Cara Root Realme X50 Pro Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 03 Februari 2023

Cara Root Realme X50 Pro Dengan Tepat

Cara Root Realme X50 Pro Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Realme X50 Pro. Pada panduan yang akan saya sediakan di bawah ini, disini saya akan menggunakan TWRP Recovery dan Magisk. Jadi, untuk teman-teman yang ingin melakukan root your device Realme, silahkan kamu lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

Realme X50 Pro merupakan salah satu perangkat Android unggulan 5G pertama yang diproduksi oleh Realme dan menjadi salah satu pesaing terbesar dari ponsel OnePlus dan Xiaomi. Kamu bahkan bisa mendapatkan lebih banyak fitur yang tersedia dari ponsel ini dengan menginstal TWRP Recovery on Realme X50 Pro dan akan meningkatkan kinerja ponsel.

Di bawah ini kamu akan melihat langkah-langkah untuk proses root it Realme X50 Pro dengan menggunakan TWRP Recovery. Namun sebelum kamu memulainya, disini akan saya jelaskan dahulu mengenai spesifikasi dari ponsel ini. Realme X50 Pro telah hadir dengan desain body yang canggih, serta telah dilengkapi dengan beberapa fitur lainnya yang cukup terdepan.

Ponsel ini ditenagai dengan prosesor Snapdragon 865 bersamaan dengan dukungan 5G dan GPU Adreno 650. Tetapi pada awalnya ponsel ini tidak memiliki root access untuk memodifikasi sistem. Untuk mendapatkan akses tersebut, pengguna harus melakukan proses Root Realme X50 Pro 5G terlebih dahulu agar dapat memodifikasinya secara bebas sesuai kebutuhan.

Cara Root Realme X50 Pro Dengan Tepat

Cara Root Realme X50 Pro dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Namun pada panduan yang akan saya gunakan di bawah ini, saya akan melakukan install TWRP Recovery Realme dengan menggunakan PC, lalu kamu dapat melanjutkan proses root tanpa pengguna PC atau laptop.

Root your Realme X50 Pro memungkinkan pengguna untuk meningkatkan performa ponsel menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Walaupun ponsel ini memiliki ram sekitar 6 GB atau 12 GB, tapi terkadang ponsel Android akan mengalami penurunan performa yang disebabkan oleh masa pemakaian atau bisa saja disebabkan dari salah satu hardware yang tidak mumpuni.

Smartphone Android Realme tidak sepopuler Xiaomi dalam urusan pengembangan kustom, tetapi penggunanya masih dapat melakukan how to root Realme X50 Pro atau menginstal Custom Recovery TWRP. Namun ada satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa sebelum memulai proses root pastikan dahulu kalau ponsel sudah di Unlock Bootloader.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Jika tidak, maka proses rooting your Android phone Realme akan mengalami kegagalan dan menyebabkan terjadinya kerusakan sistem yang cukup parah.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader dan terinstal TWRP Recovery.
  • Siapkan komputer, USB cable, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Selalu mengikuti setiap instruksi yang telah saya sampaikan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kalian download semuanya. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses root di ponsel Realme tanpa menggunakan PC. Jadi, pastikan untuk mengunduh semua file tersebut jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Dengan melakukan enable USB Debugging dan OEM Unlock tidak akan mengalami kegagalan saat root Magisk melalui TWRP Recovery sedang berlangsung. Oleh karena itu, kamu harus mengaktifkannya dahulu agar proses pemasangannya dapat berjalan dengan lancar.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel, lalu pilih Versi.
  3. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number, maka akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Root di Realme X50 Pro

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua persyaratan di atas dan semua file yang diperlukan, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap flashing Magisk melalui mode Recovery TWRP. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP di ponsel Realme X50 Pro.
  2. Jika kamu belum melakukan kedua hal tersebut, maka kamu dapat mengikuti caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Realme.
  4. Selanjutnya download file Magisk Latest Version.
  5. Selanjutnya pindahkan file Magisk tersebut ke penyimpanan internal ponsel.
  6. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke mode TWRP Recovery.
  7. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power button secara bersamaan.
  8. Selanjutnya ponsel akan masuk ke Mode Recovery TWRP, lalu pilih menu Install.
  9. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke penyimpanan internal.
  10. Jika sudah ketemu, lalu Swipe to confirm flash.
  11. Selanjutnya rooting process akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, lalu click on the Reboot System.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root di ponsel Realme X50 Pro dengan menggunakan file Magisk yang di flash melalui TWRP Recovery. Untuk mengecek apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan aplikasi Root Checker. Sekarang kamu sudah siap untuk menginstal Custom ROM.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root Realme X50 Pro 5G dapat dilakukan melalui mode TWRP Recovery dan menggunakan file Magisk atau SuperSU. Dengan melakukan root di ponsel Realme, kamu akan memiliki peluang untuk memodifikasi sistem ponsel agar memiliki kemampuan performa yang maksimal, tapi ponsel harus memiliki akses root dahulu.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments