Cara Flash Motorola RAZR XT910 Dengan Benar - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 21 Januari 2023

Cara Flash Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Cara Flash Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Flash Motorola XT910. Cara flash ini sangat penting sekali untuk kalian yang ingin memperbaiki ponsel Android yang mengalami masalah bootloop akibat mengalami kegagalan dalam proses melakukan instalasi Custom ROM, Root, atau TWRP Recovery.

Motorola RAZR XT910 merupakan Smartphone Android kelas menengah kebawah yang telah resmi diluncurkan pada tahun 2011. Ponsel Android ini memiliki spesifikasi kamera depan 1.3 MP dan kamera belakang 8 MP, serta untuk prosesornya telah menggunakan Chipset TI OMAP 4430, CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A9, dan GPU PowerVR SGX540.

Ponsel Android Motorola ini pertama kali dirilis telah menggunakan Android 2.3.5 (Gingerbread) dan dapat di upgrade ke versi Android 4.1.2 (Jelly Bean). Dengan dibekali spesifikasi yang minim membuat banyak orang ingin melakukan root di ponsel tersebut agar dapat dimodifikasi dengan menginstal Custom ROM yang memiliki performa yang lancar.

Namun tidak banyak orang yang dapat berhasil memasang Custom ROM untuk Motorola dan mengakibatkan ponsel malah mengalami bootloop atau stuck di logo, maka untuk memperbaiki ponsel yang mengalami masalah seperti ini harus dilakukan dengan Cara Flash Motorola XT910. Apakah kamu salah satu orang yang sedang mengalami kesulitan seperti ini?

Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Sebenarnya untuk dapat melakukan flashing di ponsel ini dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu bisa melalui Custom Recovery TWRP atau SP Flash Tool. Namun cara yang paling ampuh adalah dengan melalui SP Flash Tool yang akan membuat kondisi ponsel seperti baru lagi.

  • Backup semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Install Motorola USB Driver di PC atau laptop.
  • Kabel USB, komputer, dan koneksi internet yang stabil.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disampaikan.

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, maka sekarang kamu bisa melanjutkan ke tahap Cara Flash Motorola XT910 dengan menggunakan file Stock ROM. Untuk file Stock ROM tersebut dapat kamu download melalui link di bawah ini.

Baca Juga : Cara Root Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Download Semua File Yang Akan Dibutuhkan

Cara flashing di ponsel Motorola RAZR XT910 hanya dapat dilakukan melalui aplikasi SP Flashtool, karena aplikasi flashtool tersebut dapat digunakan untuk semua ponsel Android yang menggunakan chipset Mediatek atau Qualcomm, termasuk Motorola seri RAZR ini.

Jika semua file di atas sudah kamu download semuanya, maka sekarang kamu bisa langsung memulai proses flashing untuk ponsel Motorola RAZR yang satu ini. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dengan melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Baca Juga : Cara Install TWRP Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Cara Flash Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Untuk teman-teman yang sedang mengalami masalah bootloop di ponsel Android Motorola RAZR XT910, maka kamu dapat melihat cara mengatasinya melalui langkah-langkah di bawah ini. Karena cara flashing ini sudah terbukti sangat ampuh untuk memperbaiki ponsel yang bootloop.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Motorola USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya buka folder Motorola Flash Tool yang sudah di extract, lalu kamu install dulu aplikasinya sampai selesai.
  5. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu jalankan Motorola Flash Tool tersebut.
  6. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke dalam Fastboot Mode dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  7. Jika ponsel sudah masuk ke Fastboot Mode, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  8. Selanjutnya klik ikon titik tiga yang ada di Motorola Flash Tool, lalu arahkan ke dalam folder firmware yang tadi telah di extract.
  9. Selanjutnya pilih file SPDIRD-40_ASIA_OPT_1C.91P_CFC_P2B_Signed, lalu klik Open.
  10. Selanjutnya klik Start, maka proses flashing akan langsung berjalan secara otomatis.
  11. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  12. Jika proses flashingnya sudah selesai, lalu Restart ponsel Motorola tersebut.
  13. Selesai.

Note: File firmware di atas hanya cocok digunakan untuk wilayah Asia. Jadi, jangan coba-coba untuk menggunakan firmware tersebut di wilayah selain Asia.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flash di Motorola RAZR XT910 dengan menggunakan file firmware yang telah saya berikan di atas. Sekarang ponsel Motorola kamu sudah kembali normal lagi dan semua permasalahan sebelumnya sudah diperbaiki.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi ponsel Android yang mengalami bootloop bisa diperbaiki dengan cara flashing. Karena proses flash ini akan mengembalikan kondisi ponsel seperti baru lagi dan semua masalah apapun akan hilang semuanya. Sebagian besar pengguna Android yang mengalami bootloop, maka mereka akan menggunakan cara ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: