Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 25 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang Unlock Bootloader Google Pixel 6. Untuk kamu yang saat ini sedang membutuhkannya, maka kamu dapat mengikuti langkah di bawah ini secara lengkap dan download image file firmware Google Pixel 6 terbaru, karena disini kita akan menggunakannya.

Beberapa waktu yang lalu, Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro menjadi salah satu Smartphone Android yang paling banyak diminati oleh sebagian besar pengguna ponsel Android. Pasalnya kedua Smartphone Android besutan Google ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Selain itu, untuk proses unlocking the bootloader pun dapat dilakukan dengan mudah.

Google Pixel 6 telah dilengkapi dengan CPU Octa-core (2x2.80 GHz Cortex-X1 & 2x2.25 GHz Cortex-A76 & 4x1.80 GHz Cortex-A55) dan sudah menggunakan Android 12. Pada awal peluncurannya, ponsel ini telah di locked bootloader oleh pengembang resminya. Hal tersebut bertujuan agar ponsel memiliki sistem keamanan yang tidak mudah mengalami error.

Setiap perangkat keras maupun perangkat lunak dapat berjalan seimbang agar performa ponsel menjadi stabil. Namun, jika dilakukan perubahan sistem dengan cara memodifikasinya, maka performa ponsel tersebut akan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Nah, jika kamu ingin mengetahui Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6, silahkan simak baik-baik di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6 sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah, tetapi kamu harus tetap mengikuti setiap instruksi yang telah dijelaskan jika tidak ingin mengalami kegagalan. Namun sebelum memulainya, kamu harus mengikuti semua persyaratan di bawah ini.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan. Jika salah satu persyaratan ada yang tidak dipenuhi, maka dapat menyebabkan terjadinya kesalahan atau masalah lainnya selama proses Unlock Bootloader sedang berlangsung.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50% atau lebih.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Siapkan PC atau laptop, USB cable, dan koneksi internet yang stabil.
  • Install Google USB Drivers di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Download semua bahan-bahan yang diperlukan, termasuk factory image file.
  • Siap menerima semua resiko apapun.

2. Download semua file yang diperlukan

Jika semua persyaratan di atas sudah kamu persiapkan semua, maka sekarang kamu harus download and install semua file di bawah ini. Pastikan untuk mengunduh semua file tersebut jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan saat proses membuka kunci bootloader pada Google Pixel 6 sedang berlangsung.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Sebelum memulai proses Unlock Bootloader pada Android devices apapun termasuk Google Pixel 6, maka kamu harus sudah mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Karena jika USB Debugging belum diaktifkan, maka ponsel tidak akan terdeteksi di PC atau laptop.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan (Settings) >> About Phone.
  2. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number.
  3. Selanjutnya akan muncul pesan bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Opsi Pengembang (Developer Options).
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Google Pixel 6

Jika kamu sudah selesai mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock, maka sekarang kamu sudah dapat memulai proses Unlock Bootloader. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalam instruksi yang telah saya berikan di bawah ini. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah saya sampaikan jika ingin prosesnya dapat berhasil.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya Install Google USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder minimal adb and fastboot. Untuk caranya bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  6. Selanjutnya akan muncul tampilan cmd yang berwarna hitam.
  7. Selanjutnya open the command atau ketik perintah adb devices pada layar cmd, lalu hit enter. Perintah tersebut untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum. Jika device is connected akan menampilkan kode nomor yang menandakan bahwa ponsel sudah terhubung di cmd.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke Fastboot Mode atau Bootloader Mode.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot flashing unlock dan tekan enter. Perintah tersebut akan langsung memulai proses Unlock Bootloader.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-restart ponsel secara otomatis. Namun, jika perintah tersebut tidak berfungsi, kamu dapat menekan Power buttons untuk me-restart ponsel secara manual.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Google Pixel 6 dengan menggunakan langkah-langkah di atas. Setelah ponsel sudah di Unlock Bootloader, maka ponsel tersebut sudah siap untuk di install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6 dapat dilakukan dengan sangat mudah dan dibantu dengan menggunakan Minimal Adb and Fastboot Platform Tool. Namun sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau ponsel sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Karena jika tidak, maka akan menyebabkan terjadinya kegagalan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments