Cara Root Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 29 Januari 2022

Cara Root Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil

Cara Root Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Cara Root Asus Zenfone Go X014D. Untuk teman-teman yang saat ini ingin melakukan modifikasi terhadap sistem Androidnya, maka kamu harus melakukan root terlebih dahulu. Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah.

Smartphone Android Asus Zenfone Go yang satu ini telah dibekali dengan spesifikasi yang lumayan baik. Dengan ukuran layar sebesar 5 inch ini telah menjadikan ponsel tersebut banyak diminati oleh banyak orang untuk bermain game maupun menonton film dengan kualitas HD. Pabrikan Asus telah membuat ponsel kelas menengah ini dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya itu saja, tetapi Asus X014D ini juga telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 8 MP dan dan kamera depan 2 MP. Walaupun ponsel ini hanya memiliki kamera depan 2 MP saja, tetapi hasil jepretan kamera belakangnya tidak jauh berbeda dengan ponsel Android kekinian saat ini. Oleh karena itu banyak orang yang tetap mencari ponsel tersebut.

Untuk ukuran ponsel kelas menengah yang resmi diluncurkan sejak beberapa tahun lalu, menjadikan Asus Zenfone X014D menjadi salah satu produk andalan Asus. Namun ada saja terdapat beberapa faktor yang menjadikan penurunan performa dari ponsel tersebut. Maka dari itu solusinya hanya dengan melakukan Root Asus Zenfone Go X014D Tanpa PC.

Cara Root Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil

Perlu kalian ketahui, bahwa untuk dapat melakukan Root Asus Zenfone Go X014D dengan menggunakan cara yang akan saya jelaskan pada halaman ini, cara tersebut juga dapat diterapkan pada seri Asus Zenfone Go seperti ZB452KG, ZB551KL, ZC451TG, ZB450KL, dan X014D. Jadi, jika kamu pengguna salah satu tipe tersebut, kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

Terdapat banyak alasan mengapa seseorang ingin melakukan root terhadap Hp Asus Zenfone Go X014D ini. Karena dengan melakukan root dapat membuat performa ponsel kembali lancar seperti ketika pertama kali membelinya. Untuk meningkatkan performa prosesor, penggunanya harus memodifikasi dahulu sistem Androidnya dengan melalui modul Magisk.

Akan tetapi untuk dapat melakukan hal tersebut terdapat banyak risiko yang akan dihadapi, salah satunya jika prosesnya mengalami kegagalan akan menyebabkan ponsel mengalami kerusakan sistem atau biasa yang disebut dengan istilah bootloop. Tetapi, jika kamu melakukan proses rooting Asus Zenfone ini dengan benar, maka proses tersebut dapat berjalan sukses.

1. Download semua bahan yang diperlukan

Pada tutorial root di Asus Zenfone X014D ini, disini saya akan menjelaskan dengan yang tidak menggunakan PC. Karena disini saya akan menggunakan metode melalui twrp recovery dan tanpa PC. Jadi untuk kedua cara tersebut tidak akan menggunakan komputer seperti PC atau laptop. Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini.

Nah, itulah dua bahan yang nantinya akan digunakan untuk proses root terhadap ponsel yang memiliki kamera utama 8 MP tersebut. Sebelum memulai langkah-langkahnya, kamu harus mengetahui dahulu semua persyaratan yang akan diperlukan untuk root di ponsel Asus Zenfone yang satu ini.

2. Persyaratan yang harus diperlukan sebelum memulai root

Sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengikuti semua syarat-syarat yang telah disebutkan di bawah ini. Semua syarat tersebut dapat membuat memperlancar proses root untuk mendapatkan akses root di ponsel Asus kalian masing-masing.

Nah, di bawah ini merupakan semua persyaratan yang harus kamu lakukan dahulu.

  • Pastikan ponsel Asus sudah terisi daya sebesar 40% atau lebih.
  • Pastikan ponsel kamu sudah tersedia koneksi internet yang stabil.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Untuk proses root dengan menggunakan Magisk, pastikan di ponsel kamu sudah terpasang custom recovery twrp.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Nah, itulah semua persyaratan yang harus kamu lakukan sebelum memulai root di ponsel Asus yang memiliki layar 5 inchi tersebut. Untuk langkah-langkah root-nya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini. Selain itu, disini juga telah saya sediakan dua cara yang berbeda. Jadi kamu dapat memilih ingin menggunakan cara yang mana.

Langkah Root Di Ponsel Asus Zenfone Go X014D

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini merupakan cara root Zenfone Go dengan tipe yang satu ini dapat kamu lihat melalui penjelasan berikut ini. Untuk proses rooting di ponsel ini, kamu bisa menggunakan salah satu metode yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Root tanpa menggunakan PC

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan tanpa PC. Untuk cara yang satu ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari file root yang cocok dengan prosesor Mediatek MT6580 Quad-core. Karena dengan menggunakan KingRoot, dapat digunakan di semua versi Android atau ponsel Android apapun.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download aplikasi KingRoot versi terbaru dengan melalui link di atas.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi dan pindahkan file di dalamnya ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  4. Selanjutnya klik pada file tersebut untuk memulai instalasinya.
  5. Selanjutnya install dahulu aplikasi KingRoot tersebut sampai prosesnya selesai.
  6. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu buka aplikasi tersebut.
  7. Setelah aplikasi KingRoot berhasil terbuka, lalu klik TRY TO ROOT.
  8. Maka nanti proses root akan berjalan secara otomatis, selanjutnya tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  9. Pastikan koneksi internet di ponsel kalian dalam kondisi stabil dan lebih disarankan dengan menggunakan jaringan internet seluler.
  10. Setelah prosesnya sudah mencapai 100%, lalu restart ponsel Asus kalian.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan root dengan menggunakan aplikasi KingRoot yang dapat dijalankan di semua versi sistem operasi Android apapun. Untuk mengecek apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Root Checker.

Perlu kalian ketahui, bahwa root Asus Zenfone Go menggunakan cara ini tidak semuanya akan berhasil. Terkadang ada saja satu jenis Smartphone Android yang tidak berhasil di root dengan menggunakan KingRoot. Walaupun prosesnya tidak berhasil, tapi tidak akan menyebabkan kerusakan pada ponsel.

2. Root menggunakan twrp recovery

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan melalui mode recovery twrp. Untuk cara yang kedua ini cukup bagus untuk melakukan root di Android. Karena disini akan menggunakan file Magisk.zip. Jadi nanti kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi Magisk Manager di ponsel.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menginstal twrp di ponsel Asus X014D tersebut.
  2. Jika kamu tidak mengetahui caranya, kamu dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.
  3. Jika ponsel sudah memiliki twrp recovery, selanjutnya download file Magisk.zip versi terbaru dengan melalui link di atas.
  4. Selanjutnya pindahkan file tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel dan pastikan menyimpannya di luar folder.
  5. Selanjutnya matikan ponsel Asus Zenfone Go sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  6. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.
  7. Selanjutnya pilih menu Wipe, lalu Clear Data, Dalvik/Cache, dan Cache terlebih dahulu.
  8. Jika sudah, lalu kembali ke halaman utama dari twrp dan pilih menu install.
  9. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  10. Jika sudah ketemu, lalu pilih file tersebut dan Swipe to confirm flash.
  11. Selanjutnya tunggu sampai prosesnya selesai.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot System.
  13. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai ponsel berhasil menyala dan masuk ke dalam OS-nya.
  14. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan rooting Asus Zenfone Go X014D dengan menggunakan mode recovery twrp. Sekarang kamu tinggal mengeceknya saja apakah ponsel sudah di root atau belum dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang dapat kamu download secara gratis melalui Google Play Store.

Dengan begitu, sekarang kamu sudah dapat meningkatkan performa CPU agar dapat berjalan secara maksimal atau bisa juga dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan resolusi kamera depan yang sebelumnya menggunakan resolusi 2 MP dengan menggunakan aplikasi kamera khusus untuk root, seperti GCam.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Cara Root Asus Zenfone Go X014D Tanpa PC sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu bisa melalui aplikasi KingRoot atau melalui file Magisk.zip yang di install melalui mode recovery twrp. Namun untuk cara yang pertama tidak semuanya selalu akan berhasil.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments