Cara Install TWRP Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 23 Februari 2023

Cara Install TWRP Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Cara Install TWRP Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Oppo A37. Untuk pengguna Smartphone Android Oppo A37 yang ingin menginstal custom rom, maka wajib harus mempunyai mode Recovery TWRP di ponsel. Tanpa adanya alat ini, maka ponsel tersebut tidak akan dapat dimodifikasi dengan custom rom.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menginstal TWRP di ponsel Oppo yang satu ini. Hal tersebut telah diungkapkan oleh salah satu seorang pengembang yang telah memposting cara install TWRP Oppo A37 melalui forum XDA. Namun ia mengatakan, bahwa ada syarat utama yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu melakukan Unlock Bootloader.

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang dibangun berdasarkan recovery bawaan pabrik, tetapi pada TWRP sudah mendukung antarmuka layar sentuh yang memungkinkan untuk mempermudah melakukan proses install TWRP Recovery untuk Oppo A37. Berbeda dengan recovery bawaan pabrik yang hanya tersedia sedikit opsi.

Nah, jika di antara teman-teman ada yang ingin melakukan root Oppo A37, maka kamu harus menginstal TWRP terlebih dahulu. Oleh karena itu, dengan melalui halaman ini saya akan memberikan link download TWRP Oppo A37 Zip dan langkah-langkah instalasinya. Jadi, untuk kalian yang sedang memerlukannya bisa disimak cara instalasinya di bawah ini secara lengkap.

Keuntungan Menggunakan TWRP Di Ponsel Android

Setiap Smartphone Android yang sudah di install Custom Recovery TWRP akan mendapatkan berbagai keuntungan, salah satunya sering dimanfaatkan oleh pihak pengembang yang ingin memodifikasi sistem. Sebenarnya masih banyak kelebihan dan manfaat lainnya, ingin tahu apa saja? Yuk, simak kelebihannya di bawah ini.

  • Dengan menginstal TWRP akan mampu melakukan root yang dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan.
  • Dapat melakukan backup dan restore OS secara bebas.
  • Dapat melakukan unroot tanpa perlu melalui proses flashing.
  • Dapat menginstal custom rom agar performa ponsel semakin ringan dan tidak ngelag.
  • Mampu meningkatkan kinerja CPU / prosesor dengan cara overclocking atau underclocking.
  • Dapat menginstal module Xposed yang dapat digunakan untuk membantu performa salah satu aplikasi yang telah di install.

Itulah semua manfaat dan kelebihan jika menggunakan File TWRP Oppo A37. Saat ini sudah banyak pengguna ponsel Android yang ingin menggunakan cara tersebut untuk dapat meningkatkan kinerja ponsel semakin maksimal dan tidak akan mengalami ngelag atau masalah lainnya.

Cara Install TWRP Oppo A37 Terbaru Dengan Mudah

Smartphone Android apapun yang sudah memiliki akses root akan mendapatkan akses penuh terhadap sistem ponsel, bahkan pengguna akan memiliki kesempatan untuk dapat memodifikasi sistem secara bebas. Karena alasan seperti ini banyak pengguna ponsel Android yang ingin me-root ponselnya, termasuk Oppo A37.

1. Semua persiapan yang harus dilakukan

Sebelum memulai proses instalasi TWRP maupun Root Oppo A37F / Oppo A37 biasa, kalian harus mempersiapkan dahulu semua persyaratannya. Nah, untuk syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan dapat kamu lihat dalam daftar di bawah ini secara lengkap.

  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Semua langkah-langkah di bawah ini hanya dapat digunakan pada Oppo A37. Jadi, jangan coba-coba menggunakannya pada perangkat lain.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Install Oppo USB Driver di PC atau laptop.
  • Download semua bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Siap menerima resiko apapun jika mengalami kesulitan atau masalah lainnya.

2. Download semua file yang diperlukan

Semua file-file yang telah saya sediakan di bawah ini untuk proses instalasi TWRP di ponsel Oppo A37 sudah mendukung semua versi Android apapun, termasuk Android 5.1. Jadi kamu tidak perlu mencari file lainnya yang hanya dapat digunakan oleh Android tertentu.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Oppo A37

Jika semua persyaratan dan file-file di atas sudah kalian download semuanya, maka sekarang kamu bisa memasuki langkah-langkah installed TWRP di ponsel Oppo yang satu ini. Tapi saya ingatkan sekali lagi, bahwa semua resiko apapun harus kalian tanggung sendiri dan kami tidak bertanggung jawab apabila kalian mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua bahan-bahan di atas dan extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya install Oppo USB Driver di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Oppo. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini:
    1. Buka aplikasi Settings >> About Phone >> lalu ketuk 7x pada Build Number.
    2. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih menu Developer Options (Opsi Pengembang).
    3. Selanjutnya beri tanda centang atau aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  7. Selanjutnya rename file TWRP yang sudah di extract menjadi recovery.img, lalu pindahkan file TWRP tersebut ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tools yang sudah di extract.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  9. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar cmd yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter. Perintah tersebut bertujuan untuk me-reboot ponsel ke mode Bootloader atau Fastboot.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter. Perintah tersebut untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut bertujuan untuk memulai proses instalasi TWRP di ponsel.
  12. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut akan digunakan untuk me-restart ponsel.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP di ponsel Oppo A37 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang kalian sudah dapat melanjutkan proses root dengan menggunakan TWRP Recovery yang tadi telah terinstal.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Pasang TWRP Oppo A37 dapat dilakukan hanya dengan menggunakan PC atau laptop dan menggunakan bantuan dari alat Minimal Adb and Fastboot Platform Tools. Jika teman-teman ingin mengetahui bagaimana cara melakukan root Oppo A37 tanpa PC, maka kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya sediakan di atas.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments