikan izin.
  16. Selanjutnya masukkan perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter, maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam Mode Fastboot.
  17. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot flash recovery twrp.img dan tekan enter.
  18. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot reboot recovery, maka nanti ponsel akan restart dan akan masuk ke dalam Mode TWRP.
  19. Jika di ponsel kalian tidak restart dan masuk ke Mode TWRP dengan menggunakan perintah di atas, kamu dapat melakukannya secara manual.
  20. Untuk dapat melakukannya, lepaskan dahulu ponsel dari PC dan matikan ponsel sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  21. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + tombol Power secara bersamaan.
  22. Maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Recovery Mode.

2. Langkah-langkah Root

  1. Jika ponsel sudah masuk ke dalam mode Recovery TWRP dan jika ponsel meminta password, silahkan klik Cancel saja.
  2. Selanjutnya pilih menu Wipe dan lakukan Format Data, Cache, dan Dalvik.
  3. Selanjutnya kembali ke menu TWRP dan pilih menu Mount, lalu pastikan pada tombol di bagian bawah sudah dalam kondisi Enable MTP.
  4. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, lalu pindahkan file Magisk-v23.0.zip dan No-verity-opt-encrypt-6.0.zip ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  5. Selanjutnya kembali ke ponsel Xiaomi, lalu pilih menu Install.
  6. Selanjutnya cari file No-verity-opt-encrypt-6.0.zip dan Swipe to confirm flash.
  7. Selanjutnya cari file Magisk-v23.0.zip dan Swipe to confirm flash.
  8. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot System.
  9. Selanjutnya tinggal kamu tunggu saja sampai ponsel berhasil menyala, mungkin akan membutuhkan waktu antara 10 - 20 menit.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan Install TWRP dan Root di Xiaomi Pocophone F1 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Untuk mengetahui apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu dapat mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang dapat kamu download secara gratis di Play Store.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Cara Root Xiaomi Pocophone F1, kamu harus menginstal Custom Recovery TWRP terlebih dahulu. Dengan begitu kamu pun bisa langsung memulai flash Magisk.zip dengan melalui mode recovery tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments