Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 22 September 2022

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Sony E4 E2115. Sebagian besar pengguna Smartphone Android yang ingin memasang Custom ROM, maka mereka harus melalui langkah UBL terlebih dahulu. Karena langkah ini merupakan syarat utama untuk dapat melakukan hal tersebut.

Namun ada satu hal yang harus kamu ketahui, bahwa dengan melakukan Unlock Bootloader akan menyebabkan ponsel mengalami hard reset atau terhapusnya semua data yang tersimpan di dalam penyimpanan internal. Oleh karena itu, sebelum memulainya pastikan jika kamu sudah mem-backup semua data-data penting yang tersimpan di dalam ponsel Sony Tersebut.

Seperti yang diketahui, bahwa Smartphone Sony Xperia E4 Dual merupakan sebuah perangkat ponsel android yang memiliki spesifikasi yang tidak memadai. Maka sebab dari itu banyak orang yang ingin memodifikasi sistem terhadap ponsel yang satu ini. Dengan memodifikasi ponsel dapat meningkatkan performa CPU agar dapat berjalan dengan maksimal.

Nah, jika teman-teman yang saat ini sedang mencari tutorial mengenai Unlock Bootloader Sony E4 Dual E2115, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan pada halaman ini. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa kamu sudah mengikuti setiap instruksi yang telah saya berikan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap

Sony Xperia E4 Dual merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi dirilis pada bulan Maret 2015. Saat pertama kalinya diluncurkan, ponsel Sony ini telah menggunakan versi Android 4.4.4 dan tidak lagi menerima pembaruan ke versi terbaru. Selain itu juga terdapat beberapa varian yang berbeda, yaitu dengan seri model E2114, E2115, dan E2124.

Sony Xperia E4 Dual ini merupakan salah satu ponsel android kelas menengah ke bawah yang memiliki harga jual yang relatif murah dan terjangkau di kantong masyarakat serta memiliki spesifikasi yang minim. Spesifikasi dari ponsel ini telah dibekali dengan Chipset Mediatek MT6582, CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7, dan GPU Mali-400MP2.

Sedangkan untuk performanya masih menggunakan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Sedangkan untuk kemampuan kameranya masih menggunakan kualitas kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan 2 MP. Semua spesifikasi tersebut juga tersedia pada semua model yang terdapat di dalam perangkat Sony Xperia E4 Dual tersebut.

Oleh karena itu dengan memiliki kemampuan spesifikasi yang minim, maka tidak heran kalau ponsel ini sering mengalami ngelag atau stuck. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin melakukan Cara Unlock Bootloader Sony E4 E2115 untuk dapat mengembalikan lagi performa yang sebelumnya telah menurun.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses Unlock Bootloader di ponsel ini, ada baiknya jika kamu menyiapkan semua syarat-syarat yang telah saya berikan di bawah ini. Karena semua persyaratan tersebut wajib kamu kerjakan dahulu, jika tidak ingin mengalami kegagalan.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

  • Backup dahulu semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Kabel USB dan komputer seperti PC atau laptop.
  • Install Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar, usahakan yang kuotanya masih banyak.
  • Download semua bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging terlebih dahulu.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan tersebut, kamu harus download semua file-file di bawah ini. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses Unlock Bootloader di ponsel Sony Xperia E4 Dual yang satu ini.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Sony Xperia E4 Dual E2115

Setelah kalian sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan di atas, sekarang kamu bisa langsung memulai proses Unlock Bootloader di ponsel ini. Sebelum memulainya, pastikan bahwa kamu selalu mengikuti setiap instruksi yang telah saya sebutkan di bawah ini.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Sony Xperia USB Driver dan Sony Xperia Flash Tool di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging melalui menu Developer Options yang terdapat di dalam Pengaturan.
  5. Selanjutnya tekan *#06#, maka nanti kamu akan melihat nomor IMEI dari ponsel Sony tersebut, lalu kamu catat dan simpan nomor IMEI tersebut.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #1

  6. Selanjutnya tekan *#*#7378423#*#* untuk mengakses menu layanan dari ponsel Sony.
  7. Maka nanti kamu akan melihat tampilan Service, lalu pilih Service Info >> Configuration.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #2

  8. Jika pada bagian Bootloader Unlocked: Yes, maka kamu dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader.
  9. Tetapi jika pada bagian Bootloader Unlocked: No, maka kamu tidak dapat melanjutkannya dan kamu harus meminta izin dari website resmi Sony-nya dahulu.
  10. Selanjutnya buka halaman Sony Developer Bootloader Unlock.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #3

  11. Selanjutnya scroll ke bawah, lalu pilih Select your device dan pilih ke Xperia E4 Dual.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #4

  12. Selanjutnya scroll ke bawah dan masukkan Nomor IMEI dan beri tanda centang pada dua pilihan yang disediakan, lalu klik Submit.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #5

  13. Maka nanti kamu akan mendapatkan Code Unlock Bootloader, lalu simpan kode tersebut.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #6

  14. Selanjutnya buka aplikasi Sony Xperia Flashtool yang tadi telah kamu install di PC.
  15. Selanjutnya klik pada tombol BLU yang terdapat pada aplikasi Sony Flashtool.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #7

  16. Maka nanti kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #8

  17. Selanjutnya matikan ponsel Sony Xperia kamu sampai dalam posisi mati, lalu tekan tombol Volume Bawah + hubungkan ponsel ke PC secara bersamaan.
  18. Maka nanti aplikasi Sony Flashtool akan memunculkan semua informasi tentang ponsel Sony Xperia E4 Dual E2115 milik kamu.
  19. Selanjutnya lepaskan ponsel Sony Xperia tersebut dari PC.
  20. Selanjutnya sambungkan kembali ponsel ke PC dengan cara seperti tadi, namun kali ini yang ditekan tombol Volume Atas.
  21. Jika tampilan Wait for flashmode sudah hilang, lalu lepaskan tombol Volume Atas tersebut dan biarkan ponsel tetap terhubung di PC.
  22. Maka nanti kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #9

  23. Selanjutnya masukkan kode bootloader yang tadi telah kamu dapatkan melalui situs Developer Sony, lalu masukkan ke dalam kolom Unlock Code.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E4 E2115 Dengan Lengkap #10

  24. Jika sudah, lalu klik tombol Unlock.
  25. Maka nanti proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  26. Jika prosesnya sudah selesai, lalu lepaskan ponsel dari PC dan nyalakan dengan seperti biasanya.
  27. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di ponsel Sony Xperia E4 Dual E2115 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah tidak terkunci bootloader lagi dan kamu bisa langsung memulai tahap Install TWRP Recovery atau Root di Smartphone Android yang satu ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Unlock Bootloader pada Smartphone Sony Xperia hanya dapat dilakukan dengan cara melalui aplikasi Sony Xperia Flashtool. Selain itu, kamu juga akan memerlukan Unlock Code yang bisa didapatkan melalui Website Resmi Sony Developer. Karena kode tersebut akan digunakan sebagai langkah UBL pada ponsel ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Unlock Bootloader Sony E4 Dual E2115 dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments