Cara Unlock Bootloader OnePlus One Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 21 September 2022

Cara Unlock Bootloader OnePlus One Dengan Sangat Mudah

Cara Unlock Bootloader OnePlus One Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Unlock Bootloader OnePlus One. Akan tetapi sebelum kamu memulainya, pastikan dahulu kalau kamu sudah mempunyai aplikasi atau tool yang bersama Android SDK Platform Tool untuk Windows.

Karena aplikasi tersebut dapat membantu kalian yang ingin melakukan proses Unlock Bootloader melalui Minimal Adb and Fastboot. Sebelum memulai langkah-langkahnya, ada baiknya jika kamu melakukan factory reset terlebih dahulu agar ponsel dalam kondisi baik. Karena jika ponsel dalam kondisi tidak sehat, maka biasanya akan menyebabkan kegagalan.

Unlocking the bootloader merupakan sebuah bootloader yang sudah tidak terkunci agar memungkinkan penggunanya untuk melakukan instalasi pihak ketiga atau memodifikasi sistem. Setiap ponsel android apapun pasti memiliki bootloader yang masih terkunci demi memberikan keamanan agar ponsel tidak mudah mengalami error atau kerusakan sistem.

Oleh karena itu pada postingan yang akan saya berikan ini, disini saya akan membantu teman-teman yang ingin melakukan proses Unlock Bootloader OnePlus One agar dapat segera memulai langkah flashed TWRP Recovery. Jika kamu memulai instalasi TWRP atau Root pada ponsel yang belum di UBL, maka biasanya akan menyebabkan bootloop.

Cara Unlock Bootloader OnePlus One Dengan Sangat Mudah

OnePlus One merupakan Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2014 dan sudah menggunakan Android 4.4.2 dan dapat di update ke versi Android 6.0.1. Ponsel android besutan OnePlus memiliki kinerja dan performa yang sangat baik. Hal tersebut menjadikan perangkat ini banyak dicari oleh masyarakat pada masa itu.

OnePlus One juga termasuk salah satu ponsel android kelas menengah ke bawah yang sangat diminati oleh masyarakat. Karena ponsel ini dilengkapi dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 16 GB / 64 GB. Dengan mempunyai spesifikasi tersebut cukup mampu untuk menyimpan berbagai file di dalam ponsel dengan cukup banyak dan tidak terlalu ngelag.

Sedangkan untuk kemampuan kameranya telah dilengkapi dengan resolusi 13 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan, serta mampu membuat rekaman video dengan kualitas 4K. Nah, itulah beberapa informasi singkat mengenai ponsel ini. Sekarang kamu sudah dapat melakukan proses How To Unlock Bootloader OnePlus One.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses Unlock Bootloader untuk OnePlus One yang satu ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syaratnya. Karena jika device’s bootloader sudah tidak terkunci, maka penggunanya bisa melakukan banyak hal untuk memodifikasi sistem.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya 50% atau lebih.
  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Pastikan download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang disebutkan.
  • Siap menerima resiko apapun yang akan terjadi nantinya.

2. Download semua bahan yang diperlukan

Jika kamu sudah mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu tinggal download semua bahan-bahannya saja. Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download untuk memulai proses Unlock Bootloader.

Jika kamu sudah berhasil melakukan proses yang satu ini, maka kamu bisa installed Custom Recovery TWRP untuk memulai proses root pada ponsel OnePlus One ini. Karena syarat wajib untuk menginstal TWRP adalah ponsel yang sudah terbuka kunci bootloader.

Nah, untuk bahan-bahannya silahkan kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah Unlock Bootloader pada OnePlus One

Untuk teman-teman yang saat ini ingin melakukan Unlock Bootloader pada ponsel yang satu ini, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Pastikan sebelum memulainya, kamu sudah backup dahulu seluruh data yang terdapat di internal memory.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

3.1. Enable USB Debugging dan OEM Unlock

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih System >> About Phone >> lalu ketuk 7x pada Build Number.
  3. Maka nanti akan muncul menu Developer Options.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan / Settings >> Developer Options.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol atau beri tanda centang pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  6. Sekarang ponsel kamu sudah dalam kondisi android debug dan OEM Unlock.
  7. Selesai.

3.2. Proses Unlock Bootloader

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install OnePlus USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan data cable / kabel USB. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  5. Selanjutnya buka Minimal Adb and Fastboot Platform Tools folder, lalu jalankan command prompt melalui folder tersebut.
  6. Untuk dapat melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  7. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt window yang berwarna hitam.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader di layar command prompt yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  9. Jika muncul layar perizinan pada ponsel kamu, silahkan klik OK / Yes.
  10. Maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Fastboot Mode.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter. Perintah tersebut untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  12. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock untuk memulai proses Unlock Bootloader.
  13. Selanjutnya pilih UNLOCK THE BOOTLOADER pada layar ponsel OnePlus kamu.
  14. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot untuk merestart ponsel.
  15. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader pada ponsel OnePlus One yang satu ini. Sekarang ponsel kamu sudah dalam kondisi bootloader tidak terkunci, Jadi kamu sudah dapat melakukan Install TWRP Recovery dan Root OnePlus One dengan menggunakan SuperSU zip.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Unlock Bootloader merupakan sebuah sistem keamanan yang memungkinkan ponsel mendapatkan keamanan agar tidak mengalami kerusakan sistem. Pada ponsel android yang sudah di UBL, maka akan mampu melakukan proses modifikasi sistem seperti Root atau Install Custom Recovery TWRP.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: