Cara Install TWRP OnePlus One Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 20 September 2022

Cara Install TWRP OnePlus One Dengan Sangat Mudah

Cara Install TWRP OnePlus One Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP OnePlus One. TWRP merupakan sebuah Recovery Mode yang dapat digunakan untuk melakukan Wipe Data, Root, Install Kernel, Install Custom ROM, dan masih banyak lagi fungsi lainnya yang dapat kamu manfaatkan dengan menggunakan fitur ini.

TWRP Recovery on OnePlus One kini sudah tersedia versi resmi dan customnya. Untuk kedua file tersebut dapat kamu install di ponsel OnePlus tersebut secara bebas. Akan tetapi, sebelum memulai proses instalasinya, kamu harus sudah melakukan Unlock Bootloader. Karena Unlock Bootloader (UBL) merupakan syarat utama untuk menginstal TWRP pada ponsel android.

Setiap Smartphone Android apapun, pasti memiliki bootloader yang masih terkunci. Karena hal tersebut dapat memberikan keamanan agar ponsel terhindar dari ancaman atau kerusakan lainnya. Jika kamu ingin memulai proses pemasangan Custom Recovery TWRP pada ponsel android yang satu ini, maka kamu harus memulainya dari Unlock Bootloader dahulu.

TWRP (Team Win Recovery Project) sudah banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna ponsel android yang ingin melakukan kustomisasi sistem pada perangkat tersebut. Jika kamu salah satu orang yang ingin memodifikasi pada ponsel android, maka kamu wajib mengetahui langkah-langkah How To Install TWRP OnePlus One dengan benar dan mudah.

Cara Install TWRP OnePlus One Dengan Sangat Mudah

OnePlus One merupakan Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2014 dan sudah menggunakan Android 4.4.2 dan dapat di update ke versi Android 6.0.1. Ponsel android besutan OnePlus memiliki kinerja dan performa yang sangat baik. Hal tersebut menjadikan perangkat ini banyak dicari oleh masyarakat pada masa itu.

OnePlus One juga termasuk salah satu ponsel android kelas menengah ke bawah yang sangat diminati oleh masyarakat. Karena ponsel ini dilengkapi dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 16 GB / 64 GB. Dengan mempunyai spesifikasi tersebut cukup mampu untuk menyimpan berbagai file di dalam ponsel dengan cukup banyak dan tidak terlalu ngelag.

Sedangkan untuk kemampuan kameranya telah dilengkapi dengan resolusi 13 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan, serta mampu membuat rekaman video dengan kualitas 4K. Nah, itulah beberapa informasi singkat mengenai ponsel ini. Sekarang kamu sudah dapat download TWRP OnePlus One Zip melalui link di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses Install TWRP untuk OnePlus One yang satu ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syaratnya termasuk unlock the bootloader. Karena salah satu syarat tersebut dapat menjadi faktor keberhasilan untuk proses instalasi TWRP pada ponsel ini.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya 50% atau lebih.
  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Pastikan download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang disebutkan.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader terlebih dahulu
  • Siap menerima resiko apapun yang akan terjadi nantinya.

2. Download semua bahan yang diperlukan

Jika kamu sudah mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu tinggal download semua bahan-bahannya saja. Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download untuk memulai proses Installing TWRP tersebut.

Nah, untuk bahan-bahannya silahkan kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah Install TWRP pada OnePlus One

Untuk teman-teman yang saat ini ingin melakukan instalasi TWRP pada ponsel yang satu ini, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika ingin berhasil.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

3.1. Enable USB Debugging dan OEM Unlock

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih System >> About Phone >> lalu ketuk 7x pada Build Number.
  3. Maka nanti akan muncul menu Developer Options.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama pengaturan, lalu pilih Developer Options.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol atau beri tanda centang pada OEM Unlock dan USB Debugging mode.
  6. Selesai.

3.2. Proses Install TWRP

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika kamu belum melakukannya, maka kamu bisa mengikuti tutorial yang telah saya berikan melalui artikel pada bagian Baca Juga.
  3. Jika kamu sudah melakukannya, silahkan download semua bahan-bahan di atas.
  4. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya install OnePlus USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  6. Selanjutnya rename file TWRP yang tadi telah kamu download menjadi recovery.img.
  7. Selanjutnya pindahkan file TWRP tersebut ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot yang tadi telah kamu extract.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder tersebut. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  9. Maka nanti tampilan command prompt akan langsung terbuka secara otomatis.
  10. Selanjutnya matikan ponsel OnePlus dan nyalakan ke dalam Fastboot Mode.
  11. Untuk dapat melakukannya, silahkan hold the Volume Atas + Power secara bersamaan.
  12. Setelah ponsel sudah berhasil masuk ke dalam Fastboot Mode, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  13. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader di layar command prompt tadi dan tekan enter.
  14. Selanjutnya typing fastboot devices dan tekan enter.
  15. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter.
  16. Selanjutnya ketik perintah fastboot boot recovery.img / fastboot reboot dan tekan enter.
  17. Maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Mode Recovery TWRP secara otomatis.
  18. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai install TWRP Recovery di ponsel OnePlus One dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Root OnePlus One dengan melalui TWRP tersebut. Jika kamu ingin melakukannya, kamu dapat mengikuti caranya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah TWRP merupakan sebuah fitur atau layanan yang sering digunakan oleh pengguna android untuk dapat melakukan proses modifikasi sistem. Sedangkan jika kamu ingin mengetahui How To Boot To TWRP OnePlus One, kamu bisa melakukannya dengan cara menekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments