Cara Install TWRP Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 20 September 2022

Cara Install TWRP Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Cara Install TWRP Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah file yang bernama TWRP Sony E2115. Untuk kalian pengguna Smartphone Android Sony dengan tipe E2115, ada kabar gembira untuk kalian semuanya, karena disini saya punya file TWRP nya yang dapat kamu download secara gratis dan lengkap dengan cara instalasinya.

Setiap pengguna ponsel android pasti sudah mengetahui tentang manfaat dan kegunaannya dari Custom TWRP Recovery. Iya, karena TWRP Recovery mempunyai menu install yang dapat digunakan untuk mem-flash berbagai jenis file zip. Semua file zip tersebut biasanya sering digunakan untuk media modifikasi dengan menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi.

TWRP (Team Win Recovery Project) merupakan sebuah file image yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi terhadap sistem dari ponsel android itu sendiri. Dengan mempunyai interface layar sentuh dapat memudahkan setiap penggunanya untuk memilih setiap menu yang diinginkannya, termasuk Install Custom ROM, Kernel, dan lainnya.

Oleh karena itu melalui postingan ini saya akan membantu teman-teman yang ingin mengetahui proses pemasangan TWRP Sony E4 E2115. Namun sebelum kamu memulai proses instalasinya di perangkat Sony Xperia E4 Dual tersebut, kamu harus sudah siap akan semua resiko yang nantinya akan kamu temui di kemudian hari, termasuk terkena malware.

Apa Itu Custom Recovery TWRP?

TWRP Recovery atau Team Win Recovery Project jadi artinya adalah sebuah mode pemulihan khusus yang telah dikustom oleh pihak pengembang agar dapat membantu penggunanya untuk memodifikasi sistem android dengan cara menginstal file zip. File zip tersebut dapat digunakan untuk memodifikasi ponsel agar dapat bekerja secara maksimal dan tidak ngelag.

Sebagian besar pengguna ponsel android telah memasangkan mode recovery ini di ponsel mereka masing-masing. Karena fungsi TWRP Recovery android memiliki banyak manfaat yang tidak akan ditemukan pada recovery bawaan ponsel. Karena pada recovery bawaan, penggunanya tidak dapat melakukan install Custom ROM atau Root untuk ponsel tersebut.

Oleh sebab itu penggunaan TWRP Recovery kerap dilakukan oleh sebagian besar pengguna Smartphone Android di seluruh dunia. Namun ada satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Bahwa proses pemasangan TWRP ini memiliki resiko yang tinggi jika mengalami kegagalan, maka biasanya ponsel akan mengalami bootloop atau mati total.

Cara Install TWRP Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Sony Xperia E4 Dual merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi dirilis pada bulan Maret 2015. Saat pertama kalinya diluncurkan, ponsel Sony ini telah menggunakan versi Android 4.4.4 dan tidak lagi menerima pembaruan ke versi terbaru. Selain itu juga terdapat beberapa varian yang berbeda, yaitu dengan seri model E2114, E2115, dan E2124.

Sony Xperia E4 Dual ini merupakan salah satu ponsel android kelas menengah ke bawah yang memiliki harga jual yang relatif murah dan terjangkau di kantong masyarakat serta memiliki spesifikasi yang minim. Spesifikasi dari ponsel ini telah dibekali dengan Chipset Mediatek MT6582, CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7, dan GPU Mali-400MP2.

Sedangkan untuk performanya masih menggunakan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Sedangkan untuk kemampuan kameranya masih menggunakan kualitas kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan 2 MP. Semua spesifikasi tersebut juga tersedia pada semua model yang terdapat di dalam perangkat Sony Xperia E4 Dual tersebut.

Oleh karena itu dengan memiliki kemampuan spesifikasi yang minim, maka tidak heran kalau ponsel ini sering mengalami ngelag atau stuck. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin melakukan pemasangan TWRP Sony E4 Dual E2115 untuk dapat mengembalikan lagi performa yang sebelumnya telah menurun. Nah, sebelum memulainya pastikan dahulu kalau kamu sudah mengetahui semua persyaratannya.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses instalasi TWRP di ponsel ini, ada baiknya jika kamu menyiapkan dahulu semua syarat-syaratnya sebelum melakukan proses pemasangannya. Dengan begitu, maka nanti kamu akan mengetahui bahwa TWRP Recovery mempunyai menu custom yang sangat bermanfaat.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup dahulu semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Kabel USB dan komputer seperti PC atau laptop.
  • Install Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar, usahakan yang kuotanya masih banyak.
  • Download semua bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging terlebih dahulu.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.

2. Download semua bahan-bahan yang akan digunakan

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu harus download semua bahan-bahan di bawah ini. Karena semua bahan tersebut akan digunakan selama proses install TWRP Recovery agar untuk berjalan dengan lancar.

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu gunakan, termasuk file Download TWRP Recovery Sony Xperia E4 Dual. Setelah semua file tersebut telah kamu download, maka nanti kamu bisa langsung memulai instalasinya.

Nah, untuk bahan-bahannya silahkan kamu download semua di bawah ini.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Sony Xperia E4 Dual E2115

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu bisa langsung memulai proses instalasinya. Untuk dapat memasang TWRP di ponsel ini, disini saya akan menggunakan media Minimal Adb and fastboot Platform Tools khusus windows.

Sebelum kamu memulai proses instalasinya, apakah kamu sudah mengetahui tentang TWRP Recovery untuk fungsi apaan? Jika kamu belum mengetahuinya, ada baiknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu akan manfaat dan semua kerugiannya.

Nah, untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika kamu belum melakukannya, kamu bisa melihat tutorialnya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file di atas dan jangan sampai ada satu file yang tidak di download.
  4. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya install Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  6. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi dan pilih file TWRP yang sudah di extract, lalu rename menjadi recovery.img.
  7. Selanjutnya pindahkan file TWRP tersebut ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tools.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt atau cmd melalui folder adb and fastboot.
  9. Untuk dapat melakukannya, kamu bisa melihat caranya melalui langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  10. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging melalui menu Developer Options yang terdapat di dalam aplikasi Pengaturan.
  11. Selanjutnya matikan sampai posisi off Sony Xperia E4 dan nyalakan ke dalam Fastboot Mode.
  12. Untuk dapat masuk ke dalam mode fastboot, caranya tekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  13. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  14. Selanjutnya masukkan perintah adb reboot bootloader di dalam layar command prompt yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  15. Selanjutnya masukkan perintah fastboot devices dan tekan enter.
  16. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter.
  17. Selanjutnya masukkan perintah fastboot reboot dan tekan enter.
  18. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis, jika pada ponsel kamu tidak restart secara otomatis, kamu dapat melakukannya dengan cara manual.
  19. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil memasang TWRP di Sony Xperia E4 Dual E2115 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Untuk kamu yang ingin mengetahui cara masuk ke Mode Recovery TWRP, kamu bisa mencobanya dengan cara matikan ponsel, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.

Jika kamu sudah mengikuti setiap instruksi yang telah saya sebutkan di atas, seharusnya ponsel kamu sudah terpasang Recovery TWRP dan artinya TWRP Recovery mempunyai akses untuk menginstal SuperSU atau Magisk untuk memulai proses Root. Nah, jika kamu ingin mengetahui caranya, kamu bisa melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah TWRP Sony Xperia E4 Dual E2115 merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan oleh pengguna android yang ingin memasuki Mode Recovery Custom. Dengan menginstal file ini di Smartphone Android akan memberikan dampak baik lainya, seperti mem-backup sistem, wipe data, install kernel, install Custom ROM, dan masih banyak lagi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai cara install TWRP Recovery dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: