Cara Root Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 03 Februari 2023

Cara Root Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Cara Root Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Sony Xperia 1. Pada tutorial cara root yang akan saya jelaskan di bawah ini, bahwa cara root tersebut dapat digunakan pada Android 9.0 (Pie). Untuk teman-teman yang ingin mengetahui caranya, silahkan simak baik-baik setiap instruksi yang telah saya sampaikan.

Sebagian besar Smartphone yang menggunakan Operating System Android 9.0 akan menggunakan Magisk atau SuperSU untuk me-root ponsel ini. Kedua metode tersebut sudah sangat terkenal, bahkan semua merk dan tipe ponsel Android akan menggunakan salah satu cara ini. Sebelum memulainya, ada beberapa hal yang harus saya sampaikan terlebih dahulu.

Untuk pengguna Sony Xperia 1 SOV40 yang ingin melakukan root terhadap ponsel tersebut, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua persyaratannya. Semua syarat-syarat yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader, aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock, serta pastikan baterai ponsel sudah terisi daya 50%.

Ada banyak metode Root Sony Xperia 1 SOV40 yang dapat digunakan untuk bisa menginstal Custom Roms, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi KingRoot, Framaroot, Kingoroot, Magisk Manager, dan SuperSU. Semua cara tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, tetapi sebagian orang akan menggunakan root tanpa PC.

Download Semua Bahan Yang Diperlukan

Cara Root Sony Xperia 1 yang akan saya gunakan dalam langkah-langkah di bawah ini akan menggunakan aplikasi KingRoot. Jadi pastikan selama proses root tersebut sedang berlangsung ponsel tetap terhubung ke jaringan wi-fi atau data seluler. Karena cara root ini akan menggunakan metode online.

Jika kamu sudah selesai mendownload semua file-file di atas, maka sekarang kamu bisa langsung mulai proses root Xperia 1 SOV40. Kedua file tersebut telah saya jelaskan langkah-langkahnya di bawah ini secara lengkap dan mudah.

Cara Root Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Smartphone Android Sony Xperia 1 SOV40 yang telah dibekali dengan resolusi 1644 x 3840 pixels sempat digemari oleh banyak orang sejak awal peluncurannya beberapa tahun yang lalu. Tetapi sampai saat ini tetap masih saja ada sebagian orang yang tetap menggunakannya.

1. Cara root menggunakan KingRoot for Android

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika kamu belum melakukan Unlock Bootloader di ponsel tersebut, silahkan ikuti caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download file KingRoot for Android, lalu extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya pindahkan file KingRoot.apk ke penyimpanan internal.
  5. Selanjutnya Enable USB Debugging dan OEM Unlock melalui pengaturan ponsel.
  6. Selanjutnya install aplikasi KingRoot yang tadi telah kamu pindahkan ke penyimpanan internal.
  7. Selanjutnya buka aplikasi KingRoot yang tadi sudah di install, lalu scroll ke bawah dan klik Continue.
  8. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai aplikasi KingRoot selesai melakukan proses scan terhadap ponsel Sony Xperia tersebut.
  9. Jika proses scan sudah selesai, lalu klik Try Root.
  10. Selanjutnya proses rooting akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan muncul pesan Root Successfully.
  12. Selanjutnya Restart ponsel dengan cara tekan tombol Power.
  13. Selesai.

2. Cara root menggunakan KingRoot for PC

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, silahkan ikuti caranya dengan melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  4. Selanjutnya download KingRoot for PC dan Sony Xperia USB Driver, lalu install kedua file tersebut di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB Cable.
  6. Selanjutnya buka aplikasi KingRoot yang tadi sudah di install.
  7. Selanjutnya jika ponsel sudah terdeteksi di aplikasi KingRoot, lalu klik Root.
  8. Selanjutnya proses root akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
  9. Jika prosesnya sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul pesan Root Successfully.
  10. Selanjutnya lepaskan ponsel dari PC atau laptop.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root dengan menggunakan aplikasi KingRoot for PC atau Android. Untuk mengecek apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang dapat di download secara gratis di Play Store.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root Sony Xperia 1 SOV40 dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Cara root dengan menggunakan aplikasi KingRoot terdapat berbagai kelebihan, salah satunya adalah tidak akan menyebabkan bootloop pada ponsel jika mengalami kegagalan atau error selama proses root tersebut sedang berlangsung.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments