Cara Install TWRP Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 20 September 2022

Cara Install TWRP Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Cara Install TWRP Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Pasang TWRP Oppo A37. Seperti yang diketahui bahwa dengan memiliki TWRP pada ponsel android, maka penggunanya dapat menginstal Custom ROM atau Root. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin mempunyai fitur yang satu ini di ponsel mereka.

TWRP Recovery merupakan sebuah mode recovery yang memiliki interface layar sentuh yang dapat membantu penggunanya melakukan banyak hal seperti memodifikasi sistem android. Akan tetapi sebelum memulai memasangkannya di perangkat Smartphone, maka penggunanya harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Oleh karena itu dengan melalui postingan yang akan saya berikan ini, disini saya akan membagikan sebuah file TWRP Recovery untuk Oppo A37 dan lengkap dengan cara instalasinya. Selain itu pada file recovery yang akan saya berikan tersebut, disini saya telah menggunakan TWRP Recovery Official yang hanya diciptakan untuk Smartphone Android ini.

Tidak hanya itu saja, tetapi pada file recovery tersebut juga telah menggunakan versi terbaru yang memiliki fitur canggih lainnya seperti layar sentuh, enkripsi, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik ingin mempunyai TWRP Oppo A37 untuk dapat melakukan proses Root Oppo A37 dengan menggunakan Magisk atau SuperSU, silahkan kamu download di bawah ini.

Cara Install TWRP Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Oppo A37 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2016 lalu. Pada waktu pertama kalinya diresmikan ke publik ponsel ini sudah menggunakan Android 5.1 ColorOS 3. Selain itu, dalam segi desainnya telah dibuat dengan sangat elegan dan tersedia beberapa warna seperti Gold dan Rose Gold.

Namun sebagian besar masyarakat lebih menyukai dengan pilihan warna Rose Gold. Karena dengan perpaduan antara kedua warna tersebut membuat ponsel jadi lebih memiliki tampilan yang cantik. Untuk ponsel seri A37 ini telah tersedia beberapa varian model yang berbeda untuk setiap wilayah, seperti A37F, A37FW, dan A37M.

Dari ketiga model tersebut memiliki spesifikasi yang sama, yaitu untuk prosesornya menggunakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya sebesar 16 GB dan RAM 2 GB. Selain itu, kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP.

Nah, itulah semua rincian dan deskripsi untuk mengulas spesifikasi mengenai ponsel android yang satu ini, sekarang kita kembali ke topik pembahasan sebelumnya. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui File TWRP Oppo A37, maka kamu bisa mengikuti proses instalasi custom recovery yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap dan mudah.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum memulai proses instalasi TWRP (Team Win Recovery Project) pada ponsel yang satu ini, maka kamu harus menyiapkan dahulu semua persyaratannya. Jika tidak, maka selama proses pemasangannya bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, berikut ini adalah semua syarat-syarat yang harus kamu lakukan.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Pastikan kamu telah menyiapkan laptop atau PC dan kabel USB.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Install Oppo USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Siap menerima resiko apapun yang akan terjadi nantinya.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader terlebih dahulu.

2. Download bahan-bahan yang diperlukan

Setelah kalian selesai menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu tinggal download semua bahan-bahannya saja yang diperlukan untuk memulai proses instalasi TWRP dengan menggunakan cara adb and fastboot melalui PC atau laptop.

Nah, berikut ini adalah semua bahan-bahan yang harus kamu download.

3. Langkah-langkah instalasi Recovery TWRP

Setelah teman-teman selesai menyiapkan semua syarat-syarat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk proses instalasi TWRP, sekarang kamu bisa langsung memulai proses pemasangannya sebelum melakukan Root Oppo A37F dengan Magisk atau SuperSU.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

3.1. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan pilih menu Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel (About Phone) >> lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan (Build Number).
  3. Maka nanti akan muncul menu baru yang bernama Opsi Pengembang (Developer Options).
  4. Selanjutnya kembali pada menu utama Pengaturan >> Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

3.2. Langkah instalasi TWRP

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika kamu belum melakukannya, maka kamu bisa mengikuti tutorial yang telah saya berikan melalui artikel yang terdapat pada bagian Baca Juga.
  3. Jika kamu sudah melakukannya, maka kamu bisa langsung download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  4. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya install Oppo USB Driver di PC atau laptop yang akan kamu gunakan.
  6. Selanjutnya rename file TWRP yang tadi telah kamu extract menjadi recovery.img, lalu pindahkan ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot yang tadi telah di extract.
  7. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder adb and fastboot tersebut, untuk melakukannya silahkan lihat caranya di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  8. Maka nanti tampilan cmd atau command prompt akan langsung terbuka secara otomatis.
  9. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan kondisi ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  10. Selanjutnya ketik perintah ini adb reboot bootloader di layar cmd tadi dan tekan enter.
  11. Perintah tersebut bertujuan untuk membooting ponsel ke dalam Mode Bootloader.
  12. Selanjutnya ketik perintah ini fastboot devices dan tekan enter.
  13. Perintah tersebut bertujuan untuk mengecek apakah ponsel sudah terkoneksi dengan command prompt atau belum.
  14. Selanjutnya ketik perintah ini fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter.
  15. Perintah tersebut bertujuan untuk memulai proses instal TWRP di ponsel.
  16. Selanjutnya ketik perintah ini fastboot reboot dan tekan enter.
  17. Perintah tersebut bertujuan untuk merestart ponsel secara otomatis.
  18. Akan tetapi jika perintah tersebut tidak berhasil, kamu dapat merestartnya dengan cara manual.
  19. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan proses install TWRP Recovery di ponsel Oppo A37 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap root. Jika kamu ingin mengetahui cara root Oppo A37, kamu bisa melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah TWRP Recovery merupakan sebuah fitur atau mode recovery yang dapat digunakan untuk membantu melakukan modifikasi sistem. Tanpa adanya layanan ini pada Smartphone Android apapun termasuk Oppo, maka penggunanya tidak akan dapat melakukan Root atau instalasi Custom ROM serta install kernel yang lainnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Pasang TWRP Oppo A37 dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments