Cara Install TWRP LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Senin, 19 September 2022

Cara Install TWRP LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah

Cara Install TWRP LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Install TWRP LG G3 D855 untuk Android Marshmallow 6.0. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa untuk dapat memasang Custom ROM pada ponsel android, maka akan membutuhkan akses Root dan Custom Recovery TWRP.

Pada awal peresmian dari ponsel LG yang satu ini telah menggunakan Android 4.4.2, lalu kembali menerima pembaruan menjadi Android 6.0. Setelah rilisnya versi Android Marshmallow pada perangkat ini, akhirnya pihak pengembang telah meresmikan TWRP Official yang dapat dipasangkan pada versi Android 6.0 tersebut.

Oleh karena itu pada postingan yang akan saya berikan ini, disini saya akan membantu teman-teman yang ingin memasang Recovery TWRP tersebut di ponsel LG G3. Namun pastikan terlebih dahulu kalau di ponsel kamu sudah menggunakan Android Marshmallow ini. Kamu dapat mengeceknya melalui information software on your device.

Tutorial yang akan saya jelaskan di bawah ini merupakan sebuah langkah-langkah tertulis. Namun dapat dengan mudah untuk dipahami oleh orang awam. Jika kamu ingin mengetahui Instal TWRP LG G3 D855, kamu harus mempersiapkan dahulu semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk prosesnya, termasuk semua zip files dari TWRP itu sendiri.

Cara Install TWRP LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah

LG G3 merupakan sebuah Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2014. Dalam acara peresmiannya tersebut, pihak LG telah mengungkapkan bahwa pada LG G3 ini telah tersedia beberapa versi yang berbeda untuk setiap wilayah, yaitu D855 (Europe), D850 (AT&T), D851 (T-Mobile), dan D852 (Canada).

Setelah beberapa bulan sejak peresmian dari seri G3, pada bulan Oktober 2014 LG kembali meluncurkan produk andalannya yang diberi nama LG G3 Stylus. Kedua tipe tersebut memiliki desain yang sama, namun terdapat perbedaan yang signifikan dalam urusan performanya. Dari spesifikasinya, LG G3 jauh lebih unggul daripada G3 Stylus.

Walaupun LG G3 memiliki spesifikasi yang lebih unggul, namun seiring berjalannya waktu dan masa pemakaian, maka pada akhirnya performa ponsel akan semakin berkurang dan mungkin saja akan mengalami masalah. Nah, untuk mengatasi persoalan seperti ini, maka biasanya penggunanya akan melakukan metode Install TWRP LG G3 D855 Marshmallow.

1. Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses Install TWRP pada ponsel yang satu ini, alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan semua syarat-syaratnya terlebih dahulu, termasuk file TWRP nya. Karena semua persyaratan ini bisa menjadi faktor keberhasilan selama proses tersebut sedang berlangsung.

Nah, berikut ini adalah semua daftar persyaratan yang harus kamu ketahui.

  • Backup seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal ponsel.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50% atau di atasnya.
  • Install LG USB Driver di perangkat PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Pastikan kamu telah memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses flashing.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

2. Download bahan-bahan yang diperlukan

Setelah selesai mempersiapkan semua syarat-syarat untuk Install TWRP (Team Win Recovery Project) pada ponsel LG yang satu ini, sekarang kamu bisa langsung download semua file-file yang akan digunakan. Pastikan untuk download semua file tersebut dan pastikan jangan sampai ada yang tertinggal.

Nah, berikut ini adalah semua file yang harus kamu download.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP dan Root pada LG G3

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, termasuk download TWRP Official LG G3, sekarang kamu sudah dapat melakukan instalasi TWRP LG G3 dengan mengikuti tutorial yang telah saya sampaikan di bawah. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu kamu ikuti.

3.1. Langkah instalasi TWRP Recovery Official

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader pada ponsel LG G3 D855 tersebut.
  2. Selanjutnya download semua file di atas.
  3. Selanjutnya extract semua file tersebut, kecuali BETA-SuperSU-v2.52.zip dan HacerPermisivo.zip.
  4. Selanjutnya simpan semua file tersebut di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya rename file TWRP yang tadi telah kamu download menjadi recovery.img, lalu pindahkan file tersebut ke dalam folder Adb and Fastboot.
  6. Selanjutnya install LG USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  7. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  8. Selanjutnya pindahkan file BETA-SuperSU-v2.52.zip dan HacerPermisivo.zip ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  9. Selanjutnya buka folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool yang tadi telah kamu extract, lalu jalankan command prompt melalui folder tersebut.
    1. Windows 7: Klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Klik pada kolom address bar, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  10. Selanjutnya matikan ponsel LG G3 kamu, lalu press and hold Volume Atas + tombol Power (Power Button) secara bersamaan.
  11. Maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Fastboot Mode atau Download Mode.
  12. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  13. Selanjutnya masukkan perintah adb reboot bootloader di layar command prompt tadi dan tekan enter.
  14. Selanjutnya masukkan perintah fastboot devices dan tekan enter.
  15. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter.
  16. Maka nanti installing TWRP akan langsung berjalan secara otomatis.
  17. Setelah installation process nya selesai, lalu masukkan perintah fastboot boot recovery.img dan tekan enter.
  18. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan langsung masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  19. Selesai.

3.2. Langkah pemasangan Root

  1. Setelah selesai install TWRP Recovery dan ponsel berhasil masuk ke dalam Mode Recovery TWRP tersebut, lalu klik menu Install.
  2. Selanjutnya cari file HacerPermisivo.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal, lalu Swipe to confirm flash.
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama TWRP dan lakukan hal yang sama seperti tadi pada file BETA-SuperSU-v2.52.zip.
  4. Setelah proses instalasinya selesai, lalu klik Reboot System.
  5. Selanjutnya tunggu sampai ponsel berhasil menyala dan masuk ke dalam OS nya.
  6. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan instalasi Recovery TWRP dan Root pada LG G3 D855 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang kamu tinggal mengeceknya saja melalui aplikasi Root Checker yang dapat kamu download secara gratis melalui Google Play Store.

Jika kamu mengalami kegagalan dan tidak berhasil untuk melakukan kedua hal tersebut, kamu bisa menggunakan metode cara root yang berbeda yang telah saya jelaskan melalui artikel yang telah saya cantumkan pada bagian baca juga Cara Root LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk kamu pengguna ponsel LG G3 yang ingin memasang Custom ROM atau install module, maka kamu harus melakukan proses Install TWRP LG G3 D855 dan Root terlebih dahulu. Jika kamu tidak melakukan hal ini, maka kamu tidak akan dapat melanjutkan ke tahap instalasi Custom ROM tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments