Cara Install TWRP LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 22 Februari 2023

Cara Install TWRP LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah

.

Cara Install TWRP LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai pemasangan TWRP LG Optimus L5 II E450. TWRP ini dapat digunakan untuk melakukan Root atau install Custom ROM. Kedua hal tersebut dapat berfungsi dan dimanfaatkan untuk meningkatkan performa ponsel agar berjalan menjadi maksimal.

Saat ini banyak pengguna Android yang ingin memodifikasi sistem ponselnya, maka biasanya mereka akan menggunakan file TWRP Recovery untuk digunakan sebagai media bantu untuk memodifikasi ponsel. Fitur ini merupakan salah satu tool terbaik untuk meningkatkan kinerja Smartphone Android dengan cara menginstal file zip Magisk atau SuperSU.

TWRP Recovery mempunyai menu yang sangat bermanfaat demi kepentingan penggunanya. Di dalam mode Recovery TWRP memungkinkan penggunanya untuk menginstal file tweak, backup OS, restore system, menghapus cache atau data, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sebagian pengguna ponsel Android banyak yang ingin menginstal TWRP di ponselnya.

Urusan Backup OS, Restore OS, Install Tweak semuanya dapat dijalankan melalui TWRP Recovery ini dengan baik dan menjadi keunggulannya. Nah, jika teman-teman tertarik ingin Install TWRP LG Optimus L5 II E450, maka kalian dapat mengikuti caranya dengan melalui penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini secara lengkap dan proses yang cepat.

Pengertian TWRP Recovery Dan Fungsi Sebenarnya

TWRP Recovery adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang telah tersedia sejak beberapa tahun yang lalu. Pada mode TWRP Recovery mempunyai menu custom yang tidak akan tersedia pada mode recovery bawaan ponsel yang hanya memiliki keterbatasan fitur, berbeda dengan mode TWRP yang banyak memiliki menu yang sangat bermanfaat.

Jadi artinya TWRP Recovery sangat cocok digunakan untuk melakukan custom ponsel dengan cara menginstal Custom ROM, Root, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu banyak pengguna Smartphone Android yang ingin memasang TWRP di ponselnya. Tetapi ada satu hal yang harus diketahui terlebih dahulu, bahwa dengan menginstal Custom Recovery ini akan memiliki risiko.

Risiko setelah menginstal TWRP (Team Win Recovery Project) jadi bisa menyebabkan kehilangan garansi resmi atau mengalami kegagalan sistem yang disebut sebagai bootloop. Jika teman-teman belum mengetahui akan risikonya, saya sarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu agar kamu tidak kaget jika sewaktu-waktu mengalami hal demikian.

Cara Install TWRP LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah

Jika teman-teman sudah mengetahui apa itu dan pengertian TWRP Recovery (Team Win Recovery Project), maka sekarang kamu sudah dapat mengetahui dan melakukan Cara Install TWRP LG Optimus L5 II E450. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalam penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini.

1. Download semua file yang diperlukan

Seperti yang diketahui, bahwa pabrik asli LG Optimus tidak menyediakan TWRP Recovery di dalam ponsel tersebut. Hal ini memungkinkan agar penggunanya tidak dapat menginstal file zip sembarangan yang dapat menyebabkan ponsel mengalami kerusakan sistem.

2. Langkah-langkah instalasi TWRP Recovery

Setiap pengguna ponsel Android yang sudah menggunakan TWRP Recovery untuk memodifikasi sistem, sekarang teman-teman sudah dapat menginstal Custom ROM atau Root. Namun sebelum melakukan kedua hal tersebut, kamu harus memasang mode recovery ini terlebih dahulu.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di LG melalui Developer Options yang tersedia di dalam menu Pengaturan ponsel.
  4. Selanjutnya download semua bahan-bahan di atas, lalu extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru kecuali file TWRP Recovery LG Optimus L5 II E450.
  5. Selanjutnya install LG USB Driver di PC atau laptop.
  6. Selanjutnya rename file unsigned_twrp_lg-optimus-l5-ii-e450_temp.zip yang tadi sudah di download menjadi update.zip.
  7. Selanjutnya pindahkan kedua file TWRP tersebut ke penyimpanan memory card atau SD Card ponsel.
  8. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke mode recovery bawaan.
  9. Untuk masuk ke mode recovery bawaan, tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  10. Selanjutnya setelah berhasil masuk ke mode recovery bawaan, lalu pilih menu Update.
  11. Selanjutnya cari file update.zip yang tadi sudah dipindahkan, lalu pilih dan install file tersebut.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, maka ponsel akan masuk ke tampilan TWRP Recovery Temporary, lalu pilih menu Install zip from sdcard.
  13. Selanjutnya cari dan pilih signed_twrp_lg-optimus-l5-ii-e450.zip.
  14. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai proses instalasi file TWRP Recovery flashable zip selesai.
  15. Jika prosesnya sudah selesai, lalu matikan ponsel dan restart.
  16. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP di ponsel LG Optimus. Team Win Recovery Project jadi artinya TWRP Recovery mempunyai fitur terbaik yang dapat digunakan untuk memodifikasi ponsel Android. Dengan menggunakan recovery custom ini akan memberikan dampak baik lainya dan tidak hanya dapat digunakan untuk install kernel saja.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP LG Optimus L5 II E450 dapat dilakukan dengan menggunakan tanpa PC. TWRP Recovery untuk fungsi yang berbeda dengan recovery asli LG Optimus L5 yang tidak dapat melakukan proses rooting. Proses pemasangannya pun dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu menggunakan komputer Windows.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda