Cara Root Samsung Galaxy A52 SM-A525F - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 03 Februari 2023

Cara Root Samsung Galaxy A52 SM-A525F

.

Cara Root Samsung Galaxy A52 SM-A525F

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Samsung A52. Untuk dapat melakukan root your device pada ponsel Samsung ini terdapat berbagai cara yang dapat digunakan. Namun pada cara root yang akan saya berikan di bawah ini akan menggunakan metode melalui Custom Recovery TWRP.

Untuk dapat memaksimalkan kinerja dari Smartphone Android Samsung Galaxy A52 salah satunya adalah dengan melalui root dengan Magisk app. Dengan perangkat ponsel Android yang sudah di root memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi sistem secara bebas dan sesuai keinginan, akan tetapi perangkat tersebut harus sudah memiliki akses root.

Seperti yang tadi telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa untuk me-root ponsel Samsung Galaxy A series yang satu ini terdapat banyak cara yang bisa digunakan. Namun sebagian besar pengguna ponsel Samsung apa pun yang ingin menginstal Custom Roms, maka biasanya mereka akan menggunakan Magisk daripada melalui aplikasi KingRoot.

Dengan melalui artikel berikut ini, disini saya akan membantu teman-teman yang ingin melakukan Root Samsung Galaxy A52 tanpa PC dengan sangat mudah. Namun sebelum memulai langkah-langkahnya, pastikan dahulu kalau di ponsel Samsung Galaxy A52 tersebut sudah di aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock agar tidak mengalami kegagalan.

Download Semua File Yang Diperlukan

Cara Root Samsung A52 merupakan salah satu metode tercepat untuk meningkatkan performa Android phone dengan cara menginstal Custom ROM atau menginstal kernel untuk memodifikasi sistem Androidnya. Namun pastikan untuk siap menerima semua risiko apa pun yang terjadi saat setelah di root atau selama prosesnya sedang berlangsung.

Jika kamu sudah selesai mendownload semua file-file di atas, selanjutnya saya sarankan untuk mem-backup semua data-data penting yang tersimpan di internal storage. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya kehilangan semua data-data penting yang tersimpan di ponsel selama proses rooting sedang berlangsung.

Cara Root Samsung Galaxy A52 SM-A525F

Sebelum teman-teman mulai proses root untuk Samsung Galaxy A52 SM-A525F, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu melakukan unlock the bootloader dan install TWRP Recovery di ponsel Samsung Galaxy tersebut. Karena kedua syarat tersebut merupakan hal yang wajib dilakukan pertama kali.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menginstal TWRP Recovery.
  2. Jika di ponsel kamu belum terpasang TWRP, silahkan ikuti caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock dengan cara sebagai berikut:
    1. Buka Pengaturan (Settings) >> Tentang Ponsel (About Phone) >> Informasi Perangkat Lunak (Software Information) >> tap 7x pada Nomor Bentukan (Build Number).
    2. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan (Settings) >> Opsi Pengembang (Developer Options).
    3. Selanjutnya aktifkan tombol pada OEM Unlocking dan USB Debugging.
  4. Selanjutnya download semua bahan-bahan di atas.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable, lalu pindahkan file Magisk.zip ke dalam penyimpanan internal.
  6. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke dalam TWRP Recovery mode dengan cara sebagai berikut:
    1. Matikan ponsel sampai dalam kondisi Off, lalu press and hold Home button + press Volume Up secara bersamaan.
    2. Selanjutnya ponsel Samsung Galaxy A52 akan langsung masuk ke mode Recovery TWRP.
  7. Selanjutnya pilih menu Install, lalu cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke penyimpanan internal >> Swipe to Confirm Flash.
    Cara Root Samsung Galaxy A52 SM-A525F #1

  8. Selanjutnya proses install Magisk akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  9. Jika rooting process dari Magisk.zip sudah selesai, lalu klik Reboot your phone.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root pada ponsel Samsung yang sudah menggunakan layar Super Amoled tersebut dengan menggunakan TWRP Recovery. Proses root dengan menggunakan metode tersebut jauh lebih mudah dibandingkan dengan melakukan instalasi TWRP yang harus melalui Download Mode.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root Samsung Galaxy A52 dapat dilakukan dengan melalui Magisk patched.tar atau Magisk.zip. Karena untuk dapat root your Samsung Galaxy phone ini hanya dapat dilakukan dengan melalui Custom Recovery TWRP. Tanpa memasang TWRP dahulu, maka penggunanya tidak akan bisa melakukan root terhadap perangkat ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda