Cara Install TWRP Motorola RAZR XT910 Dengan Benar - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 22 Februari 2023

Cara Install TWRP Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Cara Install TWRP Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Motorola RAZR XT910.. Untuk teman-teman yang saat ini sedang membutuhkan file recovery tersebut, maka kamu dapat mengambilnya melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini secara gratis dan lengkap dengan cara instalasinya.

Sebenarnya terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menginstal TWRP Recovery di ponsel Motorola yang satu ini, tetapi dari sekian banyaknya tutorial akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan tanpa root. Recovery TWRP merupakan salah satu alat terbaik yang dapat digunakan untuk menginstal Custom ROM di Smartphone Android.

Custom Recovery TWRP mampu mengerjakan berbagai hal yang dapat dilakukan untuk memodifikasi sistem dari ponsel Android. Alat gratis ini juga dapat digunakan untuk backup OS, restore OS, install tweak atau kernel zip, root, dan masih banyak lagi. Tentu saja banyak pengguna Android yang tertarik ingin memasang alat ini di ponsel, termasuk Motorola RAZR.

Seperti yang diketahui, bahwa selama ini untuk dapat menginstall Custom ROM akan memerlukan akses root di ponsel. Untuk memiliki akses root, pengguna ponsel Android apapun harus Install TWRP Motorola RAZR XT910 terlebih dahulu. Oleh karena itu melalui halaman ini saya akan membantu teman-teman yang ingin memasangkannya di ponsel Motorola.

Pengertian TWRP Recovery

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang telah tersedia sejak beberapa tahun yang lalu. Kelebihan dengan menggunakan TWRP Recovery, yaitu terdapat banyak menu yang dapat digunakan untuk memodifikasi ponsel Android. Recovery TWRP berbeda dengan recovery bawaan ponsel yang telah tersedia sejak awal untuk Motorola RAZR.

Recovery bawaan yang tersedia hanya memiliki beberapa fitur dan semua fitur tersebut tidak dapat digunakan untuk proses instalasi tweak atau memodifikasi sistem. Dengan dibatasi kemampuannya, banyak pengguna Android yang ingin mengetahui cara install TWRP. Karena hanya TWRP yang dapat memberikan berbagai fitur secara lengkap dan mudah digunakan.

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa antara Recovery bawaan pabrik dan Recovery TWRP terdapat perbedaan yang cukup besar. Faktor kelebihan dan keuntungan jika menggunakan TWRP mampu menginstal Custom ROM yang lebih ringan atau menginstal tweak seperti module Xposed yang digunakan untuk meningkatkan performa sistem.

Cara Install TWRP Motorola RAZR XT910 Dengan Benar

Cara Install TWRP Motorola RAZR XT910 yang akan saya jelaskan melalui halaman ini adalah dengan menggunakan tanpa PC. Jadi untuk kamu yang tidak mempunyai komputer, maka kamu juga tetap dapat menggunakan Recovery TWRP di ponsel Motorola RAZR yang satu ini.

1. Download semua file yang diperlukan

Motorola RAZR XT910 memiliki stock rom yang masih menggunakan Android 4.1.2 (Jelly Bean). Berbeda dengan yang menggunakan custom rom yang sudah dapat menggunakan Android 10 atau versi yang lebih tinggi. Sekarang kamu harus download semua file-file yang akan digunakan untuk proses instalasi TWRP.

2. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Sebelum memulai proses pemasangan Custom Recovery TWRP di Motorola RAZR, pastikan dahulu kalau ponsel tersebut sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Motorola. Karena jika OEM masih terkunci, maka proses pemasangannya pun akan mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan (Settings).
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel (About Phone), lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan (Build Number).
  3. Selanjutnya akan muncul Developer Options (Opsi Pengembang).
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan (Settings), lalu pilih Opsi Pengembang (Developer Options).
  5. Selanjutnya beri tanda centang atau aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Motorola RAZR

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua file-file yang akan digunakan dan mengaktifkan USB Debugging atau OEM Unlock, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap instalasinya. Harap diperhatikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file-file di atas, lalu extract semua file tersebut kecuali file TWRP Motorola RAZR XT910.
  4. Selanjutnya install Motorola USB Driver di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya rename file unsigned_twrp_motorola-razr-xt910_temp.zip menjadi update.zip, lalu pindahkan ke SD Card.
  6. Selanjutnya pindahkan juga file signed_twrp_motorola-razr-xt910.zip ke SD Card.
  7. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke Recovery Mode bawaan ponsel. Untuk caranya tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  8. Selanjutnya setelah berhasil masuk ke Mode Recovery bawaan, lalu pilih menu Update dan tekan Power button untuk mengkonfirmasikannya.
  9. Selanjutnya ponsel akan langsung mendeteksi file update.zip yang tadi sudah dipindahkan ke SD Card dan langsung mulai mengeksekusikannya.
  10. Selanjutnya tunggu sampai proses tersebut selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan langsung diarahkan ke TWRP Recovery Temporary.
  12. Selanjutnya pilih menu install zip from sdcard, lalu pilih file signed_twrp_motorola-razr-xt910.zip yang tadi sudah dipindahkan ke SD Card.
  13. Selanjutnya tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.
  14. Jika prosesnya sudah selesai, lalu matikan ponsel dan nyalakan ke mode TWRP Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP Recovery di ponsel Motorola RAZR XT910 dengan menggunakan metode tanpa masuk ke fastboot mode. Setelah ponsel sudah berhasil di pasangkan TWRP, maka sudah siap untuk melakukan proses root dengan menggunakan Magisk atau SuperSU.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Motorola RAZR XT910 dapat dilakukan dengan tanpa PC. Cara instalasi TWRP di ponsel ini sangat mudah dan berbeda dengan tipe ponsel lainnya yang akan menggunakan PC dan Minimal Adb and Fastboot. Untuk teman-teman yang ingin me-root ponsel ini juga dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments