Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 22 September 2022

Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat

Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Realme 3. Sebagian besar pengguna ponsel android yang ingin melakukan root agar dapat menginstal Custom ROM, maka biasanya mereka akan melakukan UBL terlebih dahulu, karena ini merupakan syarat utamanya.

Sebenarnya untuk dapat melakukan Cara Unlock Bootloader Realme 3 ini tidak sesulit apa yang kalian bayangkan. Hanya saja yang paling tidak disukai oleh kebanyakan orang adalah dengan menunggu hasil pengajuannya diterima oleh pihak Realme. Karena untuk proses Unlock Bootloader tersebut akan menggunakan metode resmi melalui aplikasi official Realme.

Untuk teman-teman yang ingin melaksanakan langkah ini sebagai proses awal untuk memodifikasi sistem ponsel Realme, maka kamu harus membackup dahulu semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal. Karena biasanya proses tersebut akan mengharuskan untuk menghapus seluruh isi data yang terdapat di dalam Smartphone Realme.

Jika kamu sudah membackup seluruh data tersebut ke tempat yang lebih aman, sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Cara Unlock Bootloader Realme 3. Akan tetapi sebelum saya menjelaskan langkah-langkahnya, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai spesifikasi dari ponsel yang memiliki kualitas terbaik ini.

Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat

Realme 3 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi dirilis pada bulan Maret 2019. Sejak awal peresmiannya hingga saat ini ternyata ponsel ini masih banyak dicari oleh sebagian masyarakat dari berbagai wilayah. Pasalnya pada perangkat Realme yang satu ini memiliki spesifikasi yang cukup baik, serta harga jualnya kini telah semakin terjangkau.

Ponsel Realme 3 untuk pertama kalinya telah menggunakan Android 9.0 dan kini dapat di update ke versi Android 10. Sedangkan untuk proses pembaruan tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu menggunakan jasa service hanya ingin upgrade firmware tersebut. Walaupun untuk saat ini masih Android 10 untuk versi tertingginya.

Pada ponsel Realme ini terdapat dua varian yang berbeda, yaitu RMX1825 dan RMX1821. Walaupun perangkat ini memiliki dua versi yang berbeda, tapi memiliki spesifikasi yang sama. Untuk Chipsetnya menggunakan Mediatek MT6771 Helio P60. CPU Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53), dan GPU Mali-G72 MP3.

Sedangkan untuk RAM 3 GB / 4 GB dan memori internal 32 GB / 64 GB. Selain itu untuk kamera belakangnya sudah menggunakan resolusi 13 MP dan kamera depan 13 MP. Nah, untuk kamu yang ingin melakukan Unlock Bootloader Realme 3 Android 10, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan melalui penjelasan di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses Unlock Bootloader atau membuka kunci bootloader di ponsel Realme 3 yang satu ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan. Karena semua persyaratan ini dapat menjadi faktor keberhasilan selama proses berlangsung.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  • Backup semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel Realme 3 sampai terisi daya minimal 50% atau diatasnya.
  • Install Realme USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Siapkan sebuah media kabel USB dan PC atau laptop.
  • Siapkan sebuah penyimpanan SD Card minimal 8 GB.
  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil.
  • Download semua file-file yang akan dibutuhkan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu harus download semua file-file yang akan diperlukan untuk proses Unlock Bootloader. Pastikan kamu telah mengunduh semua file tersebut dan jangan sampai ada yang terlewatkan satu pun.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download melalui link di bawah ini.

3. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Realme 3

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu bisa langsung memulai proses Unlock Bootloader di ponsel android yang satu ini. Sebelum memulainya ada satu hal yang harus kamu ketahui, pastikan kamu sudah siap menerima resiko apapun yang akan terjadi. Karena disini saya tidak bertanggung jawab atas kesalahan tersebut.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya install Realme USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya pindahkan file In-depth Test yang sudah di extract ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  5. Selanjutnya install aplikasi In-depth Test tersebut di ponsel Realme 3 kalian.
  6. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging melalui menu Developer Options.
  7. Untuk dapat melakukannya, pertama buka aplikasi Pengaturan (Settings) >> Tentang Ponsel (About Phone) >> lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan (Build Number).
  8. Maka nanti menu Opsi Pengembang atau Developer Options akan terbuka.
  9. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang >> lalu cari USB Debugging dan OEM Unlock.
  10. Selanjutnya kamu aktifkan tombol di sebelahnya.
  11. Jika kamu sudah selesai mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging, lalu jalankan aplikasi In-depth Test yang tadi telah kamu install.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat #1

  12. Selanjutnya klik Start applying.
  13. Maka nanti kamu akan melihat layar Disclaimer, lalu beri tanda centang pada I have read and agreed to the aforesaid content.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat #2

  14. Jika sudah, lalu klik Submit application.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat #3

  15. Maka nanti permohonan pengajuan Unlock Bootloader akan dikirimkan ke Realme, lalu kamu tunggu saja sampai mendapatkan pembalasan tentang permohonan tersebut.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat #4

  16. Jika permohonan kamu sudah disetujui, maka akan muncul pesan Review successful yang terdapat pada aplikasi In-depth Test.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat #5

  17. Selanjutnya klik pada Start the in-depth test.
  18. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan kamu akan melihat pesan pada layar ponsel yang bertuliskan fastboot_unlock_verify ok.
  19. Selanjutnya buka folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool yang tadi telah kamu extract, lalu jalankan command prompt atau cmd melalui folder tersebut.
  20. Untuk dapat melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  21. Maka nanti tampilan command prompt akan langsung terbuka secara otomatis.
  22. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  23. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader di dalam command prompt yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  24. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam Mode Fastboot.
  25. Selanjutnya ketik perintah fastboot flashing unlock dan tekan enter.
  26. Maka nanti di ponsel Realme kamu akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, lalu pilih UNLOCK THE BOOTLOADER.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Dengan Tepat #6

  27. Untuk dapat mengarahkannya kamu bisa tekan tombol Volume Atas atau Volume Bawah, dan untuk mengkonfirmasikannya tekan tombol Power.
  28. Maka nanti proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  29. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter.
  30. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam OS-nya.
  31. Jika pada ponsel kamu tidak restart otomatis, kamu dapat merestartnya dengan cara manual, yaitu tekan dan tahan tombol Power kurang lebih 10 detik.
  32. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di Realme 3 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah tidak terkunci OEM lagi, jadi kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Install TWRP dan Root. Jika kamu ingin mengetahui caranya, kamu dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Unlock Bootloader merupakan sebuah langkah awal untuk memodifikasi sistem ponsel android dengan menggunakan TWRP dan Root. Untuk Smartphone Android yang masih terkunci OEM, maka penggunanya tidak akan dapat melakukan kedua hal tersebut. Jadi, kamu harus membuka kunci bootloadernya terlebih dahulu.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Unlock Bootloader Realme 3 dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: