Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 28 Januari 2023

Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software

Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1. Pasti sebagian besar pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi windows yang satu ini masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur wifi hotspot tanpa menggunakan software.

Oleh karena itu dengan melalui postingan berikut ini, disini saya akan memberikan tips & trik mengenai Windows 8.1. Perlu teman-teman ketahui, bahwa untuk mengaktifkan hotspot portable di PC atau laptop dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda, yaitu bisa melalui software tambahan atau tanpa menggunakan software alias sudah bisa secara bawaan.

Seperti yang diketahui, bahwa setiap Operating System Windows apapun termasuk Windows 7, Windows 10, dan Windows 11 memiliki fitur untuk wifi hotspot di laptop. Namun dari semua sistem operasi tersebut memiliki langkah-langkah yang berbeda. Jadi kamu tidak akan dapat mengaktifkan hotspot di Windows 8.1 dengan mengikuti cara yang sama seperti Windows 10.

Sebagian besar pengguna PC atau laptop yang ingin menggunakan wi-fi hotspot di komputer, pasti mereka akan melalui Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Software. Tetapi padahal untuk dapat bisa melakukan hal tersebut juga bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ingin tahu bagaimana caranya? Silahkan simak di bawah ini.

Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software

Wifi Hotspot merupakan salah satu fitur yang tersedia pada setiap perangkat elektronik seperti Smartphone atau laptop. Dengan menggunakan fitur hotspot, maka penggunanya dapat berbagi jaringan internet dari hotspot di laptop Windows ke ponsel pintar seperti Android atau IOS. Metode ini sangat berguna sekali apabila kalian menghubungkan wifi berbayar.

Karena setiap wifi berbayar biasanya hanya bisa digunakan dengan menggunakan satu akun saja untuk satu perangkat. Tetapi jika kalian menggunakan metode berbagi wifi dengan fitur hotspot yang satu ini, maka kamu juga bisa menikmati layanan dari wifi berbayar tersebut di perangkat lain tanpa harus membuat wifi dari akun berbayar tersebut.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin mencoba dan mengetahui Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap. Selain itu pada tutorial ini, disini saya akan menjelaskan dengan menggunakan dua metode yang berbeda untuk mengaktifkan berbagi jaringan wifi di komputer Windows.

1. Cara membuat hotspot di Windows 8.1 tanpa menggunakan software

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan membuat hotspot tanpa menggunakan software. Untuk dapat menggunakan metode yang satu ini, pastikan dahulu kalau di PC atau laptop yang kalian pakai sudah tersambung ke koneksi internet.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menekan tombol Win + R secara bersamaan.
  2. Selanjutnya ketik cmd, lalu tekan enter.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #1

  3. Selanjutnya ketiklah perintah ini netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Wifi Gratis key=12345678 di layar cmd yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #2

  4. Selanjutnya masukkan perintah netsh wlan start hostednetwork, lalu tekan enter.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #3

  5. Jika sudah muncul tulisan The hosted network started, lalu masuk ke langkah berikutnya.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #4

  6. Selanjutnya klik kanan pada icon wifi, lalu pilih Open Network and Sharing Center.
  7. Selanjutnya pada tampilan tersebut kalian akan melihat nama wifi yang terhubung di komputer, lalu klik Wi-Fi yang terdapat disamping Connections.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #5

  8. Selanjutnya pada tampilan Wi-Fi Status, lalu klik Properties.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #6

  9. Selanjutnya klik tab Sharing yang terletak dibagian atas.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #7

  10. Selanjutnya beri tanda centang pada Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection dan pada bagian Home networking connection pilih Local Area Connection* 7 (atau yang tersedia di komputer kalian).
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #8

  11. Selesai.

2. Cara membuat hotspot di Windows 8.1 dengan menggunakan software

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan membuat hotspot dengan menggunakan software. Pada cara yang satu ini dapat kalian jadikan alternatif apabila dengan menggunakan metode di atas tidak berhasil untuk memberikan wifi ke perangkat lain.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download Connectify Hotspot Full Version.
  2. Selanjutnya install dahulu aplikasi tersebut di PC atau laptop.
  3. Selanjutnya jalankan aplikasi Connectify Hotspot yang tadi telah terinstal.
  4. Selanjutnya pada bagian Hotspot Name dan Password, silahkan kamu ganti dengan nama dan password sesuai selera.
    Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 Dengan Atau Tanpa Software #9

  5. Jika sudah, lalu klik Start Hotspot untuk mulai berbagi jaringan internet ke perangkat lain.
  6. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kalian telah selesai dan berhasil memberikan internet connection ke perangkat lain dengan menggunakan fitur wifi hotspot yang tersedia pada komputer yang menggunakan Windows 8.1. Perlu kalian ketahui, bahwa cara di atas juga dapat diterapkan pada komputer PC yang telah terhubung ke jaringan internet LAN.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Cara Membuat Hotspot Di Windows 8.1 dapat dilakukan dengan menggunakan software atau tanpa software. Sebagian besar pengguna Windows 8.1 yang tidak ingin menggunakan software tambahan, maka mereka biasanya akan menggunakan metode melalui perintah command prompt (CMD).

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments