Cara Flash Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 22 Januari 2023

Cara Flash Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Cara Flash Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash Oppo A37. Cara flash yang akan saya jelaskan di dalam halaman ini juga dapat digunakan untuk ponsel Oppo A37F. Karena metode flash tersebut sama-sama bisa digunakan untuk kedua Smartphone Android Oppo tersebut, namun firmwarenya berbeda.

Saat ini pabrikan ponsel Oppo sudah banyak memproduksi Smartphone Android dengan berbagai seri dan spesifikasi yang berbeda, salah satunya adalah hp Oppo A37. Ponsel ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 dan telah menggunakan prosesor Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 (28 nm), CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306.

Ponsel Oppo A37 tidak hanya satu-satunya ponsel dengan seri A37 saja, tetapi pada Smartphone Android Oppo A37 yang satu ini juga memiliki beberapa model yang berbeda diantaranya seperti tipe A37F, A37FW, dan A37M. Ketiga tipe ponsel tersebut hampir sama telah menggunakan spesifikasi yang sama, namun ada sedikit perbedaan.

Nah, untuk teman-teman pengguna ponsel ini dan sedang mengalami masalah bootloop atau lupa pola, maka untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan Cara Flash Oppo A37. Cara mengatasi masalah tersebut hanya dapat dilakukan dengan langkah flashing, karena proses flashing akan mengembalikan kondisi ponsel yang bootloop kembali seperti baru lagi.

Bahan-Bahan Yang Perlu Dipersiapkan

Untuk dapat melakukan langkah flashing Oppo A37 bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu via SD Card dan MSM Flash Tool. Namun sebelum kamu memulainya, pastikan dahulu kalau kalian sudah mendownload semua bahan-bahan di bawah ini.

Jika kamu sudah download semua bahan-bahan di atas untuk melakukan flashing di Smartphone Oppo A37, maka kalian sudah bisa memulai langkah-langkah Flash Oppo A37 Via SD Card atau MSM Flashtool. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Cara Root Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Cara Flash Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Seperti yang tadi sudah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara melakukan flashing di ponsel Oppo A37 untuk mengatasi masalah bootloop atau lupa kunci pola dengan menggunakan dua metode yang berbeda. Jadi, kamu dapat memilih salah satu cara yang kalian inginkan.

1. Flashing melalui MSM Flashtool

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan MSM Flashtool. Cara ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki ponsel Oppo A37 yang mengalami masalah stuck di logo Oppo. Silahkan kamu simak baik-baik setiap instruksinya.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Oppo USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Oppo sampai dalam kondisi benar-benar mati, lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan sambil menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data.
  5. Selanjutnya pindahkan file Firmware Oppo yang sudah di extract ke dalam folder MSM Flashtool.
  6. Selanjutnya jalankan Msm8x39DownloadTool.exe.
  7. Jika aplikasi MSM Download Tool sudah berhasil terbuka, lalu klik Verify.
  8. Jika ponsel sudah terhubung di PC, maka nanti akan muncul Verify OK.
  9. Selanjutnya pilih After-sales Upgrade Mode.
  10. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses flashing.
  11. Selanjutnya kamu tunggu saja beberapa menit sampai proses flashingnya selesai.
  12. Jika proses flashingnya sudah selesai, maka akan muncul notifikasi USB Download Complete.
  13. Selanjutnya lepaskan ponsel dari PC dan nyalakan seperti biasa.
  14. Selesai.

Baca Juga : Cara Install TWRP Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

2. Flashing melalui SD Card

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan SD Card. Cara kedua ini juga dapat dilakukan untuk memperbaiki ponsel Oppo A37 yang mengalami masalah bootloop atau mati total. Kelebihan cara ini tidak perlu menggunakan komputer atau laptop.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download file firmware Oppo.
  2. Selanjutnya pindahkan file firmware tersebut ke dalam penyimpanan SD Card.
  3. Selanjutnya masukkan SD Card tersebut ke ponsel Oppo A37.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Oppo sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  5. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan, maka nanti ponsel akan masuk ke Recovery Mode.
  6. Jika sudah masuk ke mode recovery, lalu pilih bahasa English.
  7. Selanjutnya pilih Install from storage device, lalu pilih Install From SD.
  8. Selanjutnya cari file firmware yang tadi sudah kamu pindahkan, lalu pilih file firmware tersebut.
  9. Selanjutnya klik OK, maka nanti proses flashing akan langsung berjalan secara otomatis.
  10. Selanjutnya kamu tunggu saja beberapa menit sampai prosesnya selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, lalu kembali ke halaman utama Recovery Mode, lalu pilih Reboot.
  12. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai ponsel berhasil menyala dan masuk ke OS-nya.
  13. Selesai.

Note: Untuk Firmware Oppo A37M hanya dapat di flash melalui aplikasi SP Flash Tool. Karena jenis firmware tersebut berbeda dengan seri A37F dan A37FW.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flashing di ponsel Oppo A37 dengan menggunakan MSM Flashtool atau SD Card. Sekarang ponsel kamu sudah kembali normal dan semua masalah error sebelumnya sudah selesai diperbaiki dengan cara flash ini.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi Smartphone Android Oppo yang mengalami masalah sistem seperti bootloop, hanya bisa diperbaiki dengan Cara Flash Oppo A37 Lupa Pola melalui flashing. Untuk proses flashing di ponsel Oppo A37 yang satu ini bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu melalui MSM Flashtool dan SD Card.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: