Cara Root LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 26 Agustus 2022

Cara Root LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah

.

Cara Root LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Root LG G3 D855 Lollipop. Sebenarnya untuk dapat melakukan proses ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda. Namun yang paling sering digunakan oleh sebagian pengguna android adalah dengan melalui KingRoot dan Recovery TWRP.

Untuk kedua hal tersebut sama-sama memiliki persamaan, yaitu dapat dilakukan tanpa menggunakan PC atau komputer. Akan tetapi, walaupun dapat dilakukan tanpa melalui komputer, tapi ada saja sebagian orang tidak ada yang berhasil melakukannya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penggunaan metode yang tidak tepat.

Penggunaan metode yang tidak tepat bisa juga akan menyebabkan proses root tersebut akan mengalami kegagalan dan bisa juga menyebabkan terjadinya kerusakan sistem, seperti bootloop. Jika Smartphone Android LG kamu sudah mengalami bootloop seperti ini, maka kamu harus melakukan flashing atau install ulang untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, dengan melalui postingan ini saya akan membantu teman-teman yang ingin melakukan Root LG G3 D855 pada ponsel tersebut. Pada cara yang akan saya jelaskan nanti, disini saya akan menggunakan dua metode yang berbeda. Jadi kamu dapat memilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan kalian semua.

Cara Root LG G3 D855 Dengan Sangat Mudah

LG G3 merupakan sebuah Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2014. Dalam acara peresmiannya tersebut, pihak LG telah mengungkapkan bahwa pada LG G3 ini telah tersedia beberapa versi yang berbeda untuk setiap wilayah, yaitu D855 (Europe), D850 (AT&T), D851 (T-Mobile), dan D852 (Canada).

Setelah beberapa bulan sejak peresmian dari seri G3, pada bulan Oktober 2014 LG kembali meluncurkan produk andalannya yang diberi nama LG G3 Stylus. Kedua tipe tersebut memiliki desain yang sama, namun terdapat perbedaan yang signifikan dalam urusan performanya. Dari spesifikasinya, LG G3 jauh lebih unggul daripada G3 Stylus.

Walaupun LG G3 memiliki spesifikasi yang lebih unggul, namun seiring berjalannya waktu dan masa pemakaian, maka pada akhirnya performa ponsel akan semakin berkurang dan mungkin saja akan mengalami masalah. Nah, untuk mengatasi persoalan seperti ini, maka biasanya penggunanya akan melakukan metode Root LG G3 D855 5.0 untuk memperbaikinya.

1. Persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses root pada ponsel yang satu ini, alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan semua syarat-syaratnya terlebih dahulu. Karena semua persyaratan ini bisa menjadi faktor keberhasilan selama proses tersebut sedang berlangsung.

Nah, berikut ini adalah semua daftar persyaratan yang harus kamu ketahui.

  • Backup seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal ponsel.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50% atau di atasnya.
  • Install LG USB Driver di perangkat PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Pastikan kamu telah memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses flashing.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

2. Download bahan-bahan yang diperlukan

Setelah selesai mempersiapkan semua syarat-syarat untuk root pada ponsel LG yang satu ini, sekarang kamu bisa langsung download semua file-file yang akan digunakan. Pastikan untuk download semua file tersebut dan pastikan jangan sampai ada yang tertinggal.

Nah, berikut ini adalah semua file yang harus kamu download.

3. Langkah-langkah flashing yang harus kamu ikuti

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu sudah dapat melakukan flashing LG G3 dengan mengikuti tutorial yang telah saya sampaikan di bawah. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

Untuk dapat melakukan root pada ponsel LG yang satu ini, kamu harus menggunakan Android Marshmallow 6.0. Karena file root yang saya miliki ini hanya dapat digunakan pada versi android 6.0 saja. Jika kamu belum menggunakan android 6.0, maka kamu harus menginstalnya terlebih dahulu.

Namun, jika kamu sudah menggunakan android Marshmallow, maka kamu bisa langsung melewatkannya saja. Nah, berikut ini adalah semua langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

3.1. Flashing Android Marshmallow 6.0 di LG G3 D855

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Firmware LG G3 D855 Android 6.0 Marshmallow, LG USB Driver, dan LG SP Flash Tool.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install LG USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya matikan antivirus atau windows defender pada PC kalian.
  5. Selanjutnya matikan ponsel LG kamu sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  6. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan sambil menghubungkan ponsel ke PC untuk masuk ke Download Mode.
  7. Selanjutnya jalankan aplikasi LG Flash Tool yang tadi telah kamu extract.
  8. Selanjutnya klik ikon folder yang terdapat pada bagian Select KDZ file, lalu cari file firmware LG G3 Marshmallow yang tadi telah kamu download.
  9. Selanjutnya klik CSE Flash >> Start >> OK.
  10. Maka nanti proses flashingnya akan langsung berjalan secara otomatis.
  11. Selanjutnya tunggu sampai proses flashnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  12. Setelah prosesnya selesai, lalu klik Exit pada aplikasi LG SP Flashtool.
  13. Selesai.

3.2. Root dan install TWRP di LG G3 D855 menggunakan KingRoot

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download KingRoot4.5.6, AutoRecMMD855, BETA-SuperSU-v2.52, dan HacerPermisivo.
  2. Selanjutnya extract file tersebut, kecuali BETA-SuperSU-v2.52 dan HacerPermisivo. Lalu simpan di dalam penyimpanan internal ponsel.
  3. Selanjutnya buka aplikasi Settings >> General >> Security, lalu aktifkan Unknown sources.
  4. Selanjutnya install aplikasi KingRoot yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  5. Selanjutnya buka aplikasi KingRoot tersebut dan klik Try It.
  6. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai KingRoot selesai mendeteksi ponsel.
  7. Selanjutnya klik TRY TO ROOT.
  8. Maka nanti proses root nya akan langsung berjalan secara otomatis.
  9. Selanjutnya tunggu sampai proses root nya selesai.
  10. Jika saat proses root tiba-tiba aplikasi KingRoot nya keluar sendiri, lalu install aplikasi AutoRecMMD855.
  11. Selanjutnya buka aplikasi AutoRec for MM tersebut, lalu klik Decline.
  12. Selanjutnya klik Allow, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  13. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik tombol M atau logo aplikasi tersebut yang terletak di bagian tengah.
  14. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik OK. Maka nanti ponsel akan restart dan akan langsung masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  15. Selanjutnya klik menu Install, lalu cari file HacerPermisivo.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke penyimpanan internal, lalu Swipe to confirm flash.
  16. Selanjutnya kembali dan lakukan hal yang sama untuk file BETA-SuperSU-v2.52.zip.
  17. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot System.
  18. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan Root dan Install TWRP di ponsel LG G3 D855 Android Marshmallow dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan. Sekarang kamu tinggal mengeceknya saja melalui aplikasi Root Checker untuk mengetahui apakah ponsel sudah berhasil di root atau belum.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan dan mengetahui Cara Root LG G3 D855 Marshmallow, kamu harus menggunakan file KingRoot, SuperSU, dan lainnya yang telah saya berikan pada postingan ini. Satu hal yang harus kamu ketahui, pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda