Cara Root Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 27 Agustus 2022

Cara Root Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Cara Root Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Root Oppo A37 Dengan PC. Dengan melakukan root pada ponsel android, maka penggunanya dapat menginstal atau memasang Custom ROM pada perangkat tersebut agar dapat memiliki kemampuan dan performa yang maksimal.

Pada tutorial yang akan saya berikan melalui postingan ini, disini saya telah menyediakan dua langkah atau metode yang berbeda untuk dapat melakukan root pada ponsel Oppo A37 yang satu ini. Cara-cara yang akan saya jelaskan tersebut sudah terbukti berhasil dari berbagai sumber. Akan tetapi sebelum memulainya, kamu harus melakukan Unlock Bootloader dahulu.

Untuk kamu yang masih pemula atau baru pertama kali melakukan root untuk ponsel android, biasanya kamu tidak akan selalu berhasil pada tahap pertama. Biasanya kamu akan mengalami kegagalan selama proses root berlangsung. Oleh karena itu penting sekali mendapatkan pengalaman kegagalan agar dapat memahami letak kesalahan yang kamu lakukan.

Dengan mendapatkan pengalaman kegagalan seperti ini dapat membuat kamu berpikir jauh lebih keras agar tidak mengalami hal yang serupa di kesempatan berikutnya. Namun, jika kamu mengikuti instruksi root Oppo A37F dengan teliti, maka kamu akan terhindar dari yang namanya kegagalan. Nah, ini merupakan penjelasan tentang Cara Root Oppo A37 Tanpa PC.

Cara Root Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Oppo A37 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2016 lalu. Pada waktu pertama kalinya diresmikan ke publik ponsel ini sudah menggunakan Android 5.1 ColorOS 3. Selain itu, dalam segi desainnya telah dibuat dengan sangat elegan dan tersedia beberapa warna seperti Gold dan Rose Gold.

Namun sebagian besar masyarakat lebih menyukai dengan pilihan warna Rose Gold. Karena dengan perpaduan antara kedua warna tersebut membuat ponsel jadi lebih memiliki tampilan yang cantik. Untuk ponsel seri A37 ini telah tersedia beberapa varian model yang berbeda untuk setiap wilayah, seperti A37F, A37FW, dan A37M.

Dari ketiga model tersebut memiliki spesifikasi yang sama, yaitu untuk prosesornya menggunakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya sebesar 16 GB dan RAM 2 GB. Selain itu, kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP.

Nah, itulah semua rincian dan deskripsi untuk mengulas spesifikasi mengenai ponsel android yang satu ini, sekarang kita kembali ke topik pembahasan sebelumnya. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui proses Root Oppo A37, maka kamu bisa mengikuti proses root yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap dan mudah untuk dipahami.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai root dengan menggunakan aplikasi KingRoot atau dengan melalui TWRP Recovery, ada baiknya jika kamu mengetahui dahulu semua syarat-syarat yang akan diperlukan. Karena semua persyaratan tersebut wajib kamu lakukan jika ingin berhasil.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Pastikan kamu telah menyiapkan laptop atau PC dan kabel USB.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Install Oppo USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Siap menerima resiko apapun yang akan terjadi nantinya.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader terlebih dahulu.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Setelah kamu selesai menyiapkan semua persyaratan di atas untuk root android Oppo A37, sekarang kamu tinggal download semua bahan-bahan yang diperlukan. Pastikan kamu telah download semua file tersebut dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download melalui daftar di bawah ini.

3. Langkah-langkah root pada ponsel Oppo A37

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa disini saya akan menjelaskan tentang root untuk ponsel Oppo dengan menggunakan dua cara yang berbeda. Tenang saja, karena untuk kedua cara tersebut tidak akan menggunakan PC atau tanpa PC.

Berikut ini adalah dua cara tersebut yang dapat kamu pilih salah satu.

3.1. Root dengan menggunakan aplikasi KingRoot

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Untuk dapat menggunakan cara ini, kamu tidak perlu menggunakan PC atau laptop. Jadi kamu hanya cukup menggunakan ponsel Oppo A37 tersebut dan koneksi internet.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download aplikasi KingRoot.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya pindahkan file di dalamnya ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock melalui Developer Options.
  5. Untuk dapat melakukannya, pertama buka dahulu aplikasi Pengaturan >> Tentang Ponsel >> lalu tap 7x pada Nomor Bentukan atau Build Number.
  6. Maka nanti menu Developer Options akan terbuka secara otomatis.
  7. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Opsi Pengembang / Developer Options.
  8. Selanjutnya beri tanda centang atau aktifkan tombol pada OEM Unlock seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Root Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah #1

  9. Selanjutnya install apk KingRoot yang tadi telah kamu pindahkan ke ponsel.
  10. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu buka aplikasi KingRoot tersebut.
  11. Selanjutnya klik tombol root dengan cara Try to Root atau Try It untuk memulai proses rooting.
  12. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya 100%, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  13. Setelah prosesnya sudah mencapai 100%, maka kamu akan melihat pesan ROOT SUCCEED.
  14. Selanjutnya restart ponsel Oppo A37 kalian masing-masing.
  15. Selesai.

3.2. Root dengan menggunakan Recovery TWRP

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan file Magisk.zip yang di flash melalui TWRP Recovery. Untuk cara yang satu ini, kamu harus menggunakan file Magisk yang sesuai dengan versi android yang kamu gunakan saat ini. Karena jika file Magisk dan versi androidnya tidak sesuai, maka proses rootnya tidak akan berhasil.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP.
  2. Jika kamu belum melakukan kedua hal tersebut, maka kamu bisa mengikuti caranya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Jika kamu sudah melakukan kedua hal tersebut, selanjutnya download file Magisk dan pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock melalui Developer Options.
  5. Untuk dapat melakukannya, pertama buka menu Settings >> About Phone >> lalu tap 7x kali pada Build Number.
  6. Maka nanti akan muncul Developer Options / Opsi Pengembang.
  7. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Opsi Pengembang.
  8. Selanjutnya aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  9. Selanjutnya matikan ponsel Oppo A37 tersebut dan nyalakan ke dalam Mode Recovery TWRP.
  10. Untuk mengetahui cara masuk ke TWRP, bisa dilakukan dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  11. Selanjutnya pilih menu Install, lalu cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam ponsel.
  12. Selanjutnya lakukan Swipe to confirm flash untuk memulai proses pemasangannya.
  13. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  14. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot System dan tunggu sampai ponsel berhasil menyala kembali.
  15. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root pada ponsel Oppo A37 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Untuk dapat mengetahui apakah ponsel sudah berhasil di root atau belum, kamu dapat mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang dapat di download secara gratis melalui Play Store.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah root merupakan sebuah metode yang dapat dilakukan oleh pengguna ponsel android yang ingin melakukan modifikasi sistem terhadap ponsel tersebut. Selain itu untuk proses rootnya sendiri terdapat banyak cara yang bisa dilakukan. Namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan metode Recovery TWRP atau tanpa PC.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Root Oppo A37 dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments