Cara Screenshot Windows 11 Dengan Mudah Tanpa Software Tambahan - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 29 Januari 2023

Cara Screenshot Windows 11 Dengan Mudah Tanpa Software Tambahan

Cara Screenshot Windows 11 Dengan Mudah Tanpa Software Tambahan

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Screenshot Windows 11. Semenjak dirilisnya Windows 11 beberapa waktu yang lalu, ternyata sebagian besar penggunanya masih banyak yang mempertanyakan tentang untuk mengambil tangkapan layar di Operating System Windows terbaru yang satu ini.

Screenshot sudah dikenal sejak adanya perangkat Smartphone Android yang saat ini sudah merajalela di kaum Adam dan Hawa baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada ponsel pintar tersebut sangat mudah melakukan screenshot secara full screen. Namun bagaimana jika melakukannya di perangkat desktop seperti PC atau laptop, apakah tetap bisa full screen?

Tentu saja bisa, karena setiap Operating System Windows kini sudah dilengkapi dengan teknologi dan fitur-fitur yang canggih. Hal tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan pekerjaan secara maksimal dan optimal, tidak terkecuali dalam urusan tangkapan layar di Windows 10 atau versi-versi Windows yang lainnya.

Setiap Windows berapapun sudah bisa melakukan screenshot untuk mengambil tangkapan layar aktivitas pada komputer. Namun untuk versi Windows 11 dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda, bahkan mampu mengambil gambar hasil streaming video game bar. Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Cara Screenshot Windows 11, silahkan simak di bawah ini.

Cara Screenshot Windows 11 Dengan Mudah Tanpa Software Tambahan

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui cara screenshot dan ingin melihat Hasil Screenshot Windows 11, maka kalian dapat melihatnya melalui folder Pictures yang terdapat di dalam penyimpanan Data C. Karena semua hasil tangkapan layar tersebut akan tersimpan secara otomatis ke dalam folder Pictures tersebut.

Setiap pengguna Windows 11 yang tersedia pada perangkat komputer seperti PC atau laptop, sebagian besar folder untuk menyimpan tangkapan layar atau screenshot akan tersimpan di dalam folder Pictures secara default. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot mencari ke dalam folder Data C secara satu persatu yang hanya membuat repot saja.

Tidak hanya itu saja, tetapi setelah mengambil screenshot dari aktivitas yang diinginkan, maka penggunanya juga bisa untuk mengedit langsung gambar tersebut melalui aplikasi yang telah disediakan secara bawaan oleh Windows 11. Nah, di dalam halaman ini saya akan memberikan instruksi cara screenshot di Windows 11 dengan berbagai metode yang berbeda.

1. Screenshot menggunakan tombol fisik

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menekan tombol fisik pada keyboard. Cara ini sering digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer Windows 11, sebab metode tersebut sangat mudah diterapkan dan tidak sesulit menggunakan aplikasi pihak ketiga.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menentukan ingin mengambil gambar seperti apa.
  2. Selanjutnya tekan tombol Prtsc pada keyboard.
  3. Selanjutnya buka aplikasi Paint untuk menyimpan screenshot tersebut.
  4. Selanjutnya tekan tombol Ctrl + V pada aplikasi paint, maka nanti hasil screenshot tadi akan terpaste di dalam aplikasi tersebut.
  5. Selanjutnya simpan file screenshot tersebut.
  6. Selesai.

2. Screenshot menggunakan Snip and Sketch

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan Snip and Sketch yang merupakan fitur bawaan dari Windows 11. Dengan menggunakan Snipping tool yang satu ini juga bisa melakukan edit dan share gambar secara langsung dan mudah.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menekan Windows key Win + Shift + S secara bersamaan.
  2. Selanjutnya tinggal tekan klik kiri agak lama, maka nanti akan muncul tampilan rectangular snip.
  3. Selanjutnya arahkan ke bagian layar yang ingin di screenshot.
  4. Selanjutnya jika sudah, maka nanti di bagian pojok kanan bawah akan muncul tampilan window Snip and Sketch.
  5. Selanjutnya buka aplikasi Paint, lalu tekan Ctrl + V secara bersamaan.
  6. Selanjutnya tinggal kamu simpan saja file gambar screenshot tadi.
  7. Selesai.

3. Screenshot menggunakan XBOX Game Bar

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan fitur XBOX Game Bar yang dimana juga dapat digunakan untuk merekam video gaming dan melakukan screenshot layar tanpa harus menekan tombol print screen pada keyboard.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menekan keyboard shortcut Windows + G secara bersamaan.
  2. Selanjutnya klik pada ikon kamera yang terletak di bagian pojok kanan atas untuk mengambil Screenshot atau bisa juga dengan menekan tombol Win + Alt + Prtsc.
  3. Selanjutnya hasil screenshot akan langsung tersimpan secara automatically save ke dalam folder Videos >> Capture.
  4. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan screenshot di PC atau laptop yang menggunakan Operating System Windows 11 dengan menggunakan fitur bawaan. Perlu kalian ketahui, bahwa fitur Snip and Sketch dan XBOX Game Bar hanya dapat digunakan pada versi Windows 10 dan Windows 11 saja.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Shortcut Screenshot Windows 11 dapat dilakukan dengan kombinasi tombol pada keyboard, yaitu Prtsc dan Win + Alt + Prtsc. Karena hanya kedua tombol kombinasi itu saja yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di Windows 11. Namun screenshot juga bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi pihak ketiga.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments